Tips agar Bisnis Katering Anda Dapat Bertahan Lama

Tips agar Bisnis Katering Anda Dapat Bertahan Lama

Bisnis di bidang katering saat ini sangatlah menjanjikan seiring meningkatnya individualisme masyarakat yang kini sudah mulai menghilang jiwa gotong-royongnya. Semakin banyak acara yang tidak mau ribet masak sendiri dan akhirnya lebih memilih jasa katering sebagai pendukung konsumsi mereka. Tidak hanya acara besar saja yang menggunakan jasa katering, untuk pesta kecil pun katering siap memberikan pelayanan kuliner mereka.

Untuk Anda yang memiliki hobi memasak dan ingin membuka usaha katering pasti bertanya-tanya, bagaimana bisnis katering dapat bertahan lama. Dalam hal membuka usaha memang selalu dihantui rasa takut dan kurang percaya diri. Namun, di sini akan dibahas berbagai tips agar bisnis katering dapat bertahan lama.

1. Pelatihan terhadap Pegawai

Berikan pelatihan bagi pegawai-pegawai Anda agar lebih terlatih, terampil, dan cekatan. Tanamkan kepada para pegawai Anda bahwa pelanggan adalah nomor satu. Tanamkan kepada mereka pula bahwa tidak hanya kuantitas saja yang penting namun juga kualitas, baik makanan maupun pelayanan. Selalu berikan pelatihan-pelatihan secara rutin agar pegawai tidak lupa dengan tugas-tugasnya. Jadikanlah attitude sebagai yang utama, sehingga pelanggan akan merasa sangat dihormati.


2. Branding

Tips lainnya adalah membuat brand sendiri untuk katering Anda. Buatlah resep yang tidak mudah ditiru dan tidak ada duanya. Alhasil, pelanggan akan selalu mengingat rasa serta brand yang telah dibuat tersebut. Dengan brand bisnis Anda sendiri, maka akan memudahkan pelanggan untuk ikut menarik pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa katering Anda.

3. Marketing

Pemasaran yang benar akan memberikan impact yang baik. Dengan pemasaran yang menarik, maka akan menggerakkan pelanggan untuk datang dan penasaran dengan produk kita. Pemasaran ini harus rutin dilakukan agar selalu membuat pelanggan bertanya-tanya.

Sekarang ini, pemasaran tidak hanya berupa iklan klasik saja. Gunakan media sosial sebagai sarana pemasaran supaya lebih efektif karena sebagian besar orang hampir setiap saat menggunakan media sosial. Berikan desain yang unik, atau buat video singkat mengenai produk yang akan dipasarkan.


4. Koneksi

Buatlah hubungan yang baik dengan pelanggan, bangun kepercayaan pelanggan dengan pelayanan katering yang berkualitas. Jangan sekali-kali Anda mengecewakan mereka karena begitu Anda mengecewakannya maka akan membahayakan bisnis katering yang sedang/akan Anda jalankan ini.

5. Endorsement atau Tester

Kini, kegiatan pemasaran dengan cara endorse sangatlah mudah. Cari tokoh atau akun media sosial yang terkenal agar produk Anda banyak yang lirik. Jangan pernah pelit memberikan tester, bagaimana orang bisa tau rasa dan keunikan produk Anda jika tidak melihat dan merasakan contoh produknya.

6. Hygiene

Utamakan kebersihan makanan, alat-alat makan, dan dapur. Dengan makanan yang bersih dan higienis, maka akan menjadi daya tarik bagi pelanggan untuk memesannya lagi. Selain itu, tahukah Anda bahwa akibat dari makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan pelanggan Anda keracunan? Itulah pentingnya menjaga kebersihan makanan dan dapur.


7. Kreativitas Makanan

Dengan hadirnya media sosial pada zaman serba digital ini, banyak sekali orang yang tertarik dengan bentuk dan kreativitas makanan. Mereka bisa mengambil gambar dan menyebarkannya. Oleh karena itu, kreativitas makanan juga bisa dijadikan sebagai teknik marketing. Semakin banyak yang menyebarkan gambar makanan yang memiliki kreativitas yang baik maka semakin banyak juga pelanggan yang akan datang dan order di bisnis katering Anda.

8. Rasa Makanan

Jadikan makanan yang Anda hasilkan tidak hanya indah pada bentuknya, tetapi juga memberikan rasa yang enak dan berkesan bagi pelanggan. Perhatikan bumbu yang Anda gunakan, jangan menggunakan bahan kimia yang berbahaya hanya untuk memberikan rasa namun tidak memperdulikan kesehatan pelanggan.

9. Kesegaran Bahan Makanan

Dengan bahan makanan yang segar dan berkualitas, Anda bisa membuat bisnis katering tersebut dapat bertahan lama. Kesegaran bahan makanan akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhirnya. Oleh karena itu, mulai sekarang Anda sudah bisa mencari tahu bagaimana caranya agar makanan tersebut tetap segar, seperti halnya daging yang sebaiknya dibalut dengan kertas timah saat dimasukkan ke dalam freezer.

Penutup

Demikianlah informasi tentang bisnis katering dan bagaimana agar bisnis tersebut dapat bertahan lama. Semoga tips di atas bermanfaat buat kita semua. Bagi Anda yang menjalani bisnis katering, tetap terus semangat dan jangan lupa untuk terus belajar agar pemahaman Anda semakin komplet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel