Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk, Kenali Beberapa Mesin Pencari Selain Google untuk Menunjang Kegiatanmu

Yuk, Kenali Beberapa Mesin Pencari Selain Google untuk Menunjang Kegiatanmu

Orang sangat mengenal Google sebagai mesin pencari yang paling bagus, paling diminati, dan paling mudah digunakan. Bahkan, tidak sedikit pula yang memiliki anggapan bahwa Google merupakan satu-satunya mesin pencari. Selain Google, sebenarnya masih ada beberapa mesin pencari lainnya yang bisa menjadi alternatif pencarian topik atau hanya sekedar mencoba untuk iseng semata.

Alasan Menggunakan Google

Google telah digunakan oleh hampir setiap manusia di dunia. Google lebih mudah digunakan karena terhubung dengan berbagai aplikasi, seperti YouTube, Google Drive, Google Book, dan lainnya. Oleh karenanya, banyak orang yang memilih Google sebagai mesin pencari.

Kelemahan Google

Di setiap kelebihan pasti juga tetap memiliki kelemahan, seperti Google yang selalu meminta identitas diri walaupun nanti akan dirahasiakan. Google hanya menampilkan kemungkinan pencarian kita namun tidak menjawab pertanyaan kita. Google juga hanya menampilkan rujukan yang memiliki kata kunci yang sama namun kadang tidak sesuai dengan apa yang kita cari.

Alasan Berpaling dari Google

Banyak permasalahan dan alasan setiap orang untuk memilih browser lain untuk menunjang hasil pencariannya. Ada yang ingin menghemat data dan ada juga yang ingin menikmati proses browsing dengan lebih cepat atau lebih relevan.


Macam-macam Mesin Pencari

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai mesin pencari selain Google, sebaiknya ketahui terlebih dahulu macam-macam mesin pencari. Di bawah ini, kita akan menjelaskan terkait empat macam mesin pencari, yaitu crawler, directories, hybrid, dan meta.
  • Crawler: Mesin yang membaca suatu web dan mengumpulkan kata kunci yang akan disimpan, lalu apabila ada suatu pencarian maka akan ditampilkan web yang paling sesuai berdasarkan kata kuncinya. Contoh dari jenis ini adalah Google, Yahoo, Bing, Baidu, dll.
  • Directories: Menggunakan tenaga manusia, sehingga lebih relevan jika kita mencari suatu informasi.
  • Hybrid: Mesin pencari yang menggabungkan antara crawler dan directories, yaitu dengan tenaga bot dan manusia, sehingga lebih relevan daripada crawler.
  • Meta: Memungkinkan penggunanya mendapatkan informasi sekaligus dari berbagai mesin pencarian. Contohnya yaitu Dogpile.

Contoh Mesin Pencari selain Google

Nah, sekarang Anda telah mengetahui, mulai dari alasan menggunakan Google hingga macam-macam mesin pencari. Selanjutnya, kita akan mengulas lima mesin pencari yang tersedia selain Google untuk menunjang kegiatan Anda di internet.

1. Baidu

Baidu adalah mesin pencari terbaik setelah Google. Baidu berhasil menguasai pasar dengan memberikan fasilitas mirip dengan Google. Baidu menyediakan fitur pencarian suara dan pencarian menggunakan gambar sehingga banyak yang tertarik.

2. Bing

Bing merupakan mesin pencari yang populer setelah Google dan Baidu. Bing mampu menarik para pelanggan dengan konten visual yang epik dan memanjakan mata. Selain itu, Bing juga memiliki fasilitas untuk terhubung dengan Microsoft Office Online.


3. Yahoo

Yahoo sempat bersinar pada tahun 2000-an, namun kalah dengan munculnya Google dan Bing. Meskipun demikian, kini Yahoo telah bergabung dengan Bing dan Microsoft guna menarik kembali perhatian pelanggannya yang mayoritas telah beralih ke Google. Ciri khas Yahoo adalah Yahoo! Answer dan Yahoo! Finance.

4. Yandex

Yandex merupakan mesin pencari yang sudah lama berkembang. Yandex masih menggunakan kata kunci yang sering dicari dan data personalia untuk memberikan relevansi terhadap pencarian yang dilakukan oleh user. Yandex juga memiliki fitur yang canggih seperti Google, yaitu dilengkapi dengan pencarian gambar, video, peta, dan lain-lain.

5. Dogpile

Mesin pencari model Dogpile memberikan hasil yang sangat memuaskan dengan menampilkan hasil dari berbagai browser sekaligus. Dengan begitu, kita bisa lebih hemat waktu dalam melakukan pencarian. Namun, untuk tampilannya, Dogpile masih terlihat vintage tetapi tetap menjadi daya tarik bagi sebagian orang.

Penutup

Nah, Anda telah mengetahui lima mesin pencari selain Google. Bukan mustahil di luar sana masih ada beberapa mesin pencari lainnya yang lebih mudah dan layak untuk dipakai. Dengan demikian, segala aktivitas Anda telah dipermudah apabila tidak puas dengan hasil penulusuran tertentu.