7 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

7 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Situsekonomi.com - Siapa bilang mahasiswa tidak bisa berpenghasilan? Jika Anda merasa punya waktu dan ingin mendapatkan tambahan income selama masih kuliah, berikut adalah beberapa ide bisnis yang bisa Anda coba untuk dijalankan:

1. Jual Pulsa

Bisnis yang ini tentu sudah cukup dikenal. Di era gadget sekarang, siapa sih yang tidak butuh pulsa? Mulai dari anak SMA sampai orang dewasa tentu perlu pulsa ini. Jadi, bagi mahasiswa yang ingin tambahan uang jajan, pilihan bisnis ini tentu menarik.

Sekarang ini, untuk menjadi agen pulsa sudah cukup dengan mendaftar di server secara online. Sebagai penjual yang terdaftar, Anda bisa mengumpulkan saldo dan menjualnya dalam bentuk pulsa. Cara ini tentu mudah dan cepat. Anda bisa jualan saat istirahat kelas, sebelum waktu kuliah, saat kumpul bersama teman dan bahkan saat begadang dengan teman.

2. Jual Makanan

Membuat makanan untuk dijual setiap harinya tentu agak sedikit berat untuk mahasiswa. Tapi, bisnis yang ini tentu bisa menghasilkan banyak uang. Bagi yang tidak memiliki waktu membuat makanan untuk dijual sendiri, Anda bisa beli dagangan dari pihak lain. Banyak supplier kue pasar yang bisa Anda hubungi untuk hal ini.

Jajanan pasar tentu akan laku jika dijual di area kampus. Anda bisa menyediakan pilihan cemilan dan makanan bagi para mahasiswa lain yang sudah bosan dengan makanan di kantin. Anda bahkan bisa manfaatkan waktu makan siang untuk keliling ke kampus tetangga jika sempat. Cara seperti ini tentu akan menghasilkan banyak keuntungan.

3. Jadi Penulis Artikel Online

Mahasiswa tentu memiliki waktu yang bisa dimanfaatkan selain untuk belajar dan istirahat. Bagi Anda yang memiliki kemampuan kreatif, waktu ini bisa dimanfaatkan untuk menulis. Sekarang ini, kesempatan menjadi freelance writer untuk platform online lebih terbuka besar. Kebanyakan pemilik website perlu konten yang relevan dengan keadaan seorang mahasiswa, seperti tips mendapatkan beasiswa, cara mudah memahami materi ekonomi, dan sebagainya. Jadi, Anda bisa mendapatkan client dengan lebih mudah.

4. Menjadi Translator

Konten dari bahasa lain tentu ada banyak dan di era internet ini, konten yang bagus berbahasa lain ini pasti akan banyak dicari translator-nya. Bagi Anda yang bisa bahasa asing, tentu kesempatan ini tidak bisa dilewatkan.

Baru-baru ini, banyak orang mencari translator yang bisa mengubah artikel luar menjadi berbahasa lokal. Bagi Anda yang bisa berbahasa Jerman, Jepang, Mandarin dan bahasa lainnya, tentu menjadi translator ini akan mendatangkan untung yang banyak.

5. Penjual Barang Second Online

Anda tentu pernah mendengar mahasiswa yang menjual barang lama mereka sebagai modal untuk kebutuhan saat kos-kosan. Nah, bagi Anda yang melihat kesempatan ini, Anda bisa beli barang second tersebut secara borongan dan menjualnya di internet. Banyak orang tentu mencari barang second berkualitas di internet. Jadi, Anda yang berjualan ini memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.

6. Blogger

Membuat konten di blog merupakan kegiatan yang menarik untuk saat ini. Blog adalah bentuk website sederhana yang bisa di-update secara rutin. Para blogger mendapatkan income dari pengunjung yang melihat dan membaca konten di blog mereka.

Karena itu, pendapatan pasif ini pastinya sangat menarik. Tapi ingat, Anda harus ahli membuat konten blog dan menarik para user di internet untuk mengunjungi blog Anda jika ingin sukses dengan bisnis ini.

7. Video Creator

Menjadi YouTuber adalah cita-cita banyak anak muda sekarang ini. Selain bisa terkenal, Anda bisa mendapatkan pendapatan banyak jika sudah sukses. Nama brand channel YouTube Anda bahkan bisa mendapatkan sponsor atau endorsement. Oleh sebab itu, pilihan membuat content dalam bentuk video bisa jadi pilihan yang tepat bagi mahasiswa yang ingin terkenal dan juga mendapatkan pendapatan.

BACA JUGA:

Bagaimana menurut Anda soal rekomendasi bisnis-bisnis untuk mahasiswa di atas, menarik bukan? Jangan lupa juga bahwa prioritas utama Anda, sebagai seorang mahasiswa, adalah belajar. Selebihnya, jika ada waktu kosong, manfaatkan waktu tersebut untuk berbisnis.

Belum ada Komentar untuk "7 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel