Apa Itu Management of Technology (MOT)?


Management of Technology (MOT) adalah bagaimana suatu organisasi mengelola teknologi dan manajemen secara integratif untuk mencapai keunggulan kompetitif. Menurut Khalil, teknologi dan manajemen merupakan salah satu komponen kritis organisasi dalam upaya mencapai tujuannya.

Komponen kritis lain dalam organisasi adalah modal, sumber daya manusia, produk, dan sumber daya manajemen karena menyediakan kemampuan organisasional dan pengetahuan untuk melakukan aktivitas operasional. Sementara teknologi dipandang sebagai faktor kritis karena teknologi mencerminkan pengetahuan, keterampilan, teknik, dan alat yang diperlukan untuk mentransformasikan sumber daya menjadi produk yang memiliki nilai kegunaan tertentu.

Guna menjamin pencapaian keunggulan kompetitif, maka pengelolaan teknologi dan manajemen sebagai faktor-faktor kritis perlu dilakukan secara integratif di seluruh bagian organisasi, sehingga kebutuhan organisasi akan investasi teknologi tidak dapat dihindari lagi. Adapun komponen dasar MOT adalah sebagai berikut:

1. Value Creation

Tanggung jawab sosial organisasi, yaitu menyediakan nilai dan menciptakan aktivitas bagi masyarakat.

Dalam situasi persaingan yang sangat kompetitif, kualitas produk dan produksi harus paling sedikit sebanding atau lebih baik dari pesaing pada harga yang sama. Produk yang dihasilkan dan didesain secara tepat seharusnya mampu menyediakan kualitas keamanan dan produksi pada biaya yang sama dengan produk yang berkualitas lebih baik. Baik kualitas maupun biaya, keduanya penting bagi suksesnya persaingan sebuah organisasi dalam jangkan panjang.

3. Responsiveness

Organisasi harus mampu mengelola tidak hanya pada stabilitas, tetapi juga pada perubahan dan organisasi modern perlu melakukan pengelolaan siklus yang pendek dalam semua aktivitas pengembangan produk dari mulai proses produksi hingga distribusi.

4. Agility

Meningkatkan ketangkasan melalui investasi teknologi berbasis komputer untuk fasilitas produksi agar mampu menghasilkan varietas lini produk dan memproduksi varietas komponen yang diperlukan.

Baca Juga: Definisi Produksi Menurut Para Ahli

5. Innovation

Menghasilkan kompetensi unik yang menyediakan produk, produksi, dan pelayanan yang lebih unggul dari pesaing, serta menyediakan kemampuan untuk mengelola perubahan organisasi dalam melengkapi stabilitas.

6. Integration

Organisasi modern harus mampu mengakuisisi dan mengintegrasikan teknologi dengan kemampuan dan pengetahuan yang berbeda serta berbasis pada ilmu dan perekayasaan.

7. Teaming

Kombinasi dari kecepatan perubahan teknologi, kompleksitas dalam mengintegrasikan teknologi yang beragam, dan menciptakan kualitas yang tinggi dengan mendorong angkatan kerja pada tingkat kemampuan dan keterampilan yang tinggi.

8. Fairness

Organisasi mampu bertahan dalam jangka panjang serta menciptakan kondisi baru atas kewajaran dalam tipe dan distribusi kesejahteraan yang diciptakan oleh kesuksesan operasi produktif.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Management of Technology (MOT)?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel