Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Manajemen Persediaan beserta Fungsinya?

Apa Itu Manajemen Persediaan beserta Fungsinya?

Setiap pengusaha terkadang masih ragu harus membuat bagian manajemen persediaan atau tidak. Bagi Anda yang masih butuh informasi seputar bagian perusahaan yang satu ini, mari bahas bersama sekilas tentang apa itu manajemen persediaan beserta fungsinya di bawah ini:

Apa Itu Manajemen Persediaan?

Manajemen persediaan adalah bagian perusahaan yang bertugas mengatur ketersediaan berbagai barang yang diperlukan oleh perusahaan tersebut. Barang ini bisa saja berupa bahan baku produksi sampai dengan supply peralatan kantor untuk pekerjaan para karyawan.

Manajemen ini memiliki tugas untuk memperoleh, menyimpan, dan mencatat penggunaan serta ketersediaan barang. Hal ini tentu bukan pekerjaan sepele. Bayangkan saja jika Anda harus mengurusi berbagai barang, menghitungnya, dan mencatatnya satu per satu.

Apabila terjadi kesalahan dalam pembuatan laporan, maka pencatatan dan ketersediaan bisa menyebabkan masalah. Persediaan adalah aset dari perusahaan yang tentu saja berstatus menganggur. Meskipun barang yang disimpan biasanya hanya dicatat sampai sewaktu-waktu akan dipakai, tapi tetap saja itu dianggap penting.


Persediaan yang disimpan ini bisa berupa bahan baku, barang setengah jadi, barang jadi, dan bahkan supply kebutuhan perusahaan. Mengenai bahan baku dan barang setengah jadi, pencatatan memiliki peranan penting untuk memastikan berapa output yang nantinya akan dihasilkan.

Penghitungan output akan sangat berhubungan dengan pendapatan perusahaan. Jadi, tidak bisa dibiarkan begitu saja. Mengenai barang jadi, perusahaan tentu sudah siap menjualnya, tapi dalam hal distribusi, jumlah, dan data tentang barang sangat penting untuk diketahui.

Jika tidak ada manajemen pengadaan, pencatatan distribusi ini bisa saja tidak terurus. Nah, untuk supply barang kebutuhan perusahaan, seperti tinta printer, kebutuhan kertas dokumen, dan lain sebagainya, walaupun terlihat simple, bila perusahaan tidak mempersiapkan pengadaan kebutuhan ini tentu saja pekerjaan kantor bisa terhambat.

Fungsi Penting Manajemen Persediaan

Apabila Anda belum pernah melihat bagaimana manajemen persediaan bekerja, pastinya Anda belum tahu seperti apa tugas dan fungsi dari manajemen persediaan ini, bukan? Maka dari itu, berikut ini adalah tugas dan fungsi dari manajemen persediaan:
  • Memastikan bahwa persediaan yang ada cukup untuk berbagai kebutuhan perusahaan (Safety Stock). Hal ini bisa dibilang sebagai persediaan jaga-jaga.
  • Mengurangi resiko keterlambatan pekerjaan. Supply alat kantor tentu harus sudah tersedia. Jika tidak, maka pekerjaan yang lain pasti akan terhambat.
  • Memastikan ketersediaan barang untuk mencegah jadwal pengiriman barang tidak terpenuhi.
  • Mengurangi masalah harga dinamis di pasar. Jika sudah beli banyak saat murah, tentu perusahaan tidak perlu takut saat harga barangnya naik karena masih punya persediaan.
  • Bisa memastikan pengeluaran lebih kecil saat membeli jumlah persediaan besar. Memesan barang secara grosir akan memastikan adanya potongan harga.
  • Menjadi solusi masalah permintaan mendadak. Saat masih ada stock, permintaan mendadak pun pasti bisa dipenuhi.
  • Mengawasi ketersediaan yang tidak sesuai spesifikasi. Jadi, barang yang disimpan sesuai dengan kebutuhan dan tidak ada barang yang cacat.
  • Menjaga komitmen terhadap konsumen agar barang yang dipesan bisa datang tepat waktu dan sesuai dengan kualitas yang dijanjikan.
  • Mengawasi nilai persediaan yang mendapatkan penyusutan karena waktu penyimpanan.


Fungsi di atas tentu masih bisa berubah ataupun bahkan bertambah sesuai dengan jenis perusahaannya. Sebagai contoh, perusahaan industri peternakan pastinya akan memiliki fungsi manajemen persediaan yang berbeda dengan industri makanan.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian dan fungsi manajemen persediaan. Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, tugas dari manajemen persediaan bukanlah suatu pekerjaan yang sepele karena harus memastikan bahwa persediaan yang ada cukup untuk kebutuhan perusahaan.