Benarkah Kini Sudah Zamannya Solopreneur?

Benarkah Kini Sudah Zamannya Solopreneur?

Situsekonomi.com - Solopreneur, bagi sebagian orang istilah ini memang masih asing di telinga. Namun, bagi sebagian orang lainnya, di dunia bisnis terutama, sudah tidak asing lagi dengan kata solopreneur ini.

Sebenarnya apa sih solopreneur ini? Apa bedanya dengan entrepreneur? Lalu, bagaimana untuk tips menjadi solopreneur yang sukses? Mari kita bahas di artikel ini.

Solopreneur merupakan sebuah istilah bagi seseorang yang menjalankan sebuah usaha hanya dengan seorang diri. Seorang yang memutuskan menjadi solopreneur tidak memiliki tim atau rekan dalam membangun bisnisnya. Bahkan, seorang solopreneur berani mengambil sendiri resiko tinggi bagi bisnisnya.

Solopreneur berbeda dengan entrepreneur. Jika solopreneur dilakukan seorang diri, maka seorang entrepreneur melihat jika bisnis yang dijalankan ada peran dari orang lain atau sebuah tim.

Namun, apabila ditelusuri dari perkembangannya sekarang, menjadi solopreneur lebih banyak diminati oleh kaum millennial karena mereka dapat bekerja sesuai dengan passion yang dimiliki tanpa harus diatur oleh orang lain. Mereka yang memutuskan terjun ke dunia ini diiming-imingi dengan waktu kerja yang bebas serta bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Dalam waktu beberapa tahun terakhir, solopreneur memang telah berkembang dengan pesat. Banyak orang merasa cocok dengan sistem usaha seorang diri seperti ini.

Jika diberikan contoh saja, kini sudah banyak orang yang menekuni solopreneur dengan memulai bisnis dari internet, misalnya dengan membuka online shop, menjadi seorang penulis di blog atau website. Kebanyakan dari mereka bekerja di rumah hanya dengan bermodalkan smartphone maupun perangkat komputer.

Namun, meski terlihat menyenangkan karena dapat bekerja dengan lingkungan yang diinginkan, solopreneur juga memiliki satu kekurangan, yaitu para solopreneur akan merasa kesepian. Sebab, mereka jarang sekali berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, seandainya kamu memutuskan untuk menjadi seorang solopreneur, usahakan untuk membagi waktu kapan bekerja dan kapan berkumpul dengan teman.

Menjadi solopreneur sebenarnya tidak sulit, namun juga tidak mudah. Ada beberapa yang dapat mendukung kamu untuk menjadi solopreneur yang usahanya berkembang sangat pesat. Nah, berikut ini akan kami beritahu beberapa tips menjadi solopreneur yang sukses. Apa saja? Mari disimak!

1. Siap Belajar Banyak Hal

Karena solopreneur adalah berbisnis atau bekerja seorang diri, maka jika kamu memutuskan untuk menjadi solopreneur kamu harus belajar tentang banyak hal lagi, tidak cukup dengan skill yang sudah kamu miliki saja. Kamu harus belajar hal lain yang ada di dunia bisnis. Bahkan, kamu juga harus siap belajar tentang kecanggihan teknologi yang semakin maju agar bisa memanfaatkannya untuk usaha yang sedang kamu tekuni.

2. Siap Menggunakan Uang Sendiri

Sebagai orang yang menjalankan bisnis tanpa tim, tentunya seorang solopreneur hanya dapat mengandalkan dirinya sendiri termasuk dalam urusan uang. Keuntungan dari bisnis sebagai solopreneur tidak sebesar jika kamu dengan tim. Hal ini tentunya membuat kamu harus siap jika sewaktu-waktu membutuhkan sesuatu yang mendesak dan menggunakan tambahan uang.

3. Siap Berjuang Sendiri

Seperti pengertiannya, solopreneur adalah orang yang menjalankan usaha atau bisnis seorang diri tanpa tim atau orang lain yang menemaninya. Artinya, kamu harus siap untuk berjuang sendiri dalam memajukan bisnis tersebut atau bahkan dalam menghadapi masalah yang menimpa usahamu.

4. Pandai Mengatur Waktu

Seorang solopreneur harus pandai-pandai mengatur waktu, meskipun memiliki jam kerja yang fleksibel. Hal ini dikarenakan supaya kamu tetap dapat bekerja secara maksimal, apalagi ketika aktivitas bisnis yang dijalankan sedang sangat padat.

5. Berani dalam Mengambil Keputusan

Bekerja sendiri tentunya harus berani mengambil keputusan dan menanggung resiko tinggi seorang diri. Seorang solopreneur harus bisa melakukan semua itu jika sedang menghadapi hal-hal yang membutuhkan keputusan secepatnya.

6. Berkumpul dengan Pebisnis Lain

Tips menjadi solopreneur yang sukses selanjutnya adalah kamu harus belajar dari pebisnis lain. Dengan berkumpul bersama mereka, kamu bisa lebih banyak mendapatkan ilmu tentang bisnis yang seperti ini.

Demikianlah ulasan kita tentang solopreneur. Sejalan dengan perkembangan teknologi, kini solopreneur dapat dengan mudah untuk dilakukan. Memang, resiko yang akan dihadapi sangatlah tinggi, tetapi jangan khawatir akan hal itu karena setiap pekerjaan pasti ada resikonya masing-masing.

Gambar oleh StartupStockPhotos dari Pixabay

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Kini Sudah Zamannya Solopreneur?"

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan topik lebih disenangi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel