Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklim Organisasi: 10 Kriteria Dasar Pertimbangan Kesehatan Organisasi

Iklim Organisasi: 10 Kriteria Dasar Pertimbangan Kesehatan Organisasi

Situsekonomi.com - Iklim organisasi adalah segala situasi dan kondisi fisik, sosial, psikologis, dan kontekstual yang mendukung pengembangan kreativitas, inovasi, dan perubahan organisasi berbasis pengetahuan. Iklim organisasi diarahkan untuk meningkatkan loyalitas dan keterlibatan pekerja, serta untuk menciptakan tugas yang menantang dan penuh ganjaran.

Iklim organisasi ditandai dengan pemberian kesempatan pada pekerja untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan, memberikan input bagi praktik bisnis yang dijalankan. Dalam iklim organisasi, manajer akan terdorong untuk terlibat dalam perkembangan pekerja, menjalin hubungan pekerjaan yang positif, menciptakan situasi dan kondisi perubahan, perkembangan organisasi secara berkelanjutan, serta mendorong kepemimpinan untuk berkembang.

Salah satu konsep yang terkait erat dengan iklim organisasi yaitu konsep kesehatan organisasi (Matthew B. Mills, 2003: 4). Mills memperkenalkan sepuluh kriteria dasar pertimbangan kesehatan organisasi sebagai berikut:

1. Fokus pada tujuan, tujuan organisasi jelas dan layak bagi orang yang ada dalam sebuah sistem.

2. Kecukupan komunikasi, diupayakan agar relatif sedikit distorsi komunikasi secara vertikal dan horizontal, serta informasi menyebar secara layak.

3. Kesamaan kekuasaan yang optimal, bawahan dapat berpengaruh ke atasan dan dianggap penting, serta mempersepsikan bahwa atasannya dapat melakukan hal sebaliknya.

4. Pemanfaatan sumber daya, input, sistem, khususnya sumber daya digunakan secara efektif dan efisien.

5. Kohesivitas, organisasi tahu siapa orang-orangnya dan anggota organisasi yang merasa tertarik pada organisasi tersebut.

6. Moral, individu memperoleh rasa puas dari pekerjaannya dan memiliki perasaan diakui keberadaannya.

7. Daya inovasi, sistem yang sehat dapat menemukan prosedur baru, melakukan diversifikasi, dan lebih terdiferensiasi dalam melewati periode tertentu.

8. Otonomi, organisasi menunjukkan derajat diskresi dan independensi dari lingkungan yang memungkinkan interaksi organisasi dengan lingkungan, tetapi tidak dikendalikan oleh lingkungan.

9. Adaptasi, sistem mampu melakukan perubahan korektif dalam sistemnya secara lebih cepat daripada siklus perubahan lingkungan yang melingkupinya.

10. Pemecahan masalah yang layak, masalah dipecahkan dengan energi minimal, masalah tetap terpecahkan, mekanisme pemecahan masalah yang digunakan tidak diperlemah, melainkan dipertahankan dan diperkuat.

BACA JUGA:

Itulah poin-poin penting mengenai iklim organisasi. Meskipun informasi ini lebih ditujukan kepada manajer, namun pekerja pun sebenarnya juga harus mengetahui akan hal ini. Dengan demikian, kerjasama di antara mereka dapat terjalin dengan mudah.

Posting Komentar untuk "Iklim Organisasi: 10 Kriteria Dasar Pertimbangan Kesehatan Organisasi"