Inilah Penyebab Mengapa Seseorang Bisa Gagal Saat Sesi Wawancara Kerja

Inilah Penyebab Mengapa Seseorang Bisa Gagal Saat Sesi Wawancara Kerja

Situsekonomi.com - Proses wawancara kerja adalah hal yang harus benar-benar dipikirkan saat mencari kerja. Jika Anda memiliki kualifikasi tapi menunjukan performa buruk pada saat wawancara, ada kemungkinan Anda akan ditolak. Untuk membantu Anda dalam mengatasi wawancara, mari kita bahas beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang gagal saat sesi wawancara kerja berikut ini:

Kurang Persiapan

Penyebab pertama masalah gagal wawancara adalah karena kurangnya persiapan. Dalam hal ini, persiapan bisa dihubungkan dengan pengetahuan Anda terhadap perusahaan dan juga pihak yang memberi wawancara. Jika Anda ditanya seputar alasan memilih perusahaan dan kelebihan perusahaan yang membuat Anda tertarik, tentu untuk menjawabnya akan sulit jika Anda tidak tahu detail tentang perusahaan tersebut.

Mempersiapkan materi tentang perusahaan adalah hal yang terpenting untuk dilakukan. Bahkan, informasi ini merupakan senjata untuk sukses dalam wawancara. Dari informasi ini juga, pihak HRD (human resources development) bisa melihat antusiasme Anda. Jadi, jangan sekali-kali meremehkan persiapan ini.

Baca Juga: 5 Keterampilan yang Dibutuhkan oleh Perusahaan Pasca Pandemi

Grogi karena Tidak Percaya Diri

Jika sebelumnya tidak siap dari segi pengetahuan soal perusahaan, grogi ini lebih disebabkan kurang siap mental. Saat Anda merasa tidak yakin dan kurang persiapan, perasaan tidak percaya diri tentu akan muncul. Jika tidak dikendalikan, hal ini dapat terlihat oleh pihak yang bertanya saat wawancara.

Rasa grogi ini bisa membuat pertanyaan yang mudah menjadi tidak terjawab dan terkadang malah merusak mood saat wawancara sedang berlangsung. Karena hal ini, sangatlah penting mempersiapkan mental dan memupuk rasa percaya diri sebelum memulai sesi wawancara kerja.

Kurang Inisiatif dan Motivasi

Jika seseorang melamar kerja di tempat tertentu dan tidak menunjukan inisiatif dan motivasi yang positif, tentu pihak HRD bisa menilai itu negatif. Inisiatif di sini berupa bagaimana cara kita menjawab dan menjual kelebihan yang kita miliki. Jika Anda tidak menonjolkan hal ini, bagaimana perusahaan bisa tertarik pada Anda.

Untuk motivasi, hal ini bisa ditunjukkan lewat jawaban dan nada bicara Anda pada pihak perusahaan saat wawancara. Semakin Anda semangat dan termotivasi, tentu Anda memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk diterima. Jika tidak ada motivasi, tentu perusahaan bisa mengira Anda tidak memandang serius wawancara yang sedang dilakukan tersebut.

Baca Juga: Kenapa Public Speaking Begitu Ditakuti oleh Banyak Orang?

Terlalu Agresif dan Ambisius

Menjual kelebihan dan juga mengharapkan target tertinggi saat mencari kerja tentu bukanlah masalah, tapi tetap batasi diri Anda. Jika terlalu agresif menonjolkan diri, maka Anda bisa dinilai sombong oleh mereka.

Orang yang terlalu ambisius juga biasanya dipandang sebelah mata saat wawancara. Jadi, coba kendalikan diri dan temukan titik yang pas untuk menjual kelebihan Anda sambil menyesuaikannya dengan ekspektasi pihak perusahaan di saat wawancara.

Berbohong

Seseorang tentu ingin tampak menarik untuk dipekerjakan. Karena hal ini, beberapa calon pekerja sering berbohong soal keahlian dan pengalaman kerjanya. Sayangnya, hal seperti ini memiliki konsekuensi. Saat dicari pembuktiannya, jika Anda tidak bisa menyediakan, tentu Anda akan langsung gugur dari wawancara.

Terkadang, seseorang yang sedang diwawancara melakukan kebohongan ini secara spontan karena tidak mau terlihat buruk. Tapi, hal ini tentu tidak baik. Jadi, pastikan Anda bisa menjawab jujur tapi lebih menonjolkan kelebihan Anda yang sebenarnya. Tidak ada gunanya mengakui kemampuan yang tidak dapat Anda buktikan.


Bagaimana? Sekarang sudah jelas bukan, hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan Anda bisa gagal saat sesi wawancara kerja. Semoga dengan mengetahui informasi ini, Anda bisa lebih siap dalam wawancara kerja. Terima kasih sudah membaca!

Belum ada Komentar untuk "Inilah Penyebab Mengapa Seseorang Bisa Gagal Saat Sesi Wawancara Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel