Manfaat Sistem Sales Tracking Tools untuk UKM

Manfaat Sistem Sales Tracking Tools untuk UKM

Situsekonomi.com - Apakah Anda pernah mendengar tentang sistem sales tracking tools? Jika tertarik menggunakan hal ini untuk UKM Anda, tentu Anda harus belajar soal manfaatnya terlebih dahulu. Ada beberapa manfaat yang ditawarkan oleh sistem ini untuk mengoptimalkan bisnis UKM Anda, di antaranya ialah:

Membantu Pencatatan Detail Penjualan

Jika Anda melayani pelanggan, terkadang Anda bisa sangat repot. Tapi di sisi lain, pelanggan tidak peduli tentang hal ini dan hanya ingin dilayani secara cepat. Proses pencatatan tentu tidak akan memungkinkan di situasi seperti ini. Jika Anda menggunakan sales tracking tool, proses pencatatan detail penjualan akan lebih mudah.

Catatan yang ada dalam tracking tool ini bisa dibuat otomatis. Contoh saja pemberian tanggal penjualan, catatan barang yang sama dan terjual pada hari itu, catatan bayaran dan kembalian yang diberikan serta hal-hal kecil lainnya.

Apabila pencatatan ini dilakukan secara detail, UKM tentu akan sangat terbantu dalam pembukuan. Jika sudah begini, bisnis kecil pun akan memiliki data yang cukup untuk memperhatikan pertumbuhan usahanya sendiri. Selain itu, proses pencatatan juga menjadi lebih mudah tanpa harus membayar orang tambahan untuk mengawasi catatan ini.

Baca Juga: Memulai Bisnis dengan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah)

Memberikan Informasi Sales Secara Lebih Jelas

Jika Anda merupakan pengusaha yang bekerja sama dengan supplier tertentu, data yang dicatat dalam sales tracking tool bisa menjadi bukti bagi supplier ini. Informasi tersebut akan membantu Anda dan pihak supplier dalam mengatur strategi.

Contoh dalam sales tracker, ada informasi varian produk tertentu lebih dicari daripada varian lainnya. Jika menggunakan data ini, Anda bisa mengusulkan pada supplier untuk memberi varian yang populer dan stok lebih banyak. Hal yang demikian tentu akan menguntungkan Anda dan juga pihak supplier tersebut.

Catatan dari sales tracker tool juga bisa menjadi solusi masalah ketersediaan. Contoh saja jika memesan secara manual melalui catatan sales yang dibuat sendiri, kesalahan data bisa lebih mungkin terjadi. Human error adalah hal yang fatal dalam bisnis. Tapi, jika kalkulasi dilakukan secara otomatis dan detail dari sales tracker, kesalahan ini tidak akan terjadi.

Baca Juga: Apa Itu Manajemen Persediaan dan Mengapa Dianggap Perlu?

Menjadi Alat Pengukur Kinerja Pegawai

Alat pengukur kinerja pegawai yang efektif adalah sales, produktivitas dan juga profit. Data untuk sales dan profit tentu bisa dikalkulasi dengan mudah. Sayangnya, untuk mendapatkan informasi seputar produktivitas ini lebih tricky.

Tapi, jika menggunakan tool sales tracker, Anda bisa melihat siapa yang sedang mengoperasikan alat pencatat ini. Jika dalam jangka waktu tertentu, sales yang terjadi banyak, tentu informasi produktivitas bisa dibilang cukup tinggi untuk karyawan tersebut.

Tracker yang moderen biasanya juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi absen bagi para pegawai. Jika dikombinasikan, Anda bisa mengukur aktivitas tiap pegawai dan juga menghubungkannya dengan sales. Jadi, Anda bisa memperoleh informasi lebih jelas soal aktivitas pegawai di UKM Anda tanpa harus cek lapangan terlalu sering.

Baca Juga: Tips Menjaga Keseimbangan Bisnis UKM di Tengah Ancaman Corona

Menjadi Alat Ukur Keberhasilan Bisnis

Mengukur kesuksesan suatu bisnis harus dipandang secara objektif. Apabila Anda tidak punya data di UKM yang jelas, tentu Anda tidak bisa dibilang sukses. Mengukur keberhasilan dari keuntungan yang diterima saja tidaklah cukup untuk dilakukan. Anda harus lihat dari berapa banyak sales untuk mendapatkan keuntungan ini. Selain itu, data stock supply dan juga aktivitas pegawai bisa menjadi indikator kesuksesan usaha Anda.

Semua data yang ada bisa dipantau melalui tool sales tracker. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan kemungkinan adanya salah penafsiran. Jika keuntungan besar, tapi sales kecil dan stock supply tidak bisa menutupi permintaan, pastinya data dari sales tracker ini belum bisa ditranslasi sebagai kesuksesan secara utuh. Oleh karena itu, sebaiknya pandanglah UKM Anda secara utuh sebelum menyimpulkannya.

Sekian bahasan kita mengenai manfaat sales traking tool untuk UKM. Mudah-mudahan ini berguna bagi kita semua, terutama bagi yang sedang menjalankan bisnis UKM. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Sistem Sales Tracking Tools untuk UKM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel