Pelaku Bisnis Kecil Wajib Membuat Laporan Keuangan, Simak Panduannya!

Pelaku Bisnis Kecil Wajib Membuat Laporan Keuangan, Simak Panduannya!

Situsekonomi.com - Dalam sebuah bisnis, laporan keuangan merupakan salah satu hal yang penting karena menyangkut tentang cash flow dari bisnis tersebut. Dengan laporan keuangan, tentu akan lebih mudah mengetahui tentang semua pengeluaran dan pemasukan yang dialami oleh sebuah bisnis.

Sekarang ini, tak hanya bisnis besar yang wajib membuat sebuah laporan keuangan, tetapi juga bisnis kecil. Namun, dalam membuat sebuah laporan keuangan tidak boleh asal begitu saja meskipun itu hanya bisnis kecil.

Sebab, sejatinya laporan keuangan dari sebuah bisnis kecil harus dibuat secara rutin dan akurat untuk kelangsungan dari bisnis tersebut. Nah, bagi Anda yang memiliki bisnis kecil, di sini akan disediakan beberapa cara untuk membuat laporan keuangan yang baik dan benar guna menunjang bisnis Anda.

Mau tahu apa saja panduan membuat laporan keuangan bisnis kecil? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Buat Buku untuk Catatan Pengeluaran

Buku catatan pengeluaran ini berfungsi untuk mencatat semua pengeluaran yang dialami bisnis. Pengeluaran yang bisa dicatat di buku ini adalah seperti pembelian bahan baku, biaya operasional, dan gaji karyawan.

Mencatat semua pengeluaran akan membantu untuk mengetahui berapa besar modal yang sudah dikeluarkan. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah untuk menentukan target dan strategi pemasaran untuk mengembalikan modal.

2. Buat Buku untuk Catatan Pemasukan

Selanjutnya adalah membuat buku catatan pemasukan yang berfungsi untuk mencatat semua pemasukan yang telah didapatkan dalam bisnis, seperti hasil penjualan produk serta piutang yang sudah dibayarkan. Mencatat pemasukan sangat penting bagi sebuah bisnis, sehingga harus dilakukan secara akurat, jelas dan rutin. Hal itu agar pelaku bisnis dapat mengetahui seberapa besar jumlah keuntungan yang didapatkan.

3. Buat Buku untuk Kas Utama

Buku kas utama memiliki fungsi untuk menggabungkan setiap transaksi dari buku pemasukan dan buku pengeluaran. Selain itu, buku kas juga penting dalam menentukan bagaimana strategi perusahaan jika sewaktu-waktu ada biaya pengeluaran yang tak terduga. Dengan adanya buku kas utama pun akan membantu untuk mengetahui lebih jelas tentang besar keuntungan dan kerugian yang didapatkan dalam sebuah bisnis.

4. Buat Buku untuk Stok Barang

Buku ini penting untuk Anda yang menjalankan bisnis karena akan digunakan untuk mencatat secara rutin dan kontinyu jumlah barang yang masuk dan keluar setiap harinya. Hal ini tentunya agar Anda dapat memonitor jumlah persediaan barang yang dimiliki oleh perusahaan. Tidak hanya itu, buku stok barang ini juga berguna untuk mengoptimalkan dalam menyusun manajemen gudang dan juga menghindari kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh pihak supplier.

5. Buat Buku untuk Inventaris Barang

Buku ini digunakan untuk mencatat semua barang yang dimiliki perusahaan, baik itu dari pembelian, sumbangan maupun hibah. Hal ini pastinya sangat berperan dalam menjaga aset yang dimiliki oleh perusahaan Anda. Selain itu, juga akan mempermudah untuk melakukan pencarian barang jika sewaktu-waktu dibutuhkan serta mencegah barang agar tidak mudah hilang.

6. Buat Buku untuk Laba Rugi

Hal selanjutnya yang harus disiapkan dalam membuat laporan keuangan adalah buku laba rugi. Buku ini berfungsi untuk mencatat pendapatan serta beban dari perusahaan dalam satu periode tertentu.

Dengan pencatatan di buku ini pula Anda akan mengetahui apakah perusahaan sedang mengalami kerugian atau sedang mempunyai sejumlah keuntungan. Di samping itu, buku laba rugi dapat memudahkan Anda untuk mengetahui besaran pajak yang harus dibayar serta merencanakan strategi yang dapat mendatangkan lebih banyak keuntungan.

Nah, bagaimana, cukup mudah dan sederhana bukan panduan membuat laporan keuangan bisnis kecil ini? Semoga dengan adanya panduan ini dapat lebih membantu Anda yang memiliki bisnis kecil dalam membuat laporan keuangan.

Gambar oleh TheDigitalWay dari Pixabay

Belum ada Komentar untuk "Pelaku Bisnis Kecil Wajib Membuat Laporan Keuangan, Simak Panduannya!"

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan topik lebih disenangi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel