Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian L/C Usance Payable at Sight

Pengertian L/C Usance Payable at Sight

Situsekonomi.com - Dari sisi applicant/importir, L/C adalah usance L/C karena yang bersangkutan baru akan membayar kewajibannya kepada issuing bank pada saat maturity date dari bill of exchange (draft/wesel). Namun, apabila dilihat dari sisi beneficiary berhak mendapatkan pembayaran penuh senilai L/C tidak dipotong discount atau interest yang tercermin dan biasanya tercantum dalam klausul "interest discount charges are for account of buyer/applicant" (Tresnati, 2007: 200).

Beberapa hal pokok dan mekanisme serta risiko dari L/C jenis ini adalah sebagai berikut:

Pokok Pertama
Nominal L/C atau pembayaran yang diterima oleh beneficiary sebesar harga tunai barang bukan harga kredit sebagaimana lazimnya usance L/C biasanya sebagai konsekuensi pembayaran at sight basis di atas.

Pokok Kedua
Bill of Exchange B/E (draft/wesel) berjangka, awalnya ditarik pada applicant walaupun sejak berlakunya UCP 500 ada beberapa bank yang mensyaratkan agar B/E ditarik pada issuing bank.

Pokok Ketiga
Pembayaran dari applicant kepada issuing bank pada tanggal jatuh waktu B/E (draft/wesel berjangka).

Pokok Keempat
Pembayaran dari negotiating bank kepada beneficiary adalah atas unjuk (at sight basis) sebesar nilai L/C tidak dipotong interest/discount.

Pokok Kelima
Pembayaran dari issuing bank kepada negotiating bank dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu atas unjuk (at sight) atau pada tanggal jatuh waktu draft/wesel berjangka tergantung kepada "reimbursement clause" L/C tersebut. Bila reimbursement clause L/C menyatakan bahwa negotiating bank akan menerima pembayaran atas unjuk (at sight) berarti issuing bank yang memberikan pembiayaan kepada applicant.

Sedangkan bila reimbursement clause L/C menyatakan bahwa negotiating bank akan menerima pembayaran dari issuing bank pada saat jatuh waktu maka yang akan memberikan pembiayaan kepada applicant adalah negotiating bank. Bank yang memberikan pembiayaan kepada applicant merupakan pihak yang berhak mendapatkan interest atau discount sebagai imbalannya.

Dalam perhitungan interest yang diterapkan, pembayaran interest dari applicant kepada bank yang memberikan pembiayaan dilakukan pada akhir periode. Sedangkan perhitungan discount yang diterapkan, pembayaran discount dari applicant kepada bank yang memberikan pembiayaan dilaksanakan pada awal periode.

Pokok Keenam
Dari sisi issuing bank, customer risk yang harus dinilai adalah sebesar nominal L/C ditambah discount atau interest. Hal ini harus tampak dalam pencatatan akuntansi. Jumlah yang sama dari sisi negotiating bank berupa bank risk terhadap issuing bank kaitannya dengan credit line bank.

Pokok Ketujuh
Penetapan pricing agar tidak melupakan perhitungan withholding tax dengan memerhatikan kemungkinan adanya tax treaty dengan negara yang bersangkutan.

BACA JUGA:

Itulah yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Semoga informasi yang singkat ini dapat menambah wawasan kita mengenai apa itu L/C usance payable at sight.

Gambar oleh: isridwan.com

Posting Komentar untuk "Pengertian L/C Usance Payable at Sight"