Pengertian Word of Mouth Marketing pada Bisnis UKM

Pengertian Word of Mouth Marketing pada Bisnis UKM

Situsekonomi.com - Word of mouth marketing adalah jenis pemasaran yang sangat dianjurkan untuk UKM. Mengapa demikian? Bagi Anda yang sedang penasaran, mari bahas tentang hal ini dalam artikel berikut.

Apa Itu Word of Mouth Marketing?

Jika Anda belum tahu, word of mouth marketing dalam bahasa Indonesia adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Secara umum, hal ini bisa disamakan dengan menyebarkan nama produk dari satu orang ke orang lain melalui pembicaraan.

Sebagai contoh saja, Anto pernah makan nasi goreng di tempat Zakia. Karena sangat enak, Anto cerita tentang pengalaman makan di tempat tersebut pada Bambang. Nah, Bambang menjadi tertarik mendengar cerita tersebut dan akhirnya datang kemudian makan di kaki lima tempat Zakia berjualan.

Dari contoh kasus di atas, pemasaran nasi goreng Zakia sampai ke telinga Bambang tidak lewat iklan TV, sales, selebaran dan juga baliho besar, hanya cukup dengar cerita dari Anto. Penyebaran cerita ini tentu sudah sering terjadi di kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari.

Sekarang ini di dunia internet, word of mouth marketing tentu lebih cepat tersebar. Sosial media adalah alat yang paling baik untuk menyebarkan nama usaha Anda. Saat ada orang yang berbicara tentang usaha UKM tertentu yang menarik, orang lain yang berhubungan dengan pihak yang berbicara tersebut akan bisa langsung melihat.

Karena kemampuan ini, UKM sekarang tidak kalah dengan banyak perusahaan yang besar. Kemampuan menyebarkan nama produk ataupun usaha melalui social media membuat kemampuan marketing mereka tidak kalah dengan produk yang dipasarkan melalui TV.

Mengapa Teknik Marketing ini Sering Digunakan pada UKM?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, menggunakan teknik word of mouth marketing untuk UKM memiliki kekuatan yang besar di social media. Jadi, teknik ini tentu bisa mempengaruhi banyak orang secara lebih cepat.

Bayangkan saja jika Anda adalah pengusaha kecil untuk kuliner. Kegiatan foto-foto makanan dan sharing cerita kuliner saat ini sedang trend. Jika sampai nama usaha Anda tersebar melalui ini, Anda tentu telah melakukan kegiatan pemasaranan secara cuma-cuma.

Bagi Anda yang tidak mampu mengeluarkan budget untuk promosi, hal ini tentu lebih baik. Tanpa dorongan apa saja, konsumen Anda sudah melakukan pemasaran untuk Anda. Budaya sharing saat ini sangat kuat dan kental di lingkungan sekitar kita, jadi sangat disayangkan jika Anda tidak menggunakan teknik marketing ini sekarang.

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Menggunakan Word of Mouth Marketing

Walaupun sudah lebih mudah, Anda harus ingat bahwa mencari perhatian lewat internet ini juga perlu usaha. Biaya memang lebih murah, tapi persaingan lebih sengit.

Di internet, Anda tidak hanya mencari perhatian dan pembicaraan semata, tapi juga bersaing melawan para UKM yang satu golongan. Pesaing ini juga tidak hanya di lokasi Anda berjualan, tapi luas seluruh Indonesia.

Untuk bisa bersaing di platform yang lebih luas ini, Anda harus berusaha jadi topik pembicaraan orang. Dalam mewujudkan ini, Anda bisa mencoba hal-hal unik.

Mulai dari produk yang dibuat secara unik ataupun sekedar promosi dengan cara yang unik. Semakin unik usaha Anda, maka semakin banyak orang yang akan membicarakannya. Dan hasilnya, nama usaha Anda bisa tersebar lebih cepat daripada para pesaing.

BACA JUGA:

Bagaimana, Apakah sudah jelas? Semakin dini Anda memulainya, semakin cepat pula Anda merasakan hasilnya. Selamat mencoba dan salam sukses!

Gambar oleh: thekickassentrepreneur.com

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Word of Mouth Marketing pada Bisnis UKM"

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan topik lebih disenangi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel