Tidak Perlu Kuliah untuk Menjadi Entrepreneur Sukses

Tidak Perlu Kuliah untuk Menjadi Entrepreneur Sukses

Situsekonomi.com - Ini bukan saran yang nyaman untuk dibaca, terutama bagi yang mampu kuliah. Begini, mari kita buka mata dan hati lebar-lebar. Apapun ilmu pengetahuan yang kita butuhkan saat ini, semua tersedia di internet.

Apapun yang ingin Anda pelajari, baik itu ilmu merakit komputer, ilmu komunikasi, ataupun ilmu public relations, semua tersedia di internet dan ajibnya lebih dari 90 persen gratis. Orang yang membimbing juga banyak, gabung saja milis dengan topik grup yang Anda sukai, ikuti perkembangannya, baca postingannya, lihat siapa yang paling berpengaruh dan paling cocok dengan Anda, kemudian krimkan email dan belajarlah dengannya.

Sekarang mari kita bandingkan. Jika menjadi mahasiswa, maka mata kuliah dan dosennya ditentukan oleh kampus. Literatur yang harus kita baca ditentukan oleh dosen, nilaipun ditentukan oleh dosen.

Tapi, lewat proses belajar mandiri berbasis internet, Anda menentukan sendiri subjek yang akan dipelajari, Anda cari sendiri dosennya, Anda nilai sendiri kemampuan Anda untuk menguasai ilmunya. Dan yang paling penting, Anda langsung bersentuhan dengan dunia nyata.

Apabila Anda belajar ilmu negosiasi misalnya, cobalah menegosiasi seorang artis untuk dibayar murah dalam sebuah show. Apakah Anda berhasil atau tidak, langsung Anda ketahui sendiri pada saat itu. Artis yang dinego adalah preparat percobaannya. Asyik, bukan?

Anda Masih Butuh Gelar?

Bill Gates, Steve Jobs dan Larry Elison adalah orang-orang sukses yang di-drop out dari bangku kuliah. Namun, mereka tak pernah menyarankan mahasiswa adik kelasnya untuk drop out.

Nah, sekarang Anda masih takut terjebak dalam abu-abunya kehidupan? Dewasalah, di muka bumi ini segala bentuk kebaikan pasti berdampingan dengan kejahatan. Setiap kesempatan pasti didampingi dengan ancaman.

Satu yang tidak bisa dilakukan oleh internet, yaitu menentukan cita-cita Anda besok ingin jadi apa. Itu tugas Anda sendiri, tidak ada orang lain yang bisa melakukannya untuk Anda, tidak orang tua, kakak, atau tetangga, apalagi teknologi.

Sekarang carilah waktu yang tenang untuk merenungkan tujuan sejati hidup Anda. Mulai ditata hidupnya untuk sebuah perjalanan ke masa depan yang mendebarkan karena tak ada peta yang tersedia.

Segala fasilitas online sekarang sangat dimudahkan. Anda bisa menikmatinya di rumah melalui smartphone, ataupun Anda bisa mengunjungi coffee shop terdekat sembari menikmati suasana outdoor. Mulailah belajar subjek yang membuat Anda paling bersemangat. Belajar, praktekkan! Belajar, Praktekkan! Belajar, praktekkan! Terus saja begitu sampai Anda mahir di bidang tersebut.

Kalaupun terpaksa mengeluarkan uang sebanyak Rp327.000 untuk kursus online, seperti Kursus Desain Adobe Illustrator, itupun pasti lebih murah dari biaya uang kuliah. Dalam waktu empat tahun (waktu tempuh pendidikan S1), saya garansi Anda akan lebih jago ketimbang lulusan S2.

Asal Anda mau berkomitmen, konsisten dan tidak mudah menyerah, maka Anda pasti bisa mewujudkan cita-cita Anda tersebut. Asal Anda mau melakukan apapun yang diperlukan untuk sukses, maka tidak usah kuliah lebih baik. Berani?

Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Belum ada Komentar untuk "Tidak Perlu Kuliah untuk Menjadi Entrepreneur Sukses"

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan topik lebih disenangi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel