Yuk, Tentukan Resolusi Keuangan di Tahun 2020!

Yuk, Tentukan Resolusi Keuangan di Tahun 2020!

Situsekonomi.com - Sekarang ini merupakan awal tahun 2020. Apakah Anda sudah punya resolusi untuk meningkatkan performa keuangan Anda? Jika butuh inspirasi resolusi keuangan, mari bahas beberapa contoh yang bisa Anda gunakan!

Belajar Untuk Tidak Membiarkan Uang Menganggur

Uang menganggur dalam hal ini bukan tabungan di bank, tapi uang cash yang Anda tinggalkan di rumah. Uang di bank masih bisa menghasilkan bunga, tapi uang yang disimpan di lemari tidak akan berefek apapun. Persiapan cash memang penting, tapi tidak perlu terlalu banyak juga.

Jika setelah membayar beban tagihan perbulannya dan uang di rumah Anda masih jutaan, Anda tentu merugi. Uang jutaan ini bisa didepositokan, diinvestasikan ataupun ditabung di bank. Pastikan jangan biarkan uang menganggur terlalu banyak di tahun 2020 ini!

Lebih Disiplin Mengurus Tagihan

Tagihan tiap bulan sebaiknya diurus secara lebih baik di tahun 2020. Katakan tidak pada membayar tagihan. Terlambat membayar, berarti Anda mendatangkan lebih banyak beban daripada keuntungan.

Layaknya seperti denda, situasi ini hanya akan membuat keuangan Anda lebih buruk. Jadi, pastikan bayar tagihan lebih disiplin di tahun yang baru ini.

Membiasakan Membuat Catatan dan Rencana Keuangan

Jika Anda sering tidak cermat soal uang, ada baiknya di tahun 2020 Anda mencoba membuat catatan dan juga rencana keuangan. Catatan ini bisa berisi tentang pemasukan Anda bulan ini, catatan tagihan, keperluan pengeluaran yang harus dan juga sisa uang setelah pengurangan tersebut. Pencatatan ini membuat Anda lebih sadar tentang uang yang Anda miliki setiap harinya.

Catatan ini juga bisa digunakan saat Anda menargetkan untuk memiliki sesuatu, seperti keinginan untuk membeli mobil baru. Anda bisa lihat tabungan, penghasilan, biaya pengeluaran dan seberapa lama Anda harus menyisihkan uang untuk mewujudkan hal tersebut. Membuat catatan seperti ini biasanya lebih memotivasi seseorang untuk lebih sadar akan pengeluaran diri dan lebih fokus pada hal yang mereka inginkan.

Tingkatkan Motivasi Menabung

Masyarakat Indonesia pada umumnya sangat kecil kesadaran menabungnya. Sehari-hari, masyarakat lebih fokus pada pengeluaran dan investasi. Memenuhi keinginan dan melakukan investasi tentu tidak masalah, tapi menabung juga penting.

Sebagai resolusi di tahun 2020, pastikan Anda meningkatkan motivasi menabung ini. Anda bisa mulai dengan menyisihkan uang 20 ribu rupiah per minggunya. Jumlah ini mungkin terkesan kecil, tapi jika dibiasakan, Anda bisa melihat tabungan Anda bertambah lebih cepat daripada tidak ada niatan menabung sama sekali.

Buat Target Untuk Melunasi Hutang

Jika Anda masih memiliki hutang di tahun 2020 ini, buatlah resolusi untuk melunasinya di tahun ini juga. Motivasi ini akan membuat Anda lebih giat mencari cara untuk melunasi beban ini.

Memiliki hutang berkepanjangan tentu membuat hidup kita menjadi tidak tenang. Jika ingin lebih bebas secara finansial, tentu resolusi ini baik untuk tahun 2020.

Belanja dengan Lebih Cerdas

Sekarang ini Anda bisa mendapatkan banyak hal secara lebih murah. Promo-promo, kode diskon dan lain-lainnya lebih banyak tersebar di internet.

Informasi soal diskon pun bisa mudah didapat dari dunia maya ini. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan informasi yang tersedia untuk belanja dengan lebih cerdas.

Stok saat harga sedang diskon dan tidak membeli saat harga naik. Perhatikan juga situasi pasar untuk persiapan diri.

Berita soal gagal panen dan sejenisnya dapat dijadikan sebagai indikasi akan adanya kenaikan harga. Dengan demikian, Anda bisa siapkan budget ataupun stock untuk memastikan bahwa Anda masih bisa menghadapi situasi keuangan yang lebih sulit.

BACA JUGA:

Sekian bahasan kita tentang beberapa resolusi keuangan di tahun 2020 yang tentunya sangat dianjurkan untuk diterapkan. Mudah-mudahan bahasan ini bisa menginspirasi Anda sekalian. Terima kasih sudah membaca!

Belum ada Komentar untuk "Yuk, Tentukan Resolusi Keuangan di Tahun 2020!"

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan topik lebih disenangi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel