Apa Peran Sertifikasi BNSP Terhadap Karier Seseorang?

Situsekonomi.com - Setiap orang pasti memiliki keahlian di bidang yang dikuasainya. Dan kadang kala dibutuhkan sebuah sertifikat sebagai salah satu bukti atas keahlian yang dimilikinya tersebut.

Apa Peran Sertifikasi BNSP Terhadap Karier Seseorang?
Sumber: Wikipedia

Pentingnya Pengakuan Sumber Daya Manusia

Setiap manusia pastinya memiliki kemampuan di dalam dirinya. Kemampuan  inilah yang nantinya bisa dijadikan sebagai bekal ketika ingin mencari sebuah pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Alasan diperlukannya pengakuan tersebut adalah karena masing-masing dari kita memiliki kemampuan yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya.

Namun, kadang kala ketika mencari pekerjaan ada beberapa hal yang sering kali mempersulit proses tersebut, yaitu di mana ketika seseorang sebenarnya memiliki sebuah kemampuan yang mungkin bisa saja dibutuhkan oleh perusahaan tempat di mana seseorang tersebut melamar, akan tetapi dikarenakan tidak memiliki bukti atas kemampuan yang dimilikinya itu akhirnya tidak diterima bekerja di perusahaan yang bersangkutan. Hal seperti inilah yang menjadi alasan mengapa pentingnya sebuah bukti pengakuan sumber daya manusia.

Kemampuan yang dimiliki oleh orang yang satu dengan yang lainnya memang berbeda namun pada dasarnya setiap orang tersebut membutuhkan satu bukti agar ketika bukti tersebut dibutuhkan, terutama dalam hal mencari pekerjaan, bisa dijadikan sebagai referensi atau pertimbangan. Bukti tersebut bisa terdiri dari berbagai macam bentuk, misalnya saja adalah sertifikat.

Sertifikat  inilah yang nantinya akan memperkuat bukti bahwa seseorang tersebut memang benar-benar memiliki kemampuan seperti yang diutarakannya, sehingga perusahaan akan memiliki pertimbangan yang cukup kuat untuk menolak atau menerima orang tersebut ketika melihat CV saat proses lamaran kerja.

Kaitan BNSP dengan Sumber Daya Manusia (SDM)

Berbicara mengenai BNSP ini sebenarnya merupakan sebuah badan yang bertugas untuk memberikan sertifikat yang bisa menjamin kualitas SDM, khususnya masyarakat Indonesia. Hal ini juga ditujukan untuk mendukung kualitas SDM masyarakat yang mengacu pada peraturan UU mengenai ketenagakerjaan. Manfaatnya adalah tidak lain demi memaksimalkan upaya agar SDM yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia memiliki kualitas yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Secara tidak langsung, BNSP ini merupakan salah satu badan yang tugasnya adalah ikut meningkatkan aneka SDM masyarakat Indonesia, kemudian meningkatkan pula sertifikasi pada setiap bidang atau keahlian tersebut.

Baca Juga: Begini Cara yang Tepat Mengelola SDM untuk Perusahaan Kesayangan Anda

Peran BNSP dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM)

Sebenarnya, setiap manusia sudah dibekali dengan kemampuan masing-masing, sebagaimana yang telah dinyatakan di atas. Hanya saja, sering kali terdapat beberapa kendala di antaranya tidak adanya prasarana atau media yang dapat digunakan sabagai wadah untuk mengasah kemampuan tersebut serta ketidaktahuan masyarakat tentang bagaimana cara mengembangkan kemampuan yang dimilikinya tersebut. Oleh sebab itu, di sinilah BNSP berperan, di mana membantu ke dalam dua tahap yaitu:

• Mengadakan Berbagai Macam Pelatihan

Untuk  mengasah berbagai kemampuan atau sumber daya manusia yang dimiliki, maka diadakanlah berbagai jenis pelatihan yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing yang mana pelatihan tersebut tentunya memiliki basis kompetensi dan dilakukan sesuai dengan realita, seperti di lapangan kerja sesuai dengan bidang tersebut. Dengan mengikuti  berbagai jenis pelatihan yang diberikan, tentunya akan menambah pengetahuan maupun ilmu yang dimiliki, sehingga para peserta akan lebih tahu bagaimana cara mengekspor dan menyalurkan kemampuan yang dimilikinya ketika suatu saat akan terjun ke dunia kerja menggunakan kemampuan atau potensi yang dimilikinya tersebut.

• Memberikan Sertifikat kepada Peserta Pelatihan

Setelah  selesai mengikuti pelatihan yang sudah diberikan, maka tentunya pihak lembaga pelatihan akan memberikan sebuah apresiasi berupa sertifikat yang menunjukkan bahwa orang tersebut memang sudah berhasil melewati tahapan demi tahapan maupun proses untuk menunjukkan bahwa orang tersebut memang berkompeten dalam bidang yang ditekuni atau dipilihnya. Biasanya, ada beberapa lembaga pelatihan yang memiliki lisensi resmi dari BNSP, sehingga siapapun yang memperoleh sertifikat profesi dari lembaga-lembaga yang berada di bawah naungan BNSP tersebut maka sertifikat bisa diakui dan dipertanggungjawabkan.
Dengan dua tahap dan alasan di atas, tentunya sangat wajar jika BNSP bisa diandalkan bagi Anda yang ingin memiliki sertifikasi resmi atas SDM atau kemampuan yang Anda miliki sebagai bentuk pengakuan sekaligus bukti untuk memasuki dunia kerja. Sekian dulu untuk hari ini, semoga informasinya bermanfaat, ya!

Belum ada Komentar untuk "Apa Peran Sertifikasi BNSP Terhadap Karier Seseorang?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel