Cara Memahami YouTube Analytics dengan Mudah

Cara Memahami YouTube Analytics dengan Mudah

Situsekonomi.com - Kamu ingin memasarkan sebuah produk atau jasa dengan menggunakan Youtube? Bagi yang belum pernah atau ingin menggunakan YouTube sebagai media pemasarannya, mungkin terlihat sulit, terutama mengenai YouTube Analytic. Di sini, kamu harus pinter menganalisis hasil pemasaran yang telah dipublikasikan, apakah hasilnya memuaskan atau tidak. Untuk itu, mari simak ulasan kita lebih lanjut di bawah ini:

Definisi Youtube Analytics

Youtube Analytics merupakan sebuah fitur yang ada di aplikasi Youtube yang berfungsi untuk melihat perkembangan dari bisnis kamu yang diunggah di Youtube selama kurun waktu tertentu. Dari sini akan muncul grafik metrik yang menunjukkan bahwa unggahan kamu mengalami peningkatan secara drastis atau malah tidak ada pergerakan sama sekali.

Di dalam fitur ini, kamu bisa memperkirakan seberapa banyak orang yang melihat Youtube kamu. Grafik ini mulanya akan meretas stabil barulah naik menjadi beberapa sudut dan kemudian lonjakan terjadi di waktu tertentu. Kamu harus mengamati dengan teliti saat kondisi naik ini.

Ketika grafik menunjukkan gerakan yang lambat maka penonton yang melihat hanya orang-orang itu saja, tetapi jika pergerakannya cukup signifikan maka sudah banyak yang menonton tayangan yang kamu buat. Untuk menaikkan rating atau grafiknya ini kamu butuh evaluasi yang fresh dan terbaru.

Cara Memahami Youtube Analytics

Nah, sekarang saatnya kita pelajari bagaimana caranya memahami YouTube Analytic. Bagi yang belum punya channel YouTube, silahkan dibuat terlebih dahulu. Caranya begitu mudah, tinggal search di Google dengan kata kunci “Cara Membuat Channel YouTube” sudah banyak sekali yang mengulasnya. Bagi yang sudah punya channel-nya, maka amatilah step by step-nya di bawah ini:
  • Buka program Youtube, lihat pada bagian kanan dan carilah “Youtube studio (beta)”
  • Kemudian akan muncul kotak baru dengan tulisan channel dashbord, carilah sebelah kiri tulisan “analitik”
  • Muncul kotak dialog dengan sudut kanan atas yang menunjukkan kapan kamu terakhir melihat rating, apakah 7 hari, 14 hari atau 30 hari.
  • Klik bagian bawah “see more
  • Pada bagian kotak baru ini, kamu akan melihat grafik yang berwarna warni untuk identifikasi penonton sesuai dengan usia, gender, waktu dan seberapa banyak penonton yang melihat video yang kamu unggah.
  • Nah, jika kamu ingin menunjukkan ke dalam bentuk lembaran atau hasil cetak maka klik saja pada bagian kanan atas dengan simbol tanda panah ke bawah.
  • Hasilnya bisa kamu cetak di print out, ya!

Bagaimana Caranya agar Rating YouTube Naik?

Jika kamu berpikiran untuk menjadi terkenal dengan mengubah penampilan harus cantik atau cakep, itu sekarang sudah tidak berfungsi lagi. Konsep zaman now adalah yang penting unik dan menarik, itu saja!

Kamu bisa sesuaikan dengan tema yang ingin diunggah misalnya tentang kuliner, ya kamu tinggal buat bagaimana cara membuat makanan itu, tidak hanya mengunggah menu makanannya saja. Ingat ya, kualitas video kamu harus diperhatikan agar orang yang menonton semakin tertarik.

Pakai ponsel atau video recorder yang kualitasnya terbaik, bikin konsep dan alur di setiap gambar yang akan kamu ambil. Setelah itu, edit dengan memasukkan musik yang sesuai dan jadilah hasil video berkelas kendati memakai alat yang sederhana. Jangan terlalu lama dalam membuat durasi video karena 90 persen orang akan malas untuk meneruskan jika kamu hanya membuat konsep asal-asalan, kecuali kamu ingin membuat konsep film miniseri.

Jika video sudah berhasil kamu unggah, maka lihat selama 30 hari bagaimana grafiknya, jika cukup menawan maka kamu bisa pakai iklan sebagai pemanis rating. Orang yang melihat iklan di video kamu akan berpikir bahwa video yang kamu unggah ternyata mendapatkan sponsor dari produk tertentu. Untuk mendapatkan rating Youtube yang tinggi maka selalu pertahankan kualitas dan keaslian video.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memahami YouTube Analytics dengan Mudah"

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan topik lebih disenangi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel