Cara Tingkatkan Keuntungan Bisnis Saat Libur

Cara Tingkatkan Keuntungan Bisnis Saat Libur

Musim liburan biasanya merupakan waktu yang paling sibuk bagi banyak pelaku bisnis terutama pebisnis kecil. Peluang untuk memanfaatkan liburan harus dimaksimalkan dengan baik agar dapat menambah profit demi kelangsungan bisnis. Untuk itu, berikut beberapa daftar tips dan saran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keuntungan saat musim liburan tiba.

Susun Rencana ke Depan

1. Buat Perencanaan yang Matang

Membuat perencanaan sesuai dengan permintaan konsumen haruslah dilakukan dengan matang. Tujuannya adalah untuk menghindari kemungkinan atau kejadian yang tidak diinginkan, seperti faktor cuaca.

Perkirakan waktu penyusunan dan siapkan rencana yang baik untuk skenario terburuk dan terbaik yang akan terjadi. Misalnya seperti banyaknya produk yang dibutuhkan, tenggat waktu yang ditentukan, atau proses pengiriman yang dapat menghemat waktu dan biaya.

Baca Juga: Contoh Bisnis Plan Makanan untuk Referensi Anda

2. Maksimalkan Pemanfaatan Teknologi

Pelaku bisnis perlu untuk membuat salinan elektronik untuk semua selebaran, kartu nama, iklan, dan lainnya. File digital dapat dengan mudah dikirim untuk dicetak menggunakan browser web apa pun, aplikasi seluler yang didukung, atau layanan berbagi file. Juga jika materi promosi Anda dalam bentuk digital, Anda dapat memaksimalkannya dengan membagikan ke platform media sosial yang dapat membantu memperluas jangkauan produk Anda.

3. Mengikuti Acara-acara Penting

Rencanakan untuk mengikuti setiap acara bisnis kecil guna mendorong minat para pembeli untuk memilih produk Anda sebagai barang belanja atau buah tangan saat liburan. Anda dapat mengenalkan produk Anda dalam beberapa event tertentu atau bazaar, dan bisa juga Anda mempromosikannya secara langsung kepada para pelanggan setia Anda. Efek yang sangat besar akan Anda dapatkan melalui promosi dari mulut ke mulut.

Baca Juga: Pengertian Word of Mouth Marketing pada Bisnis UKM

Jadilah Orang yang Kreatif

1. Menjadi Disiplin dan Teratur

Simpan kalender kantor yang kreatif dan menarik dalam tampilan yang jelas agar karyawan dapat melihatnya. Cetak kalender kemudian lakukan laminasi dalam ukuran besar dan sertakan tanggal-tanggal penting seperti hari-hari tersibuk Anda, pesta liburan di kantor, waktu liburan yang direncanakan bersama, tanggal pengiriman utama, tenggat waktu pengiriman, dan lainnya. Anda mungkin juga dapat mempertimbangkan kalender digital yang dapat dilakukan perubahan dan pembaruan langsung ke karyawan Anda.

2. Sesuaikan Tampilan Anda

Setiap pelaku bisnis mencoba untuk memanfaatkan kerumunan saat liburan tiba sehingga Anda perlu membuat bisnis Anda lebih menonjol. Caranya adalah buat materi promosi bisnis Anda sekreatif mungkin dan berbeda dari pelaku bisnis yang lain.

Baca Juga: Kenali Psikologi Warna Neil Patel untuk Branding Terbaikmu

Fokus pada Pelanggan Anda

1. Jadilah menarik

Lakukan desain atau penyusunan etalase toko yang menarik, penuh warna dan jelas agar dapat menarik pelanggan baru selama musim liburan. Delapan dari sepuluh konsumen memasuki toko dan mereka melakukan pembelian setelah memperhatikan tanda yang menarik. Buat detail desain mengenai liburan khusus yang tebal dan berwarna cerah dengan pesan yang sederhana.

2. Selalu Ucapkan Terima Kasih

Berikan hadiah kepada pelanggan setia Anda. Gunakan media elektronik atau email pelanggan Anda untuk mengirim e-card liburan yang merupakan tanda terima kasih kepada mereka untuk kelangsungan bisnis Anda, tetapi juga menyertakan kupon atau pengumuman diskon yang akan membuat mereka kembali untuk menggunakan produk Anda.

3. Bersikap Profesional dan Personal

Tetapkan tujuan untuk menjangkau secara pribadi melalui panggilan telepon atau komunikasi melalui media sosial yang dipersonalisasi kepada pelanggan Anda untuk mendiskusikan tentang rencana dan kebutuhan mereka saat liburan atau event tertentu. Menjadi proaktif dan konsisten dalam jangkauan Anda membantu mereka mempertimbangkan bisnis Anda ketika dibutuhkan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Tingkatkan Keuntungan Bisnis Saat Libur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel