Mengenal Pengertian Rekonsiliasi Bank

Mengenal Pengertian Rekonsiliasi Bank dan Mengapa Penting untuk Dilakukan

Mendengar istilah rekonsiliasi, pastinya ada sebagian orang mungkin sudah mengetahuinya. Namun, tidak menutup kemungkinan jika masih ada pula beberapa orang yang belum memahami seluk beluk rekonsiliasi ini. Pada dasarnya, rekonsiliasi merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh pihak perusahaan dan bank agar informasi dan data mengenai transaksi bank sesuai.

Proses rekonsiliasi ini terbilang cukup penting karena di dalam suatu perusahaan pastinya terdapat catatan atau jurnal yang mencatat seluruh transaksi keuangan dalam perusahaan tersebut, termasuk mengenai keluar masuknya keuangan perusahaan juga saldo yang dimiliki. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa rekonsiliasi itu perlu.

Dengan adanya proses rekonsiliasi ini, maka akan mempermudah pihak perusahaan dan juga pihak bank agar mampu menyesuaikan data keuangan perusahaan. Dengan begitu akan lebih mudah pula untuk mengatasi sekaligus mencegah adanya kesalahan atau masalah dalam keuangan perusahaan tersebut.

Baca Juga: Lembaga Keuangan Non Bank yang Harus Anda Ketahui

Mengapa Rekonsiliasi Bisa Terjadi?

Setiap perusahaan memang harus berhati-hati saat melakukan rekonsiliasi karena proses ini akan berimbas pada kondisi keuangan perusahaan. Bagaimanapun juga, keuangan perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan setiap detailnya. Mengenai rekonsiliasi itu sendiri, sebenarnya bisa terjadi akibat beberapa faktor, yaitu:

• Kredit Bank

Biasanya, dalam sebuah tagihan kredit yang dilakukan oleh nasabah, pihak bank akan melakukan suatu tagihan tanpa sepengetahuan dari nasabah tersebut namun pada dasarnya tagihan tersebut untuk kepentingan nasabah itu sendiri.

• Beban Bank

Pihak bank biasanya mencatat beberapa biaya yang  diambil dari saldo nasabah namun tidak semua nasabah menyadarinya.

• Catatan Setoran

Pada saat nasabah melakukan setoran kepada pihak bank, biasanya akan terdapat catatan setoran pada buku yang dimiliki oleh nasabah. Hal ini bisa menjadi salah satu sumber terjadinya rekonsiliasi.

Baca Juga: Istilah Saldo Buku dalam Rekonsiliasi Bank

• Terjadinya Kesalahan

Dalam proses pencatatan setoran, ada kalanya terjadi kesalahan, baik itu akibat nasabah ataupun pihak bank. Hal inilah yang akan membuat catatan keuangan menjadi berbeda antara bank dan nasabah.

Langkah dalam Proses Rekonsiliasi

Alasan mengapa setiap perusahaan harus konsentrasi saat melakukan rekonsiliasi adalah yang pertama bahwa proses ini berkaitan dengan finansial perusahaan. Kedua, proses rekonsiliasi ini juga cukup rumit. Adapun prosedur yang umumnya dilakukan saat melakukan proses rekonsiliasi adalah:

• Melakukan Perbandingan

Untuk proses rekonsiliasi, hal pertama harus diawali dengan melakukan perbandingan antara saldo kas atau rekening yang dimiliki oleh perusahaan dan bank. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan atau tidak. Jika memang terdapat perbedaan, maka harus dicari tahu apakah yang menjadi penyebabnya.

Segala aktivitas yang dilakukan oleh nasabah biasanya akan tercatat secara otomatis oleh bank. Hal ini bisa menjadi salah satu sumber untuk mengawali proses rekonsiliasi ini.

• Menelusuri Transaksi yang Masih dalam Tahap Proses

Sangat ada kemungkinan di mana catatan transaksi antara nasabah dan bank berbeda. Hal ini karena terkadang masih ada beberapa transaksi yang meskipun sudah dicatat oleh nasabah namun belum didata oleh pihak bank, sehingga menimbulkan perbedaan data yang ada.

• Buat Lembar Kerja untuk Menghitung Selisih

Setelah semua ditelusuri, maka selanjutnya membuat sebuah lembar kerja guna menghitung selisih antara kas atau saldo yang dimiliki oleh nasabah dan bank. Penghitungan ini berdasarkan sumber-sumber yang sudah ditemukan dalam proses sebelumnya.

• Melakukan Penelusuran dan Pengecekan Berulang

Meskipun sudah dilakukan penelusuran dan penghitungan, namun tak ada salahnya untuk mengulang dua tahap tersebut. Dalam tahap ini dibutuhkan kecermatan dan kesabaran agar dapat memperoleh hasil yang diinginkan.

Itulah pembahasan kita tentang pengertian rekonsiliasi dan mengapa dianggap penting untuk dilakukan. Masalah keuangan ini memang sangat sensitif sekali, jangan sampai gara-gara hal yang (dianggap) sepele ini pada akhirnya berdampak pada defisitnya keuangan perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Pengertian Rekonsiliasi Bank"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel