Tips Mengatasi Kekhawatiran Saat Berbelanja Online

Tips Mengatasi Kekhawatiran Saat Berbelanja Online

Situsekonomi.com - Kemudahan untuk memperoleh berbagai macam barang yang diinginkan, adalah salah satu bentuk kemudahan yang akan Anda peroleh saat ini, yakni lewat jalan kecanggihan teknologi. Hanya dengan memilih gambar yang ditawarkan oleh salah satu e-commerce, maka barang akan didapat.

Namun, kemudahan seperti ini umumnya dibarengi dengan rasa was-was akan sistem penipuan ketika berbelanja online. Uang sudah dikirim dan barang tidak kunjung datang. Ini adalah salah satu kasus yang cukup umum terjadi. Sebenarnya, untuk mengatasi hal seperti ini ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Berbelanja di Toko Online Terpercaya

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum berbelanja online adalah cek dan pilih toko belanja online yang sangat terpercaya. Sebagaimana yang  diketahui saat ini, ada banyak sekali toko online yang beredar. Walaupun terlihat sama, namun sebenarnya setiap toko online mempunyai kebijakannya masing-masing.

Dalam hal ini, sebaiknya pilih toko online yang benar-benar melindungi konsumennya. Caranya adalah dengan membayar uang untuk membeli barang ke rekening toko online tersebut, bukan ke pihak penjual secara langsung. Jika barang yang dipesan sudah benar-benar diterima oleh pihak konsumen/pembeli, maka uang yang Anda bayar akan secara otomatis terkirim ke nomor rekening pihak penjual.

Baca Juga: 5 Tips Belanja Sayur Online agar Tidak Kena Rugi

Selain tentang uang, sebaiknya pilih toko online yang mempunyai sistem keamanan yang baik, terutama dalam hal bertransaksi dan data para pelanggan. Informasi tentang kerahasiaan seperti ini tentunya penting untuk melindungi data diri para pelanggan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan cara mengambil data dan yang lainnya.

2. Cek Rating yang Diperoleh Pihak Penjual

Selain mengecek dan menggunakan toko online yang terpercaya, berikutnya cek juga rating yang diperoleh oleh pihak penjual. Akan lebih baik jika Anda berbelanja dan berlangganan hanya pada pihak atau toko dengan rating dan komentar yang baik. Di samping itu, Anda juga dapat melihat aneka kolom komentar yang ada di bagian bawah produk. Toko yang terpercaya, maka komentar yang diberikan merupakan komentar yang baik.

3. Cek Produk yang Dijual di Kolom Dekripsi

Cek juga kategori produk, kualitas produk, dan komentar tentang produk yang dikirim pada kolom komentar. Pastikan kembali bahwa para pelanggan memberikan review yang baik terhadap produk yang bersangkutan.

Baca Juga: Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Inilah Konsepnya!

Artinya, produk yang akan Anda peroleh nantinya juga sesuai dengan keinginan Anda. Tidak ada salahnya jika Anda juga membandingkan komentar dan review produk dari toko yang satu dengan toko yang lainnya guna mencari produk yang terbaik.

4. Jangan Tergoda dengan Barang Murah

Umumnya, guna menarik para pelanggan untuk berbelanja di tokonya, maka pihak penjual akan menawarkan produknya dengan harga yang sangat murah. Berbelanja dengan harga murah pastinya sangat menguntungkan, bukan?

Tapi, bagaimana jika produk yang Anda peroleh kelak ternyata murahan alias tidak berkualitas? Tentu saja Anda tidak menginginkan hal tersebut, bukan? Oleh sebab itu, cek harga rata-rata, atau kisaran harga rata-rata dari produk yang dimaksud. Membeli produk dengan harga miring sebenarnya tidak masalah, tapi pastikan harganya tidak terlalu jauh berbeda.

5. Pertimbangkan Sistem Pembayaran

Hal lain yang juga perlu Anda pertimbangkan untuk mengatasi rasa khawatir ketika berbelanja online, terutama dalam sistem pembayaran dan produk yang ditawarkan, adalah memilih sistem pembayaran COD. COD atau cash on delivery, atau juga sistem bayar di tempat, akan memberikan Anda sebagai pembeli (dan penjual) sama-sama memperoleh rasa saling percaya.

Baca Juga: Contoh Kasus Pelanggaran Etika Bisnis PT Megasari Makmur

Dengan demikian, pihak penjual percaya dengan para pembeli, demikian pula pembeli. Dalam hal ini, pihak penjual akan mengirimkan barangnya terlebih dahulu yang tentunya dititipkan pada jasa pengiriman/jasa ekspedisi.

Kemudian, pihak jasa pengiriman akan mengirimkannya ke alamat Anda. Saat barang tersebut tiba, Anda pun memastikan bahwa itu sesuai dengan pesanan Anda, baru setelahnya Anda membayar harga produk tersebut kepada si pemiliknya.

Itulah tips sederhana mengatasi kekhawatiran kita sebagai pelanggan ketika berbelanja secara online. Pada saat awal sistem ini muncul, memang kita sulit untuk memberikan kepercayaan yang kita miliki, tapi dengan berjalannya waktu rasa kepercayaan itu pun muncul dan kita mulai jeli melihat toko online mana yang dapat dipercaya dan mana yang tidak.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Kekhawatiran Saat Berbelanja Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel