Tips Sukses Menjalankan Bisnis Bagi Pemula

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Bagi Pemula

Situsekonomi.com - Memulai sebuah bisnis merupakan tantangan tersendiri bagi pelakunya. Apabila bisnis yang dirintis berkembang pesat, maka ini menjadi pencapaian yang luar biasa dalam hidupnya. Sebaliknya, apabila bisnis tersebut gagal, maka ini menjadi mimpi buruk bagi pelakunya.

Bayang-bayang hitam terus menghantui di kala memulai suatu usaha. Tidak sedikit di antara kita lebih sering ditakuti akan kegagalan. Itu adalah hal yang normal karena tidak ada orang yang bercita-cita untuk gagal.

Perlu digarisbawahi bagi Anda yang masih pemula agar jangan takut untuk memulai sebuah bisnis asalkan Anda mau terus-menerus belajar. Selama Anda membangunnya dengan cara yang benar, yakinlah hasilnya dapat dituai dengan manis pula. Untuk itu, berikut ini adalah tips sukses menjalankan bisnis bagi pemula:

1. Ciptakan Nilai

Usaha yang baik adalah usaha yang bisa memberi nilai bagi konsumen. Konsumen harus bisa mendapatkan sesuatu yang melebihi jumlah uang yang dikeluarkan. Konsumen zaman sekarang semakin berorientasi pada value for money, bukan hanya harga nominal.

Misalnya, sebuah mobil seharga Rp300 juta akan lebih diburu konsumen karena kualitasnya bagus. Sebaliknya, mobil dengan harga separuhnya belum tentu diminati konsumen. Bakso yang semangkuk harganya Rp15 ribu belum tentu kalah laku dibandingkan yang harganya Rp5 ribu. Jadi, harga nominal itu relatif.

Bisnis yang masih bisa eksis dan berkembang adalah yang mampu menawarkan value for money yang terbaik bagi konsumennya. Jadi, konsep bisnis bukan semata-mata mencari laba. Melainkan creating value untuk meningkatkan kualitas hidup konsumen. Buatlah hidup konsumen Anda lebih baik dan lebih bahagia, maka uang akan menghampiri Anda.

2. Ciptakan Sistem, Jangan Tergantung pada Personal

Sindrom pengusaha pemula adalah terlalu mencintai pekerjaannya, sehingga sulit sekali baginya untuk mendelegasikan kepada orang lain. Kalaupun didelegasikan, mereka biasanya menuntut bawahannya melakukannya sebaik dirinya. Ketika tidak puas, pekerjaan itu akhirnya kembali dikerjakan sendiri.

Usaha sulit menjadi besar kalau sistem tidak diciptakan. Jadi, begitu usaha skala kecil ingin berekspansi, sudah diperlukan sistem baku supaya segalanya lebih mudah dioperasikan. Jadi, sekali lagi, ciptakanlah sistem dan jangan tergantung pada person. Biarkan sistem bekerja untuk Anda.

3. Kuasai Teknik Dasar Bisnis

Pengelolaan sebuah usaha tidak bisa dilakukan serampangan. Selagi belum mampu membayar CEO (Chief Executive Officer), kita sendirilah yang berperan sebagai CEO. Artinya, kita harus menguasai teknik dasar pengelolaan usaha.

Sebuah bisnis dibangun dengan empat pilar, yaitu produksi, pemasaran, keuangan, dan SDM. Pelajarilah dasar-dasar manajemen pada empat bidang tersebut. Lantas terapkanlah apa yang Anda pelajari, baik dengan baca buku atau berdiskusi dengan mereka yang lebih berpengalaman ke dalam praktik usaha sehari-hari.

4. Upgrade Terus Ilmu Bisnis Anda

Dunia usaha itu sangat dinamis. Teori-teori dan tekniknya juga berkembang sangat pesat. Pada tahun 80-an, para pengusaha berlomba-lomba membuat perusahaannya besar. Jumlah karyawan terus ditambah, karena makin banyak jumlah karyawan maka makin besar skala usaha.

Tapi sekarang, para pengusaha menyukai skala organisasi yang kecil, efisien, ramping, dan responsif. Terlalu banyak jumlah karyawan justru akan menjadi beban. Pergeseran cara pandang seperti ini memaksa pengusaha untuk terus mengikuti perkembangan tren dunia usaha, sekaligus mengasah ilmunya terus-menerus.

Belajarlah terus agar ilmu bisnis Anda terus berkembang. Pertajam terus pedang Anda sampai bisa memangkas segala jenis rintangan. Sebab kalau kita berhenti belajar, kompetitior akan dengan mudah menggilas kita.

5. Pahami Dasar-dasar Ilmu Psikologi

Dunia bisnis penuh dengan kepentingan individu. Tidak ada yang namanya perusahaan atau instansi. Semua itu adalah konsep semu. Perusahaan, instansi, pasar, karyawan, dan lain-lain. Semuanya adalah manusia. Mereka punya perasaan, emosi, dan kepentingan.

Oleh karena itu, sangat penting menguasai ilmu psikologi. Sebab, dengan penguasaan ilmu psikologi kita jadi tahu persis bagaimana memperlakukan karyawan, menjaga hubungan baik dengan relasi, memelihara hubungan dengan bank, lembaga pemerintah, dan juga konsumen.

BACA JUGA:

Demikianlah ulasan kita hari ini tentang tips sukses menjalankan bisnis bagi pemula. Kelima hal tersebut harus selalu Anda perhatikan agar usaha yang Anda bangun bisa bertahan lama. Betapa banyak perusahaan-perusahaan besar jatuh tersungkur dan Anda harus mengambil pelajaran dari itu semua dengan cara terus evaluasi diri dari tahun ke tahun.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sukses Menjalankan Bisnis Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel