Yuk, Kenali Apa Saja Manfaat dari Efek Compounding dalam Investasi!

Yuk, Kenali Apa Saja Manfaat dari Efek Compounding dalam Investasi!

Situsekonomi.com - Anda yang sudah sejak lama melakukan investasi terhadap salah satu produk, atau jenis investasi tertentu, pasti akan mengetahui manfaatnya dengan baik. Lain hal jika Anda baru pertama kali melakukan investasi, baik dalam bentuk apapun, pastinya akan mempertimbangkan masak-masak tentang compounding dan keuntungan yang nanti akan diperoleh. Yang perlu diketahui di sini adalah efek compounding pada sebuah investasi merupakan hal penting, dan pastinya akan sangat bermanfaat, terutama jika investasi tersebut akan dilakukan dalam jangka panjang.

Pengertian Efek Compounding

Jika diartikan secara sederhana, maka efek compounding sendiri adalah sebuah kemampuan pada aset untuk dapat menghasilkan keuntungan di kemudian hari pada yang diinvestasikan agar mampu menghasilkan keuntungan lagi. Atau dengan kata lain, ketika seseorang melakukan compounding maka efek pendapatan atau keuntungan yang akan diperoleh lebih besar dari sebelumnya.

Orang menyebut teknik ini dengan istilah ‘bunga berbunga’ atau juga ‘bunga bergulung’. Teknik compounding ini tentunya akan dihasilkan pada jenis investasi yang sama. Apabila diperhatikan secara rinci, maka efek compounding adalah:
  • Bunga dari hasil compounding akan didapat ketika uang yang dihasilkan dari keuntungan investasi sebelumnya kemudian diinvestasikan kembali untuk memperoleh hasil yang lebih.
  • Efek compounding ini bisa menjadi salah satu cara termudah guna memenuhi tujuan keuangan yang lebih baik lagi.
  • Apabila Anda melakukan teknik compounding ini sedini mungkin, maka kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak akan semakin besar.

Umumnya, orang beranggapan bahwa investasi harus menggunakan uang yang besar. Sebaliknya, melakukan investasi dapat dilakukan mulai dari hal terkecil. Dengan teknik compounding ini, maka Anda dapat memperoleh keuntungan berlipat di kemudian hari.

Manfaat Efek Compounding terhadap Investasi

Banyak juga orang yang beranggapan bahwa investasi hanya dapat dilakukan ketika orang tersebut sudah mapan. Tentunya anggapan tersebut salah, justru investasi ini dilakukan untuk menuju kemapanan.

Seperti yang dijelaskan di atas, Anda dapat melakukan investasi sejak dini dengan menggunakan biaya atau modal yang terbatas. Namun, pastikan dana atau modal tersebut termasuk uang dingin dan tidak Anda gunakan atau butuhkan sama sekali.

Investasikan dana Anda pada jenis investasi yang tepat. Bunga atau hasil keuntungan yang diperoleh kelak sebaiknya jangan diambil, melainkan kembali diinvestasikan dan ditambah dengan uang Anda lainnya yang total jumlahnya nanti sama dengan jumlah uang investasi yang disetorkan di awal.

Pada waktu berikutnya, Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih dari bulan sebelumnya. Hal seperti ini dapat dilakukan secara terus-menerus sampai dirasa hasil atau keuntungan yang diperoleh cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Simulasi Manfaat dari Efek Compounding pada Investasi

Misalnya saja Anda akan menginvestasikan dana sebesar Rp300.000. Setiap bulannya Anda akan memperoleh bunga atau keuntungan dari dana investasi awal sebesar 19 persen, ditambah jenis investasi yang akan dilakukan adalah jenis investasi per lima tahunan.

Dalam hal ini, Anda akan secara terus-menerus setiap bulannya mengeluarkan modal yang besarnya sama dengan modal awal. Maka, dalam kurun waktu lima tahun, rumus perhitungannya adalah ‘total uang yang sudah diinvestasikan setiap bulannya selama lima tahun’ ditambah dengan ‘bunga yang didapat’ maka hasilnya adalah future value, atau total nilai hasil compounding.

Jadi, dengan modal total Rp300.000/bulannya, yang kemudian diakumulasikan atau di-compounding-kan selama lima tahun, maka totalnya menjadi Rp18.300.000, sedangkan bunga 19 persen dari total modal yang ada kisarannya sekitar Rp12.621.681. Jadi, total future value (sudah termasuk efek compounding yang dilakukan) adalah sebesar Rp30.921.861 pada tahun kelima.

Dilihat dari ulasan di atas, jelas sudah bahwa efek compounding dalam sebuah investasi ini memang sangat menguntungkan, dan Anda sebagai konsumen akan memperoleh manfaat yang cukup banyak. Sekian dulu untuk hari ini, terimakasih sudah mengunjungi blog yang sederhana ini!

Belum ada Komentar untuk "Yuk, Kenali Apa Saja Manfaat dari Efek Compounding dalam Investasi!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel