Akuntansi sebagai Suatu Sistem Informasi

Akuntansi sebagai Suatu Sistem Informasi

Situsekonomi.com - Sebagai suatu sistem informasi, akuntansi diperlukan oleh berbagai pihak, baik dari kalangan internal maupun dari luar organisasi yang menyelenggarakan akuntansi tersebut. Secara garis besar pihak-pihak tersebut; 1) Manajer; 2) Investor; 3) Kreditor; 4) Instansi pemerintah; 5) Organisasi nirlaba; dan 6) Pemakai lainnya (Al. Haryono Jusup, 2005).

1. Manajer

Manajer perusahaan menggunakan akuntansi untuk menyusun perencanaan perusahaannya, mengevaluasi kemajuan yang dicapai dalam usaha mencapai tujuan, dan melakukan tindakan-tindakan koreksi yang diperlukan. Keputusan yang diambil oleh manajer berdasarkan informasi akuntansi, misalnya: menentukan peralatan apa yang sebaiknya dibeli, berapa persediaan yang harus ada di gudang, dan berapa kas yang harus dipinjam dari bank.

2. Investor

Para investor melakukan penanaman modal dalam perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapannya. Oleh karena itu, sebelum melakukan penanaman modal, mereka mengevaluasi pendapat yang diperkirakan akan dapat diperoleh dari investasinya.

Ini berarti para investor harus melakukan analisis atas laporan keuangan perusahaan yang akan dipilih sebagai tempat penanaman modalnya. Setelah menjadi investor, mereka melakukan monitoring terhadap perusahaan dengan menganalisis laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan atau melalui berita-berita keuangan dalam berbagai surat kabar dan majalah. Sumber berita keuangan dalam surat kabar dan majalah ini adalah laporan-laporan akuntansi.

3. Kreditor

Kreditor hanya bersedia memberikan kredit kepada calon penerima kredit yang dipandang mampu mengembalikan bunga dan mengembalikan kredit tepat pada waktunya. Oleh karena itu, calon kreditor harus menilai kemampuan keuangan calon pengambil kredit.

Untuk itu, kreditor selalu meminta laporan keuangan calon nasabah untuk dinilai. Setelah itu, kreditor masih meminta laporan keuangan para pengambil kredit, untuk menilai apakah kredit telah digunakan sesuai dengan tujuan yang telah disepakati.

4. Instansi Pemerintah

Badan-badan pemerintah tertentu, seperti badan pelayanan pajak atau badan pengembangan pasar modal (Bapepam), membutuhkan informasi keuangan dari perusahaan-perusahaan wajib pajak atau perusahaan yang menjual sahamnya melalui pasar modal. Informasi akuntansi merupakan sumber utama bagi badan pemerintah untuk dapat menetapkan pajak perusahaan atau mengawasi perusahaan.

5. Organisasi Nirlaba

Organisasi-organisasi yang tidak bertujuan mencari laba, seperti organisasi keagamaan, yayasan atau lembaga pendidikan, juga membutuhkan informasi akuntansi seperti halnya organisasi yang bertujuan mencari laba. Walaupun organisasi semacam ini tidak mencari laba, namun mereka tetap berurusan dengan soal-soal keuangan karena mereka harus mempunyai anggaran, membayar tenaga kerja, membayar listrik dan sewa, serta urusan-urusan keuangan lainnya. Semua hal tersebut bersangkutan dengan akuntansi.

6. Pemakai Lainnya

Informasi akuntansi diperlukan juga oleh berbagai pihak lain untuk kepentingan-kepentingan tertentu, misalnya oleh organisasi buruh. Para buruh membutuhkan informasi tentang laba perusahaan dan kadang-kadang juga informasi keuangan lainnya.

Informasi semacam ini penting bagi para buruh dalam rangka mengajukan kenaikan gaji atau tunjangan-tunjangan lain dari perusahaan tempat mereka bekerja. Di negara-negara yang sudah maju, informasi akuntansi juga sering dijadikan dasar oleh kelompok masyarakat tertentu untuk melakukan tindakan-tindakan sesuai dengan kepentingan mereka.

BACA JUGA:

Penutup

Itulah pembahasan kita tentang akuntansi sebagai suatu sistem informasi. Poin-poin di atas sangat penting untuk diterapkan oleh masing-masing individu guna menuju keuangan yang lebih baik. Sebagaimana yang telah kita uraikan bahwasanya ilmu akuntansi itu dibutuhkan oleh berbagai kalangan, apakah seseorang tersebut merupakan manajer, investor, bahkan seorang buruh sekalipun.

Memang, tidak semua orang ahli di bidang ini layaknya lulusan perguruan tinggi akuntansi, namun paling tidak kita bisa mengusai dasar-dasanya. Bagi Anda yang ingin mendalami dasar-dasar akuntansi, Anda dapat membeli bukunya ataupun mengikuti pelatihannya.

Belum ada Komentar untuk "Akuntansi sebagai Suatu Sistem Informasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel