Franchise: Pengertian dan Jenis-jenisnya

Franchise: Pengertian dan Jenis-jenisnya

Bagi Anda yang ingin berbisnis tapi tidak memiliki kemampuan marketing yang baik, salah satu cara berbisnis paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan berbisnis melalui franchise. Bisnis melalui franchise bisa lebih menguntungkan karena bisnis ini dilakukan dengan membeli brand orang lain untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Artinya, ketika seseorang memiliki bisnis yang sudah sangat populer, Anda bisa membeli lisensi untuk menggunakan merek tersebut dan menjual jasa maupun barang dengan menggunakan nama dari brand populer tersebut.

Hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam hal pemasaran karena Anda tidak perlu memasarkan produk Anda dari nol lagi. Jenis dari franchise juga sangat bermacam-macam. Berikut ini adalah beberapa jenis franchise serta pengertiannya.

Franchise Pekerjaan

Jenis franchise pertama yang akan kami perkenalkan adalah franchise pekerjaan. Franchise pekerjaan merupakan sebuah franchise yang digunakan untuk menawarkan pekerjaan dengan menggunakan brand yang sama.

Baca Juga: Masih Bingung antara Buka Usaha Sendiri atau Bisnis Franchise?

Franchise pekerjaan ini merupakan franchise yang berbeda dengan franchise lainnya. Franchise ini bisa disebut sebagai franchise yang paling murah karena biasanya tidak membutuhkan perlengkapan. Beberapa contoh dari franchise pekerjaan ini adalah franchise les privat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bisnis Franchise Produk

Jenis bisnis franchise selanjutnya yang akan kami jelaskan adalah bisnis franchise produk. Bisnis franchise produk merupakan salah satu jenis bisnis yang paling banyak dilakukan di Indonesia. Bisnis franchise produk ini juga disebut dengan distribution franchise business.

Artinya, dalam bisnis ini Anda akan melakukan pemasaran produk dari brand yang sudah terkenal. Biasanya, bisnis franchise produk ini akan membuat Anda mengeluarkan lebih banyak uang karena banyak perlengkapan yang digunakan.

Ketika Anda membeli bisnis franchise produk ini, Anda akan mendapatkan perlengkapan langsung dari pusat bisnis franchise yang akan Anda gunakan. Bukan hanya perlengkapannya saja, biasanya bisnis franchise produk juga akan menyuplai kebutuhan bahan-bahan dalam bisnis Anda.

Hal inilah yang menyebabkan bisnis franchise produk juga disebut sebagai bisnis franchise terdistribusi. Alasannya karena Anda tidak hanya menggunakan namanya tapi juga menggunakan produk buatan dari perusahaan tersebut untuk dipasarkan.

Baca Juga: 5 Jenis Usaha Franchise Minuman Murah yang Bisa Dijadikan Referensi

Franchise Format Bisnis

Satu lagi jenis bisnis franchise yang akan kami perkenalkan adalah franchise untuk format bisnis. Jenis franchise ini merupakan jenis yang cukup menarik dan banyak mendapatkan perhatian, karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Biasanya, franchise ini akan menggunakan trademark dari perusahaan utama yang dimilikinya.

Bagi Anda yang belum bisa membayangkan jenis bisnis franchise ini, Anda mungkin bisa menelaah pengertian bisnis ini. Salah satu contoh dari franchise format bisnis adalah hotel, restoran dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bisnis Franchise Konversi

Di samping itu juga masih terdapat jenis franchise yang lainnya, yaitu bisnis franchise konversi yang merupakan bisnis franchise yang sangat populer belakangan ini di seluruh dunia. Franchise ini nantinya akan mengkonversi bisnis-bisnis kecil yang independen ke dalam bisnis franchise untuk perusahaan pusat.

Baca Juga: Franchise Kuliner dan Properti: 5 Rekomendasi Bisnis untuk Para Pensiunan

Oleh sebab itu, bisnis ini menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Bisnis franchise tersebut juga merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan, baik bagi perusahaan pusat maupun bagi perusahaan independen kecil, karena keduanya bisa saling berkembang.

Demikianlah ulasan singkat kami mengenai pengertian dan beragam jenis bisnis franchise. Semoga informasi ini dapat membantu mengembangkan wawasan Anda seputar bisnis franchise.

Belum ada Komentar untuk "Franchise: Pengertian dan Jenis-jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel