Fungsi dan Peranan Manajemen Keuangan

Fungsi dan Peranan Manajemen Keuangan

Situsekonomi.com - Pada awal abad ke-20, pemikiran keuangan tertumpu pada lingkungan hukum di mana suatu perusahaan beroperasi. Topik-topik yang paling banyak menarik perhatian adalah merger, pembentukan perusahaan baru, perbankan investasi, peraturan pemerintah, serta proses pengumpulan dana melalui pasar modal.

Lingkungan manajemen keuangan adalah suatu ruang lingkup kegiatan perusahaan dalam mengelola keuangan secara optimal dengan sumber daya keuangan yang terbatas tapi dapat didayagunakan secara efektif dan efisien dalam mencapai keuntungan yang optimal sesuai dengan tujuan perusahaan. Menurut pandangan pakar keuangan (Sunyoto, 2013), fungsi manajemen keuangan meliputi:
  • Perencanaan keuangan, membuat rencana pemasukan dan pengeluaran serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu;
  • Penganggaran keuangan, tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan;
  • Pengelolaan keuangan, menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara;
  • Pencarian keuangan, mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan;
  • Penyimpanan keuangan, mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana tersebut;
  • Pengendalian keuangan, melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada perusahaan;
  • Pemeriksaan keuangan, melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan;
  • Pelaporan keuangan, penyediaan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan sekaligus sebagai bahan evaluasi.

Bila dikaitkan dengan tujuan ini, maka fungsi manajer keuangan meliputi hal-hal sebagai berikut:
  • Melakukan pengawasan atas biaya;
  • Menetapkan kebijaksanaan harga;
  • Meramalkan laba yang akan datang;
  • Mengukur atau menjajaki biaya modal kerja.

Di sisi lain menurut MP. Tampubolong (2005), dalam melaksanakan fungsi manajemen keuangan, terdapat tujuan korporasi antara lain sebagai berikut:
  • Untuk mencapai kesejahteraan pemegang saham secara maksimum;
  • Mencapai keuntungan maksimum dalam jangka panjang;
  • Mencapai hasil manajerial yang maksimum;
  • Mencapai pertanggungjawaban sosial, dalam pengertian peningkatan kesejahteraan dari karyawan korporasi.

Peningkatan kesejahteraan yang maksimum dari pemegang saham adalah meningkatkan nilai korporasi yang dicerminkan dalam peningkatan pembayaran dividen dan peningkatan harga saham korporasi di bursa. Di samping itu, peningkatan kesejahteraan karyawan juga harus dilakukan di dalam usaha mencapai tujuan-tujuan korporasi tersebut sehingga tercapai apa yang dimaksud dengan full on commitment atau komitmen sepenuhnya antara karyawan dengan korporasi.

Fungsi manejemen keuangan merupakan proses perencanaan anggaran yang dimulai dari peramalan sumber pendanaan (source fund), pengorganisasian kegiatan penggunaan dana secara efektif dan efisien, serta mengantisipasi semua risiko. Peranan manajer keuangan akan sangat menonjol antara lain pencarian sumber dana, seperti dana jangka pendek, dana jangka panjang dan dari modal sendiri.

Dana jangka pendek antara lain pinjaman dari bank jangka pendek, seperti cerukan atau overdraft, anjak piutang atau factoring dan kredit dari supplier atau supplier's credit. Sumber dana jangka panjang berupa pinjaman bank, obligasi (bonds), leasing debetures, dan warrants. Modal sendiri dapat berupa modal yang disetor oleh para pemilik saham, laba ditahan atau tambahan modal melalui penjualan saham di pasar modal.

Selanjutnya, dana-dana dari sumber dana jangka pendek itu dialokasikan untuk investasi jangka pendek dalam bentuk kas, piutang, sekuritas, dan persediaan. Sedangkan dana jangka panjang diinvestasikan dalam bentuk harta tetap atau fixed assets, seperti tanah, bangunan, mesin-mesin, peralatan pabrik dan alat-alat angkutan. Selain itu, dana jangka panjang dapat diinvestasikan dalam bentuk royalti, hak paten, dan goodwill atau yang disebut dengan harta tidak berwujud (intangible assets).

BACA JUGA:
Penutup

Dengan demikian, manajer keuangan dalam mencari dana dan mengalokasikan dana tersebut ke dalam investasi yang dilakukan tujuannya adalah untuk meningkatkan nilai korporasi dan memaksimumkan keuntungan dalam jangka panjang serta meningkatkan kesejahteraan karyawan korporasi. Demikianlah pembahasan kita mengenai fungsi dan peranan manajemen keuangan, semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi dan Peranan Manajemen Keuangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel