Lakukan Hal Ini agar Surat Lamaran Kerja Anda Dilirik Perusahaan!

Lakukan Hal Ini agar Surat Lamaran Kerja Anda Dilirik Perusahaan!

Situsekonomi.com - Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, sangat penting bagi Anda untuk mulai belajar membuat surat lamaran yang baik. Surat lamaran yang baik akan membantu Anda untuk terlihat lebih mencolok sehingga membuat pihak perusahaan lebih mudah mengenali potensi Anda. Bagaimana caranya untuk membuat surat lamaran kerja yang baik tersebut? Berikut ini adalah ulasannya:

Buat Surat Lamaran Anda dengan Detail

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika akan membuat surat lamaran kerja yang berkualitas adalah membuat penjelasan dengan detail. Hal itu berupa surat yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai kualitas yang Anda miliki di atas kertas agar perusahaan ingin menggunakan jasa Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin perusahaan yang Anda tuju lebih memperhatikan surat lamaran yang dimiliki, pastikan untuk membuat surat lamaran Anda dengan penjelasan yang detail.

Salah satu contoh surat lamaran yang buruk adalah ketika Anda memberikan informasi mengenai sifat Anda, contohnya ketika Anda menuliskan bahwa Anda adalah orang yang rajin, bertanggung jawab, berorientasi pada problem solving dan lain-lainnya. Daripada menyebutkan sifat-sifat tersebut, sebaiknya Anda menuliskan sifat tersebut ke dalam sebuah penjelasan yang lebih nyata sehingga surat lamaran Anda terlihat lebih menarik.

Ketahui Inti Surat Lamaran yang Akan Anda Buat

Ketika akan membuat sebuah surat lamaran, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui inti dari surat lamaran yang akan Anda buat tersebut. Dalam membuat sebuah surat lamaran, jangan hanya membuat surat lamaran dengan isi yang sesuai dengan format pembuatan surat lamaran pada umumnya.

Mengetahui format sebuah surat lamaran memang sangat penting untuk membuat surat lamaran lebih terorganisir. Akan tetapi, ketika Anda akan membuat sebuah surat lamaran yang lebih menarik, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui inti dari surat lamaran ini. Sebuah surat lamaran yang baik, seharusnya memiliki beberapa ciri seperti berikut ini:
  • Menjelaskan mengapa pengalaman kandidat sesuai dengan requirement yang dibutuhkan dalam pekerjaan
  • Menjelaskan mengapa kemampuan dan skill yang dimiliki oleh kandidat sesuai dengan kebutuhan dari pekerjaan
  • Mengapa kandidat memiliki keinginan untuk bekerja di perusahaan tersebut

Tiga hal di atas merupakan poin-poin yang harus ada dalam surat lamaran. Akan tetapi, Anda perlu menjelaskan dengan lebih baik dan lebih sempurna mengenai tiga hal tersebut agar perusahaan dapat melihat potensi Anda yang sesungguhnya.

Buat Format Cerita

Membuat sebuah cerita merupakan salah satu cara yang terbaik yang bisa digunakan untuk mendemonstrasikan kemampuan dan skill yang Anda miliki selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Ketika Anda ingin membuat sebuah cerita, pastikan Anda memperhatikan requirement yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Hal ini nantinya yang digunakan sebagai kerangka karangan dan digunakan untuk mendemonstrasikan skill atau kemampuan yang sesuai dengan deskripsi job yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Hal yang Harus Dihindari ketika Membuat Surat Lamaran

Selain mengetahui hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika membuat surat lamaran, pastikan Anda juga mengetahui hal-hal yang harus dihindari ketika membuat surat lamaran ini. Beberapa hal yang perlu dihindari ketika membuat surat lamaran antara lain adalah:
  • Penggunaan ekspresi ucapan terima kasih yang berlebihan
  • Memasukkan informasi yang tidak relevan

Kedua hal di atas adalah hal yang perlu dihindari ketika Anda akan membuat surat lamaran. Hal ini disebabkan karena surat lamaran yang terlihat berlebihan dan menggali informasi yang tidak relevan akan terlihat klise dan kurang disukai.

BACA JUGA:

Penutup

Itulah pembahasan kita mengenai hal-hal yang harus dilakukan agar surat lamaran kerja Anda dilirik oleh perusahaan yang bersangkutan. Semoga informasi ini membantu Anda yang sedang merasa kesulitan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Belum ada Komentar untuk "Lakukan Hal Ini agar Surat Lamaran Kerja Anda Dilirik Perusahaan!"

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan topik lebih disenangi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel