Pengertian dan Tujuan Manajemen Produksi

Pengertian dan Tujuan Manajemen Produksi

Situsekonomi.com - Produksi adalah penciptaan barang-barang dan jasa-jasa. Sedangkan manajemen produksi adalah kegiatan yang bertalian dengan penciptaan barang-barang dan jasa-jasa melalui pengubahan masukan atau faktor produksi menjadi keluaran atau hasil produksi, kegiatan yang mana memerlukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengoordinasian dan pengawasan agar tujuan-tujuan dapat dicapai secara efisien dan efektif (Sunyoto, 233: 2016).

Adapun tujuan produksi adalah produktivitas. Sementara tujuan manajemen produksi adalah pencapaian produktivitas dengan efisien dan efektif (Sukanto Reksohadiprodjo, 1995). Di mana tujuan produksi tersebut antara lain:
  • Memperbanyak jumlah barang dan jasa;
  • Menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas tinggi;
  • Memenuhi kebutuhan sesuai dengan peradaban;
  • Mengganti barang-barang yang rusak atau habis;
  • Memenuhi pasar dalam negeri untuk perusahaan dan rumah tangga;
  • Memenuhi pasar internasional;
  • Meningkatkan kemakmuran.

Dalam pengertian produksi yang lain adalah menciptakan manfaat dan bukan menciptakan materi. Maksudnya adalah manusia mengolah materi itu untuk mencukupi berbagai kebutuhannya, sehingga materi itu mempunyai kemanfaatan.

Apa yang bisa dilakukan manusia dalam memproduksi tidak sampai pada mengubah substansi benda. Yang dapat dilakukan oleh manusia berkisar pada misalnya mengambilnya dari tempat yang asli dan mengeluarkan atau mengeksploitasi (ekstraktif).

Memindahkannya dari tempat yang tidak membutuhkan ke tempat yang membutuhkannya, atau menjaganya dengan cara menyimpan agar bisa dimanfaatkan di masa yang akan datang atau mengolahnya dengan memasukkan bahan-bahan tertentu, menutupi kebutuhan tertentu, atau mengubahnya dari satu bentuk menjadi bentuk yang lainnya dengan melakukan sterilisasi, pemintalan, pengukiran, atau penggalian, dan sebagainya. Atau mencampurnya dengan cara tertentu agar menjadi sesuatu yang baru.

BACA JUGA:

Kesimpulan

Seperti yang diketahui, manajemen produksi merupakan kegiatan untuk mencapai produktivitas. Kegiatan ini terdiri atas strategi, kebijaksanaan dan taktik yang tercakup dalam rencana-rencana. Rencana-rencana, pelaksanaan serta pengendaliannya perlu diwadahi dalam suatu struktur organisasi dengan staf yang terampil yang memiliki tujuan bersama serta sistem yang menyeluruh dengan gaya kerja tertentu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel