Perbedaan Purchase Order dan Invoice

Perbedaan Purchase Order dan Invoice

Situsekonomi.com - Dalam dunia bisnis, ada banyak sekali istilah yang mungkin Anda belum ketahui sebelumnya. Beberapa istilah yang unik ini antara lain adalah istilah mengenai purchase order dan juga invoice. Bagi Anda yang ingin mengetahui perbedaan antara keduanya, berikut ini adalah ulasan mengenai kedua istilah tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Purchase Order?

Hal pertama yang akan kami bahas mengenai purchase order adalah tentang arti yang dimilikinya. Purchase order dalam bahasa Indonesia disebut sebagai pesanan pembelian. Sesuai dengan namanya, yang dimaksud dengan purchase order ini adalah sebuah dokumen yang digunakan untuk melakukan pembelian. Dokumen ini merupakan dokumen resmi yang dikirimkan dari pembeli ke penjual untuk mendapatkan barang yang diinginkannya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dokumen ini merupakan dokumen yang resmi. Oleh karena itu, dokumen ini merupakan dokumen legal yang harus disimpan sebagai salah satu bukti penting bagi kedua perusahaan.

Apa yang Dimaksud dengan Invoice?

Jika purchase order adalah dokumen resmi yang digunakan untuk pemesanan produk, invoice merupakan kebalikan dari dokumen tersebut. Invoice tetap merupakan sebuah dokumen resmi yang menghubungkan antara perusahaan pembeli dan perusahaan penjual. Jika dokumen purchase order adalah dokumen yang dikirimkan oleh pembeli ke penjual, dokumen invoice adalah dokumen yang dikirimkan dari penjual ke pembeli.

Dokumen invoice merupakan dokumen yang resmi dan menjadi salah satu bukti utama penagihan biaya pembelian. Jika dokumen invoice ini tidak ada, perusahaan penjual tidak bisa melakukan penagihan pembelian yang telah dilakukan oleh perusahaan konsumennya. Oleh karena itu, dokumen invoice ini juga merupakan dokumen yang sangat penting dan tidak boleh hilang.

Mengapa Dokumen Purchase Order Sangat Penting?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dokumen purchase order merupakan dokumen yang sangat penting karena digunakan sebagai bukti resmi pemesanan barang. Selain itu, dokumen purchase order ini juga merupakan dokumen yang penting karena dapat membantu perusahaan dalam:
  • Melakukan pemesanan barang dengan jelas.
  • Mengelola pemesanan barang
  • Mengatur anggaran belanja perusahaan

Pentingnya Dokumen Invoice untuk Sebuah Perusahaan

Bagi perusahaan konsumen, dokumen purchase order merupakan dokumen yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena dokumen ini dapat membantu perusahaan konsumen dengan banyak cara. Sedangkan bagi perusahaan produsen atau distributor, dokumen invoice merupakan dokumen yang paling penting. Hal ini disebabkan karena selain berlaku sebagai bukti bayar, dokumen invoice ini juga dapat membantu perusahaan produsen atau distributor dalam beberapa cara berikut ini:
  • Menjadi alat bayar utama
  • Mengatur pengeluaran perusahaan
  • Sebagai bukti tanda pemasukan perusahaan
  • Sebagai salah satu cara untuk mengelola perusahaan dengan baik dan meneliti keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

Persamaan antara Dokumen Invoice dan Purchase Order

Satu-satunya persamaan yang dimiliki oleh dokumen invoice dan dokumen purchase order adalah mengenai kepentingannya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dokumen purchase order dan dokumen invoice merupakan dokumen yang resmi dan digunakan sesuai dengan maksud dan tujuannya. Tidak hanya digunakan sebagai transaksi tapi juga digunakan sebagai alat untuk kontrol dan juga arsip penting untuk kemajuan perusahaan.

BACA JUGA:

Demikianlah informasi mengenai persamaan dan perbedaan antara dokumen invoice dan purchase order. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat membantu Anda untuk mengenal kedua istilah dalam dunia bisnis ini dengan lebih mudah sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan ketika menggunakannya dalam hal penerapan maupun ketika mempelajari teorinya.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Purchase Order dan Invoice"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel