Syarat-syarat Menjadi Auditor

Syarat-syarat Menjadi Auditor

Auditor merupakan salah satu pekerjaan yang cukup banyak diminati. Hal ini disebabkan karena pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang menghasilkan penghasilan yang cukup banyak.

Mengapa pekerjaan sebagai auditor bisa menghasilkan penghasilan yang besar? Karena seorang jasa audit merupakan jasa yang dipercaya untuk melihat kondisi dari sebuah perusahaan secara lebih detail, apakah perusahaan tersebut benar-benar untung, atau perusahaan tersebut memiliki banyak celah untuk korupsi.

Sayangnya, untuk menjadi seorang auditor bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Anda perlu mengetahui beberapa syarat yang diperlukan untuk menjadi seorang auditor. Lantas, apa saja syarat yang diperlukan untuk menjadi seorang auditor? Berikut ini adalah ulasannya:

Pengenalan Standar Audit

Seorang tenaga auditor merupakan tenaga yang seharusnya memiliki pengetahuan mengenai cara melakukan audit. Oleh karena itu, seorang tenaga auditor harusnya memiliki bekal berupa standar serta peraturan yang ada dalam kegiatan audit.

Baca Juga: Perkembangan Profesi Akuntansi

Untuk mengetahui ilmu jenis standar serta pengaturan dalam melakukan kegiatan audit, seorang tenaga auditor tentunya harus belajar terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui, ada banyak bidang yang memerlukan tenaga audit di dalam sebuah perusahaan. Masing-masing bidang ini memiliki standar dan juga pengaturan sendiri-sendiri.

Oleh sebab itu, seorang tenaga audit harus membekali dirinya dengan latihan yang berbeda-beda ketika akan terjun ke dalam sebuah bidang tertentu. Untuk mendapatkan ilmu mengenai cara audit pada masing-masing bidang, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seorang tenaga audit harus melakukan pelatihan terlebih dahulu.

Sertifikat Tenaga Auditor

Pelatihan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh seluruh tenaga audit. Tenaga audit sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tenaga audit internal dan juga tenaga audit eksternal. Hal yang membedakan antara keduanya terletak pada posisinya dalam sebuah perusahaan.

Baca Juga: Fungsi dan Peranan Manajemen Keuangan

Tenaga audit internal adalah tenaga audit yang dimiliki oleh perusahaan dan digaji berdasarkan nilai yang telah ditetapkan oleh perusahaan untuk pegawainya. Sedangkan tenaga audit eksternal, merupakan tenaga audit yang disewa oleh perusahaan untuk melakukan audit sebagai tenaga independen. Berbeda dengan auditor internal, jasa auditor eksternal ini menerima bayaran dari perusahaan berdasarkan nilai kontrak yang disepakati antara kedua belah pihak.

Selain mengenai perusahaan, tenaga audit eksternal juga dibedakan berdasarkan sertifikatnya. Seorang tenaga audit eksternal sudah seharusnya memiliki sertifikat yang membuktikan bahwa dirinya adalah tenaga yang bisa dipercaya. Adapun sertifikat yang dibutuhkan tersebut ialah sertifakat tenaga audit yang sudah terdaftar dalam IRCA.

Mengetahui Standar Kualitas

Hal terakhir yang diperlukan untuk menjadi seorang auditor agar menjadi tenaga yang kompeten adalah pengetahuan mengenai standar kualitas. Sebuah perusahaan bekerja untuk mencapai goal-nya. Untuk mencapai goal ini maka diperlukan pekerja yang berkualitas.


Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi seorang jasa auditor yang mumpuni dan dipercaya, salah satu hal yang wajib Anda miliki adalah pengetahuan mengenai standar kualitas. Hal ini nantinya akan digunakan untuk mencapai goal dari sebuah perusahaan bersangkutan.

Nah, demikian beberapa syarat yang diperlukan untuk menjadi seorang jasa auditor yang dapat dipercaya oleh perusahaan. Untuk Anda yang tertarik, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti pelatihan. Setelah itu, Anda akan diarahkan dengan lebih baik sehingga bisa menjadi seorang jasa auditor yang profesional dan berkualitas.

Belum ada Komentar untuk "Syarat-syarat Menjadi Auditor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel