Jack of All Trades atau Master of One? Ini Kelebihannya

Jack of All Trades atau Master of One? Ini Kelebihannya

Istilah jack of all trades dan master of one sering ditujukan bagi seseorang yang memiliki keahlian di bidang tertentu. Jack of all trades biasanya ditujukan bagi seseorang yang memiliki keahlian di beberapa bidang, tapi tingkat keahliannya tak sampai di level expert melainkan hanya sampai di level medium. Dengan kata lain, istilah ini bisa juga disebut sebagai orang yang serba bisa tapi hanya sampai tahap jack belum sampai pada tahap queen atau king.

Sementara master of one ditujukan pada seseorang yang sangat ahli di bidangnya, namun hanya menguasai satu bidang saja. Master of one lazimnya memiliki wawasan mendalam mengenai bidang yang dikuasainya hingga mencapai tahap expert.

Kelebihan Jack of All Trades

Banyak yang mengatakan bahwa menjadi jack of all trades adalah sesuatu yang buruk karena tidak memiliki keahlian spesifik dalam suatu bidang. Nah, apakah seorang jack of all trades bisa menemukan panggilan hidupnya? Tentu saja, apabila seorang jack of all trades bisa memanfaatkan beberapa kelebihannya berikut ini:

1. Mudah Beradaptasi

Menjadi orang yang serba bisa membuat Anda mudah beradaptasi bila ditempatkan di divisi manapun sesuai keahlian yang dikuasai. Tak sedikit pula para jack of all trades dipercaya oleh perusahaan, baik di lapangan maupun di belakang meja. Anda mungkin saja bukan seorang expert tapi Anda mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tak mudah stress ketika menghadapi tugas yang lebih sulit.

2. Lebih Kreatif

Karena dinilai belum mencapai tahap ahli, terkadang jack of all trades dianggap sebagai master of none atau tak memiliki keahlian mendalam di salah satu bidang. Hal tersebut tak sepenuhnya benar, sebab ada kecenderungan bahwa orang yang menjadi jack of all trades justru mampu melihat suatu hal dari perspektif yang berbeda dan mampu menciptakan sesuatu yang unik.

Hal itulah yang membuatnya mudah memecahkan suatu masalah atau lebih kreatif, contohnya seperti Steve Jobs. Steve Jobs bukanlah seorang yang ahli dalam bahasa pemrograman dan desain. Namun, ia ahli dalam menganalisis pasar dan mampu mengombinasikan berbagai pengetahuan menjadi suatu produk yang unik dan berkelas.

3. Cocok Menjadi Pemimpin

Seorang pemimpin seharusnya memiliki pengetahuan bisnis yang luas, baik dari segi non-teknis maupun teknis. Dengan begitu, dia bisa menganalisis dan mengambil keputusan berdasarkan keahliannya di berbagai bidang. Nah, jack of all trades dinilai mampu menjadi pemimpin karena bisa memprediksi, berinovasi dan berkembang lebih cepat daripada seorang master of one.

Kelebihan Master of One

Lalu, bagaimana dengan master of one? Ahli dalam satu bidang ternyata menawarkan beberapa kelebihan yang tidak kalah dari jack of all trades. Namun, perlu diketahui bahwa di Indonesia sendiri masih sedikit yang termasuk ke dalam kategori master of one.

Hal itu dikarenakan pendidikan di Indonesia mengajarkan siswanya untuk mengetahui banyak hal dalam satu waktu. Meskipun begitu, menjadi seorang master of one bukanlah sesuatu yang buruk karena dengan menguasai satu bidang seseorang tersebut juga bisa mempelajari dasar dari berbagai bidang yang lainnya. Berikut ini adalah kelebihan dari master of one:

1. Lebih Produktif

Seorang master of one dinilai lebih produktif karena mereka bekerja lebih efisien dan efektif dalam memanfaatkan jam kerja. Selain itu, hasil kerjanya juga sangat memuaskan karena mereka lebih fokus apabila dibandingkan dengan jack of all trades.

2. Berpeluang Menjadi orang Penting di Perusahaan

Menjadi ahli di satu bidang membuka peluang Anda untuk menjadi bagian penting dari perusahaan. Contohnya, seorang yang paling ahli di bidang IT tentu menjadi orang yang paling dicari ketika terjadi kerusakan hardware atau terjadi masalah dengan sistem operasi komputer perusahaan.

3. Bisa Mengurusi Hal Lainnya

Meski hanya ahli di satu bidang, bukan berarti Anda tak bisa mempelajari keahlian di bidang lainnya. Master of one memiliki potensi untuk menguasai keahlian dan pengetahuan yang berkaitan dengan bidangnya. Sebagai contoh, apabila Anda ahli di bidang digital marketing, maka Anda juga harus memiliki pengetahuan berbagai program analisis.

Penutup

Demikianlah ulasan kita mengenai istilah jack of all trades dan master of one yang selama ini sering diperdebatkan oleh kalangan milenial terkait mana yang lebih baik antara keduanya. Nah, di manakah posisi Anda sekarang, apakah tergolong jack of all trades atau master of one?

Belum ada Komentar untuk "Jack of All Trades atau Master of One? Ini Kelebihannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel