Kerja Keras Saja Tidak Cukup! Begini Caranya Meningkatkan Karier Anda

Kerja Keras Saja Tidak Cukup! Begini Caranya Meningkatkan Karier Anda

Situsekonomi.com - Karier yang kurang memuaskan menjadi salah satu alasan untuk meningkatkan karier ke level berikutnya. Kerja keras saja ternyata tak cukup. Anda perlu menerapkan langkah-langkah berikut ini supaya karier bisa meroket cepat.

Buat Rencana Karier Jangka Panjang

Salah satu penyebab karier terasa berhenti di tempat adalah tak adanya rencana jangka panjang. Demi memudahkan perjalanan karier Anda, buatlah rencana karier jangka panjang yang mencakup poin-poin apa saja yang ingin dilihat dan diraih sepanjang karier Anda. Apa titik tertinggi yang ingin dicapai, tulislah dengan jelas termasuk cara mencapai tujuan tersebut.

Memperbarui Resume

Walaupun Anda bekerja mengikuti kontrak jangka panjang, tak ada salahnya memperbarui resume Anda. Tulis pekerjaan yang Anda sukai termasuk pencapaian Anda selama bekerja. Bila memungkinkan berkonsultasilah pada profesional ketika memperbarui resume sehingga semua potensi Anda bisa tercermin di dalam resume tersebut.

Izinkan Atasan Mengetahui Anda Adalah Aset Perusahaan

Promosi karier bisa diberikan apabila perusahaan mengetahui potensi Anda sebagai karyawan. Biarkan pihak manajemen mengetahui apa saja kontribusi Anda pada perusahaan. Bicarakan tujuan karier Anda sehingga manajemen mengetahui pencapaian Anda selama ini. Berikan contoh bagaimana pencapaian tersebut mampu memberikan dampak positif pada perusahaan.

Tingkatkan Kompetensi

Sertifikat profesional bisa memberikan dampak luar biasa pada karier Anda. Dokumen tersebut menjadi bukti bahwa Anda lebih baik daripada karyawan yang lain sekaligus menunjukkan komitmen Anda pada perusahaan. Sebagian perusahaan juga menggaji karyawan dengan sertifikat profesional lebih tinggi daripada karyawan lainnya karena dianggap memiliki keahlian khusus.

Ikuti Kursus Peningkatan Karier

Kursus karier dari pelatih karier profesional bisa meningkatkan kesempatan Anda untuk meraih tujuan pencapaian karier yang diinginkan. Pelatih profesional akan memberikan tips sukses baik untuk karier maupun kehidupan pribadi Anda. Mereka akan membantu menganalisis apa saja yang menjadi penghalang karier Anda dan bagaimana mengatasinya.

Selain pelatihan dari profesional trainer, Anda juga perlu meningkatkan kemampuan dengan melanjutkan pendidikan atau mencoba kursus online dengan materi terbaru dan sesuai perkembangan zaman. Memiliki skill yang dibutuhkan sesuai dengan gaya hidup modern akan membantu perusahaan dalam melayani konsumen. Dengan begitu, peran dan keberadaan Anda di perusahaan pun akan selalu dinilai penting.

Baca Juga: Keterbatasan Biaya? Begini Cara Memilih Tempat Kursus Murah dan Berkualitas

Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Salah satu penyebab karier seorang karyawan jalan di tempat adalah kurangnya komunikasi dan apresiasi. Anda bisa menghindari hal ini dengan mengikuti kursus komunikasi. Berlatih untuk mengungkapkan pendapat Anda mengenai suatu pekerjaan atau berkomunikasi secara efektif nantinya akan membantu mengembangkan hubungan yang lebih baik antar sesama karyawan maupun dengan atasan.

Mempelajari Bahasa Baru

Cara lainnya untuk meningkatkan karier yakni dengan mempelajari bahasa asing. Baik untuk kebaikan diri sendiri atau untuk pekerjaan, mempelajari bahasa asing bisa membuka kesempatan karier yang lebih luas. Keuntungan lainnya dari mempelajari bahasa baru adalah Anda mendapatkan wawasan baru mengenai budaya negara lain. Yang perlu diingat, mempelajari bahasa asing memang membutuhkan kesabaran dan kerja keras, tapi bukan berarti tak mungkin.

Ambil Kursus Menulis

Meski pekerjaan Anda bukan di bidang jurnalisme, tak ada salahnya mengambil kursus menulis. Kursus ini bukan hanya sekedar meningkatkan kemampuan menulis essay, tapi juga bisa membantu Anda ketika harus membuat presentasi, email klien maupun laporan bulanan. Anda akan lebih mudah mencurahkan informasi yang akurat dan lebih profesional ke dalam laporan tersebut. Kalau Anda menulis email secara profesional, tentu klien juga akan menganggap Anda profesional dan lebih serius.

Ada banyak cara lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan karier dan pribadi Anda. Mempelajari hal baru tidak hanya dapat meningkatkan skill, tapi juga rasa percaya diri yang nantinya tercermin di pekerjaan Anda.

Belum ada Komentar untuk "Kerja Keras Saja Tidak Cukup! Begini Caranya Meningkatkan Karier Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel