Masih Bingung antara Buka Usaha Sendiri atau Bisnis Franchise?

Masih Bingung antara Buka Usaha Sendiri atau Bisnis Franchise?

Manakah yang lebih menguntungkan antara buka usaha sendiri atau bisnis franchise? Kita yang mempunyai modal dan ingin mencoba peruntungan baru terkadang bingung dengan keputusan, apakah akan memulai bisnis sendiri dengan ide kita sendiri atau menggunakan modal yang ada untuk membeli bisnis franchise.

Keduanya tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Apa saja kelebihan dari membeli bisnis franchise atau waralaba dibandingkan dengan memulai bisnis sendiri? Anda bisa mengetahuinya di bawah ini:

Keuntungan Bisnis Waralaba

Kita bisa membandingkan antara membuka usaha sendiri dengan bisnis franchise sebelum akhirnya memutuskan yang manakah yang harus kita jalankan. Keuntungan yang akan didapatkan ketika membeli bisnis waralaba di antaranya:

• Merek Dagang Sudah Ada dan Diakui

Ketika Anda membeli waralaba, Anda tidak perlu lagi harus membuat merek dagang sendiri dan mengurus semua yang berkaitan dengan merek dagang yang legal. Anda yang membeli waralaba tentu bisa menggunakan merek dagang yang ada dan tentunya lebih menghemat waktu dan uang.

Hal kedua yang Anda perlu tahu adalah popularitas dari produk waralaba. Anda juga tidak perlu membangun popularitas karena produk yang Anda jual akan secara otomatis sudah mempunyai penggemarnya sendiri.

Training dan Peralatan

Anda juga tidak perlu khawatir ketika menjalankan bisnis franchise karena pemula dalam bisnis waralaba biasanya akan mendapatkan training dari Franchisor. Ini penting karena Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang bisnis waralaba yang hendak Anda jalankan.

Jika Anda memulai usaha bisnis sendiri tentu Anda harus memulai dari nol dan mencoba semuanya sendiri. Ketika memulai bisnis dari nol, kita seringkali merasa buta karena tidak ada orang yang mengarahkan langkah kita selanjutnya.

Dengan membeli bisnis waralaba, Anda biasanya juga akan dibekali dengan berbagai peralatan sesuai dengan kualitas dari bisnis tersebut. Anda yang berjualan makanan juga bisa mendapatkan peralatan untuk memasak, resep dari makanan tersebut dan lain sebagainya.

Baca Juga: Contoh Bisnis Plan Makanan untuk Referensi Anda

Anda bisa membayangkan ketika memulai bisnis sendiri dari nol tentu Anda harus meracik resep sendiri dengan standar yang terkadang masih kurang. Hal ini akan membuat Anda membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk berkembang dan berhasil dalam bisnis Anda ini.

Kelebihan dari Bisnis Sendiri

Lalu, bagaimana dengan bisnis yang Anda rintis sendiri? Apakah ada kelebihan yang Anda dapatkan ketika Anda memilih membangun bisnis Anda sendiri?
  • Anda bisa mengembangkan ide dan kreativitas Anda sendiri tanpa ada batasan dari Franchisor seperti ketika Anda membeli bisnis waralaba.
  • Anda bisa mendapatkan hasil yang tentunya lebih besar karena Anda tidak perlu membayar royalti yang mahal. Bisnis yang sudah dikenal dan mempunyai popularitas yang tinggi tentu akan membuat Anda merogoh uang yang tidak sedikit. Ini tentu akan mengurangi keuntungan Anda ketika berbisnis.
  • Hal lainnya yang juga merupakan keuntungan dari membangun bisnis sendiri adalah tidak adanya batasan kepemilikan. Lain halnya dengan bisnis waralaba yang membuat Anda terbatas dalam beberapa hal dan diatur dengan perjanjian sebelum Anda membeli bisnis waralaba tersebut. Jika Anda tidak membayar royalti maka kepemilikan Anda juga akan hangus.


Dengan mengetahui beberapa keuntungan dari berbisnis waralaba dan bisnis sendiri, maka Anda bisa dengan mudah memutuskan bisnis mana yang hendak Anda pilih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel