Ruang Lingkup Kerja Sama

Ruang Lingkup Kerja Sama

Situsekonomi.com - Pasal ruang lingkup menggambarkan keseluruhan proses kerja sama hubungan hukum itu dengan mengajukan isu-isu penting yang utama, mulai dari titik awal pelaksanaan, proses, pengakhiran, dan isu-isu lain yang relevan. Gambaran isu-isu penting itu secara lengkap dan ringkas di satu pasal ini, tahap demi tahap, dan lupakan dulu detail-detailnya. Anda perlu membangun pilar-pilar konstruksinya terlebih dahulu sebelum mendesain interiornya (Sukandar, 106: 2017).

Pasal mengenai ruang lingkup kerja sama meringkas tema-tema klausul apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam kontrak. Daftar tema utama klausul itu merupakan poin-poin penting dari hubungan kerja sama yang akan dibangun oleh para pihak, sebisa mungkin disusun secara kronologis.

Daftar itu disusun sedemikian rupa, sehingga merekonstruksi gambaran umum kerja samanya secara bulat. Meski pasal ini berusaha memberikan deskripsi yang menyeluruh, tetapi klausul-kalusul itu masih bersifat umum.

Perinciannya lebih lanjut akan menjadi tugas dari pasal-pasal selanjutnya. Pasal ruang lingkup ini berisi poin-poin penting yang disusun secara tematik berdasarkan isu tertentu dalam hubungan kerja samanya. Tentu klausul tersebut umumnya berkisar pada:
  • Hubungan kerja sama secara umum (eksklusif atau noneksklusif).
  • Ketentuan umum tentang spesifikasi barang atau jasanya.
  • Syarat umum pelaksanaan pekerjaan jasa.
  • Cara melakukan serah terima barang atau hasil pekerjaan jasa.
  • Garansi barang atau masa pemeliharaan hasil pekerjaan jasa.
  • Cara pembayaran harga barang atau biaya jasa (secara tunai atau bertahap).
  • Ketentuan-ketentuan lainnya (hak kekayaan intelektual (HKI), uang jaminan (security deposit), keanggotaan asosiasi atau perhimpunan, dan lain-lain)

Dalam kontrak pekerjaan jasa pembuatan website, daftar klausul itu hanya menentukan poin-poin penting hubungan kerja sama jasanya. Pasal ini meringkas hampir keseluruhan hubungan kerja sama, sehingga dengan ruang yang terbatas itu dapat menjawab dengan ringkas beberapa pertanyaan penting sekaligus mengenai spesifikasi pekerjaan, pelaksanaan pekerjaan, serah terima hasil pekerjaan, masa pemeliharaan, pembayaran biaya jasa, dan ketentuan-ketentuan lain yang relevan seperti kepemilikan hak cipta.

Sewaktu menulis kontrak, tutup mata Anda dan bayangkan Anda sedang terlibat langsung dalam pelaksanaan kontrak. Masukkan isu-isu penting yang muncul dalam bayangan Anda ke dalam pasal ini, lalu aturlah hingga membangun sebuah cerita yang secara kronologis merekonstruksi hubungan kerja sama yang Anda inginkan. Mungkin Anda akan terkejut dengan hasilnya, sebab dengan ruang yang terbatas itu Anda telah berhasil membuat sebuah cerita pendek tentang bagaimana kerja sama itu harus dilaksanakan secara lengkap.

Namun, pada bagian ini Anda perlu bersabar karena memiliki ruang menulis yang terbatas. Menuliskan pasal ruang lingkup hampir sama dengan membuat sketsa atau gambar kasar tanpa warna-warna detail yang mencolok.

Dalam sketsa kontrak, ruang lingkup itu menghimpun daftar klausul yang perincian detailnya akan menjadi tugas dari pasal-pasal selanjutnya. Pasal mengenai ruang lingkup ini dapat digambarkan sebagai berikut.

Pasal 4
Ruang Lingkup
  1. Pelaksanaan pekerjaan jasa oleh pihak kedua selain wajib dilaksanakan berdasarkan arahan-arahan dari pihak pertama.
  2. Spesifikasi pekerjaan jasa meliputi pembuatan website yang telah terkoneksi dengan jaringan internet, dengan tema website berupa perdagangan secara elektronik (e-commerce) atas produk pihak pertama beserta promosinya dengan nama domain dan hosting provider yang akan ditentukan oleh pihak pertama.
  3. Pihak kedua wajib untuk memberikan progress report kepada pihak pertama dan pihak pertama berhak untuk memberikan arahan-arahan teknis kepada pihak kedua.
  4. Penyerahan hasil pekerjaan jasa dilakukan oleh pihak kedua dengan didahului oleh presentasi dan uji coba hasil pekerjaan jasa.
  5. Selama masa pemeliharaan pihak kedua wajib untuk memastikan agar hasil pekerjaan jasa dapat bekerja seusai dengan spesifikasi teknis dan melakukan perbaikan atas kerusakan-kerusakan yang timbul pada hasil pekerjaan jasa tersebut.
  6. Pembayaran biaya jasa oleh pihak pertama kepada pihak kedua dilakukan secara bertahap melalui transfer bank.
  7. Para pihak sepakat bahwa hak cipta yang melekat pada hasil pekerjaan jasa merupakan hak milik dari pihak pertama.

BACA JUGA:
Apa yang dimaksud dengan pekerjaan jasa pembuatan website (spesifikasi jasa)? Bagaimana format progress report disusun dan bagaimana pihak pertama memberikan arahan-arahannya? Bagaimana tahapan pembayaran biaya jasa harus dilakukan? Bagaimana pula masa pemeliharaan dilaksanakan? Pasal ruang lingkup cukup menerangkan ketentuan umumnya dan berilah kesempatan pada pasal-pasal lain di bawahnya untuk mengatur ketentuan umum itu secara lebih rinci.

Belum ada Komentar untuk "Ruang Lingkup Kerja Sama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel