6 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan bagi Pengantin Baru

6 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan bagi Pengantin Baru

Situsekonomi.com - Keuangan bisa jadi salah satu permasalahan yang rumit untuk diatur dalam memulai kehidupan sebagai pengantin baru. Hal itu karena saat berkencan dulu, para pasangan pengantin baru tersebut tidak terlalu memikirkan tentang kondisi keuangan sehingga merasa terkejut ketika sudah memulai kehidupan pernikahan. Berikut adalah beberapa dari kesalahan dalam mengatur keuangan bagi pengantin baru:

Kesalahan-Kesalahan Pengantin Baru dalam Mengatur Keuangan

1. Tidak Punya Rencana Keuangan Jangka Panjang
Kesalahan pertama yang cukup sering dilakukan oleh pasangan pengantin baru dalam mengatur keuangan adalah tidak memiliki rencana keuangan yang panjang. Padahal, perencanaan keuangan jangka panjang itu penting sekali untuk mereka. Misalnya kepemilikan rumah, perencanaan dana pensiun, sampai warisan untuk anak-anak nantinya harus dipikirkan secara matang dan lama.

Perencanaan keuangan jangka panjang itu dilakukan supaya kehidupan pernikahan lebih terarah ke jalur yang sebenarnya. Lalu juga akan lebih mudah untuk bersikap serta mengambil keputusan dan tindakan.

2. Menghindari Pembicaraan tentang Uang
Kesalahan dalam mengatur keuangan bagi pengantin baru yang kedua adalah menghindari pembicaraan yang berhubungan tentang uang. Padahal, seperti yang diketahui ada banyak topik keuangan yang harus dibicarakan dengan serius oleh pengantin baru, contohnya hutang, tagihan, dana pensiun, tabungan dan lain-lainnya.

Selain itu, dengan membicarakan keuangan bersama pasangan akan lebih membantu dalam memprioritaskan kebutuhan apa yang paling penting untuk pengantin baru. Sebaiknya, Anda dan pasangan Anda menjadwalkan pembicaraan tentang keuangan ini secara teratur, misal setiap dua minggu atau satu bulan. Lalu, buatlah suasana pembicaraan tentang keuangan ini menjadi sesuatu yang lebih seru agar tidak stress.

3. Berbohong ke Pasangan
Tentang hal apapun apalagi keuangan usahakanlah untuk tidak berbohong dengan pasangan. Jika Anda membeli suatu barang yang bukan termasuk kebutuhan maka jujurlah pada pasangan. Itu karena jika Anda membiasakan berbohong tentang hal tersebut dapat membuat masalah dalam hubungan yang terkait keuangan. Usahakan sebelum membeli suatu barang atau apapun diskusikan dahulu dengan pasangan agar tidak timbul permasalahan.

4. Tidak Mau dalam Mengatur Anggaran
Kunci keberhasilan dari finansial adalah anggaran. Besar ataupun kecil penghasilan yang didapat jika tidak punya rencana anggaran akan sulit dalam mencapai kebebasan finansial. Hal itu juga akan terjadi di kehidupan pernikahan. Lalu, jika Anda menolak untuk membuat anggaran sangat besar kemungkinan keuangan rumah tangga Anda bersama pasangan menjadi kacau balau.

5. Berhutang untuk Bulan Madu
Kesalahan lain dalam mengatur keuangan bagi pasangan pengantin baru adalah menggunakan hutang untuk berbulan madu. Padahal, hal itu bisa menyebabkan masalah ketika memulai kehidupan berumah tangga, di mana Anda dan pasangan harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membayar hutang dibandingkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari berdua.

Maka dari itu, untuk Anda yang ingin menikah, jangan berhutang seperti menggunakan kartu kredit atau meminjam uang ke bank hanya untuk bersenang-senang bulan madu ke kota atau negara lain. Jika Anda menginginkan bulan madu bersama pasangan, maka bayarlah tunai semua hal yang berhubungan dengan itu agar tidak timbul masalah keuangan di kemudian hari. Anda bisa mulai menabung dari lama sebelum menikah untuk dapat digunakan bulan madu.

6. Mengabaikan Hutang
Kesalahan selanjutnya dalam mengatur keuangan untuk pasangan pengantin baru adalah mengabaikan hutang. Padahal, waktu yang terbaik untuk melunasi hutang adalah ketika masih menjadi pengantin baru, di mana belum banyak kebutuhan yang membutuhkan pengeluaran tambahan seperti memenuhi kebutuhan anak.

Saat masih menjadi pengantin baru, mungkin Anda dan pasangan memiliki pemasukan tidak terpakai. Nah, pemasukan tersebut dapat digunakan untuk melunasi hutang yang ada. Setelah semua hutang terlunaskan, Anda dapat mulai menabung untuk masa depan.

BACA JUGA:

Itulah beberapa kesalahan dalam mengatur keuangan bagi pengantin baru yang cukup sering terjadi. Untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda dan pasangan sebagai pengantin baru berdiskusi serius tentang perencanaan keuangan yang matang.

Belum ada Komentar untuk "6 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan bagi Pengantin Baru"

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan topik lebih disenangi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel