Apa sih Manfaat dari Work-Life Balance Itu?

Apa Sih Manfaat Dari Work-Life Balance Itu?

Situsekonomi.com - Work-life balance adalah suatu kondisi ketika seorang pekerja dapat mengatur waktu yang baik antara pekerjaannya dengan kebutuhan pribadi, kehidupan berkeluarga, hingga rekreasi. Nah, tahukah Anda bahwa terdapat banyak sekali manfaat work-life balance ini, asalkan tahu bagaimana cara mengaturnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan selengkapnya:

Kerja Akan Lebih Produktif

Pada dasarnya, tubuh manusia didesain oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala dengan sempurna, dan pastinya Anda perlu memperhatikan bagaimana cara kerjanya. Nah, 24 jam waktu Anda dibagi antara delapan jam untuk bekerja, delapan jam untuk beraktivitas non-kerja, hingga delapan jam sisanya untuk tidur.

Sebaiknya usahakan Anda bisa mengikuti pola tersebut. Hindarilah untuk bekerja secara ekstra atau memaksakan lembur karena ketika Anda semakin lama bekerja, maka konsentrasi akan semakin menurun. Kerja sampai lembur tentunya tidak akan produktif karena keesokan harinya Anda masih harus bekerja.

Minum kopi atau menenggak minuman berenergi supaya kerja tetap produktif merupakan hal yang salah untuk dilakukan. Bahkan, cara ini dapat merusak tubuh dan efek yang ditimbulkan hanya sementara saja.

Supaya Anda lebih produktif dan bisa menyelesaikan waktu bekerja tepat waktu, maka mulailah membuat catatan yang berisi prioritas pekerjaan. Ketika ada pekerjaan yang terbilang sulit dilakukan, maka Anda dapat mengerjakan pekerjaan yang lebih mudah dulu. Dengan demikian, Anda akan lebih produktif karena energi yang digunakan sudah sesuai dengan porsinya.

Lebih Bahagia dan Dapat Mencegah Stres

Tahukah Anda bahwa ketika Anda bekerja sesuai dengan ritme yang benar, maka Anda akan lebih mudah untuk mencapai hasil yang diinginkan, bahkan Anda akan lebih bahagia. Memang, setiap orang diciptakan untuk mendapatkan suatu pencapaian.

Nah, kepuasan batin yang Anda rasakan ketika mencapai serta menghasilkan sesuatu yang baik akan membawa efek penyembuhan yang juga baik untuk tubuh Anda. Selain lebih bahagia, work-life balance pun bermanfaat dalam mencegah stres.

Memang bukan rahasia umum lagi bahwa beban kerja yang overload dapat memicu terjadinya stres para pekerja. Tidak hanya itu, si pegawai pun akan memutuskan untuk mengakhiri pekerjaannya, bahkan hidupnya.

Bisa terlihat bahwa kasus seperti itu banyak terjadi di Asia, salah satunya adalah negara Jepang yang sebagian besar masyarakatnya memang workaholic yang memiliki motivasi berbeda-beda. Saat Anda bisa mengatur waktu untuk bekerja dan bersantai, maka stres bisa dicegah karena pada dasarnya segala sesuatu harus dilakukan secara seimbang.

Akan Membuat Anda Lebih Kreatif

Apakah Anda pernah merasa lelah, atau tidak memiliki waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan teman, tidak sempat melakukan rekreasi, atau Anda sedang mengalami masalah? Nah, jika sudah seperti ini apakah Anda dapat menjadi lebih kreatif dan rileks? Pastinya tidak, bukan? Malahan Anda akan susah berpikir atau merasa akan mengalami kebuntuan otak. Tentunya orang yang kreatif akan terbebas dari berbagai hambatan dalam pikirannya.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk Anda menjaga keseimbangan kerja dengan kehidupan lainnya. Dengan melakukan hal ini, maka Anda akan mendapatkan manfaat work-life balance yang sebenarnya.

BACA JUGA:

Pada dasarnya, kreativitas akan datang saat diri Anda merasa bahagia karena bisa melakukan sesuatu yang disenangi. Hal ini akan berbeda ketika waktu Anda lebih banyak dihabiskan bekerja daripada menikmati hidup, pastinya tidak hanya fisik saja yang akan terpengaruh, namun juga otak yang merupakan sumber kreativitas menjadi tumpul.

Belum ada Komentar untuk "Apa sih Manfaat dari Work-Life Balance Itu?"

Posting Komentar

Komentar yang sesuai dengan topik lebih disenangi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel