Apakah Bisa Menata Karier dan Mengejar Pendidikan Dilakukan Bersamaan?

Apakah Bisa Menata Karier dan Mengejar Pendidikan Dilakukan Bersamaan?

Situsekonomi.com - Karier dan pendidikan, mana yang lebih penting, apakah menata karier terlebih dahulu atau belajar terlebih dahulu? Karier yang mapan biasanya didapat dengan menempuh pendidikan terlebih dahulu. Namun, bagi sebagian orang yang memang secara finansial dituntut untuk bekerja, tentu tidak memungkinkan jika hanya memprioritaskan kuliahnya.

Bagaimana dengan biaya pendidikan selama kuliahnya, dan bagaimana dengan biaya kehidupan sehari-harinya? Pada beberapa kondisi, kita akan dihadapkan pada pertanyaan apakah mungkin mengejar pendidikan dan bekerja secara bersamaan? Jawabannya adalah mungkin.

Beberapa pribadi yang sukses menempuh pendidikan sambil bekerja sekaligus menerapkan beberapa tips praktis berikut ini. Bagi Anda yang saat ini sedang memikirkan bagaimana caranya agar dua kegiatan ini berlangsung berbarengan dengan hasil yang maksimal, berikut langkah yang bisa ditempuh:

1. Manajemen Waktu

Pertama adalah manajemen waktu yang bagus. Manajemen waktu yang bagus sangat diperlukan apalagi jika Anda melakukan dua kegiatan keras dan penting sekaligus, yaitu kuliah dan bekerja. Baik kuliah maupun bekerja, dua-duanya membutuhkan energi dan waktu yang sama banyak. Maka, di sini yang kita perlukan adalah disiplin untuk membagi waktu dan tenaga dengan baik.


2. Pilih Jurusan yang Mendukung Pekerjaan atau Passion

Sebelum memutuskan untuk mengambil perkuliahan, ada baiknya jika Anda memutuskan terlebih dahulu apa jurusan yang akan Anda ambil. Apakah nantinya Anda ingin bekerja sesuai dengan pekerjaan yang Anda lakukan saat ini, atau sebaliknya Anda ingin bekerja sesuai dengan passion yang Anda miliki saat ini dan nantinya Anda akan beralih dari pekerjaan yang ada sekarang ke pekerjaan yang lain. Tentukan pilihan pekerjaannya terlebih dahulu untuk memutuskan apa jurusan yang akan Anda ambil.

3. Menjaga Semangat dan Menutrisi Tubuh dengan Makanan yang Bergizi

Melakukan dua pekerjaan berat sekaligus dan sama-sama butuh pemikiran yang matang, maka menjaga semangat dan menutrisi tubuh dengan makanan yang sehat dan bergizi sangatlah penting. Cobalah untuk senantiasa mengonsumsi makanan bernutrisi setiap harinya sehingga tubuh tetap sehat dan kuat dan mampu menjalankan kedua rutinitas tersebut dengan seimbang dan dengan hasil yang memuaskan.


4. Kuliah Sepulang Kerja, atau Ambil Kelas Weekend

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih kelas kuliah yang tepat. Anda bisa memilih pekerjaan part time atau full time sesuai dengan kadar kemampuan fisik dan pikiran. Jika Anda memilih menjadi freelancer, tidak ada salahnya jika Anda memilih kelas kuliah sepulang atau setelah bekerja. Namun jika pekerjaan Anda adalah full time, ada baiknya jika Anda mengambil kelas weekend yang biasanya diadakan sabtu minggu.

5. Pilih Lokasi Perkuliahan untuk Pekerja

Memilih tempat kuliah yang tepat untuk pekerja sangatlah penting. Anda bisa lakukan survey terlebih dahulu di mana lokasi perkuliahan untuk pekerja. Ini akan sangat membantu mengingat pihak dosen sedikit banyak akan memahami dan menyesuaikan antara jumlah mata kuliah yang diberikan dengan keluangan waktu Anda. Tentu saja jenis kampus reguler dan kampus khusus kelas mahasiswa berbeda dari segi kebijakan proses pembelajarannya.

Kuliah dan pendidikan adalah dua hal yang sama pentingnya. Kuliah bertujuan untuk meng-upgrade ilmu pengetahuan sedangkan bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan finansial. Banyak yang mengira jika dua hal ini tidak bisa dikerjakan berbarengan dalam satu waktu sehingga perlu bergantian, namun faktanya dengan kelima tips di atas Anda akan mampu melalui keduanya dengan sempurna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel