Cara Mengembangkan Jaringan Bisnis Meski Bekerja dari Rumah

Cara Mengembangkan Jaringan Bisnis Meski Bekerja dari Rumah

Selama pandemi covid-19, kita melakukan hal-hal yang tidak biasa, seperti misalnya mengembangkan jaringan bisnis dari rumah. Terlebih lagi sebagian besar pekerjaan bisnis begitu bergantung pada hubungan profesional, tidak hanya dengan kolega saja, namun juga orang-orang yang ada di industri lain. Nah, untuk itu, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperluas jaringan bisnis walaupun hanya di rumah saja.

Jalin Kontak secara Online

Rosina Racioppi, yang merupakan CEO dari penyedia program pengembangan profesional untuk Women Unlimited, mengatakan bahwa berbagai pertemuan yang dilakukan melalui online akan menjadi katalisator jejaring online. Hal ini pun sekaligus dapat digunakan untuk mengusir rasa kebosanan serta menjalin koneksi walaupun hanya bisa bekerja dari rumah.

Nah, ketika Anda berjejaring, maka jangan pernah merasa takut meminta sudut pandang dari seorang kontak mengenai masalah serta keadaan yang Anda alami. Hal ini tentunya merupakan saat yang tepat dalam memposting pemikiran Anda serta menciptakan lebih banyak visibilitas bagi Anda pribadi.


Sedangkan Jo Webber, yang merupakan CEO dari aplikasi sosial Pod, mengatakan bahwa memperluas jaringan profesional merupakan cara dalam menciptakan visibilitas menjadi lebih besar, dan ini penting untuk UKM yang mempunyai fokus lokal. Terlebih lagi saat ini dunia begitu terikat dengan ponsel dan komputer daripada sebelumnya, sehingga hal ini merupakan waktu paling tepat dalam menciptakan visibilitas. Tentunya, hal ini dapat membantu atau menyelamatkan bisnis yang Anda miliki.

Pentingnya Melakukan Strategi Pemasaran Digital Marketing

Berjualan secara online yang dilakukan di media sosial maupun di marketplace pastinya membutuhkan promosi supaya produk yang Anda miliki bisa semakin dikenal lalu dibeli. Untuk itu, lakukan promosi secara tepat dengan melakukan strategi pemasaran modern, salah satunya digital marketing.

Nah, digital marketing sendiri memang telah dikenal sebagai strategi yang begitu efektif untuk membangun brand awareness produk, memperluas jangkauan konsumen, hingga memperluas akses pasar. Sejauh ini terdapat dua strategi digital marketing yang bisa dipilih, ada yang tidak berbayar hingga yang berbayar.


Contoh digital marketing tidak berbayar adalah dengan membuat konten produk di berbagai website atau blog secara gratis, hingga platform media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Facebook. Sedangkan digital marketing yang berbayar adalah dengan cara memasang iklan berbayar agar dapat mempromosikan produk yang Anda miliki seperti di Instagram Ads, Facebook Ads, Youtube Ads, Google Ads, dan jasa influencer (paid promote). Tentunya, Anda bisa memaksimalkan promosi dengan mengkombinasikan kedua strategi digital marketing antara yang berbayar dan tidak supaya produk Anda bisa semakin dikenal.

Diversifikasi Jaringan Anda

Walaupun membangun relasi terasa menakutkan, bahkan belum tentu akan memperoleh chemistry dengan kontak baru, maka sangat penting untuk selalu keluar dari zona nyaman serta terhubung dengan beragam orang. Karena pada dasarnya mengembangkan jaringan bisnis dari rumah yang terasa seperti mengisolasi diri adalah waktu yang juga tepat dalam membangun “dewan direksi” pribadi.

Hal ini dikarenakan selama masa krisis orang-orang kemungkinan saja akan lebih bersedia saling membantu. Dan yang paling penting adalah jangan lupa agar mendiversifikasi jaringan. Anda bisa mencari jejaring yang mempunyai latar belakang berbeda dengan Anda.


Contohnya saja ketika Anda bekerja di bidang operasional, maka Anda bisa mencari jejaring yang berlatar penjualan. Hal ini dapat membantu Anda dalam memahami bagaimana setiap individu memandang bisnis maupun dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel