Jangan Panik, 5 Upaya Ini Dapat Mengatasi Penyebaran Virus Corona!

Jangan Panik, 5 Upaya Ini Dapat Mengatasi Penyebaran Virus Corona!

Situsekonomi.com - Covid-19, Sejak kehadirannya pada akhir tahun 2019 lalu di Wuhan, China, covid-19 menggemparkan dunia dan menelan banyak korban, tidak hanya ribuan, tapi jutaan. Corona yang keberadaannya berlangsung hingga sekarang cukup meresahkan.

Beberapa kebijakan pun diambil oleh pemerintah yang memunculkan beberapa istilah baru yang cukup familiar di telinga kita, di antaranya adalah social distancing, lock down, di rumah aja, hingga yang baru-baru ini marak kita dengar adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Yup, itu adalah istilah yang berkaitan dengan kebijakan yang diambil pemerintah. Lalu, kita sebagai warga masyarakat, apa yang bisa kita usahakan untuk membantu mengatasi wabah virus corona?

1. Jangan Panik

Panik, takut, khawatir adalah pemicu menurunnya sistem imun tubuh. Lalu, bagaimana baiknya agar tidak panik? Upaya kecil yang bisa Anda lakukan adalah dengan membekali diri dengan wawasan yang cukup mengenai virus ini, misalnya bagaimana cara penyebarannya dan bagaimana cara penanggulangannya. Jikapun Anda terpaksa harus keluar untuk satu dan lain hal, ada baiknya jika Anda mengenakan alat pelindung diri sebagaimana yang disarankan tim medis.


Tingkatkan imunitas tubuh dengan memperbanyak konsumsi vitamin C, memperbanyak berjemur, dan konsumsi makanan sehat. Selalu jaga kebersihan, hindari kerumunan, jaga jarak aman setidaknya satu meter, dan yang paling penting adalah kontrol pikiran serta jangan panik.

2. Pakai Masker

Cara mudah penyebaran virus corona adalah melalui mulut, hidung dan mata. Gunakan masker saat kemana saja, khususnya saat keluar rumah. Pakai masker dengan standar yang memenuhi syarat seperti masker kesehatan, atau dengan masker kain sebanyak 2 lapis. Cuci masker dan jaga kebersihannya untuk jenis masker kain.
 
3. Cuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir

Setelah dari manapun, ada baiknya jika Anda mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Sediakan hand sanitizer di saku saat bepergian, dan siapkan tempat cuci tangan serta sabunnya di kediaman masing-masing. Setelah menyentuh apapun, sebelum makan, sangat disarankan untuk cuci tangan terlebih dahulu.


4. Di Rumah Aja

Di awal tahun 2020 ini, kita dicengangkan dengan keputusan pemerintah untuk lock down. Satu sisi kita punya kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga dan menjaga keintiman hubungan antar anggota keluarga.

Namun, liburan yang sangat panjang ini terkadang membuat kita jenuh. Walau begitu, demi kesehatan bersama, akan lebih baik jika kita stay di rumah saja hingga wabah ini berlalu. Bagi Anda yang stay di rumah, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan apapun. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di rumah, seperti halnya menulis, membaca, bersih-bersih, bekerja online, dan sebagainya.


5. Proaktif

Jika dirasa ada keluhan yang sesuai dengan indikasi atau gejala covid-19, ada baiknya jika Anda segera memeriksakan diri ke tim medis setempat untuk cek kesehatan. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Sikap proaktif ini sangat penting, sebab saat ini cukup banyak masyarakat yang enggan untuk jujur mengenai keluhannya dan bahkan ada yang tidak menginformasikan kepada pihak lain bahwa yang bersangkutan menderita covid-19.

Covid-19 adalah pandemi yang tidak hanya terjadi di Indonesia, namun di seluruh dunia. Pandemi ini saat ini sedang menyita perhatian dunia dan menjadi alasan aktivitas di dunia seolah terhenti sementara. Mari sukseskan kebijakan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran covid-19 mulai dari diri sendiri saat ini juga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel