Pentingnya Pelaku UMKM Menguasai Platform Digital agar Mampu Bersaing

Pentingnya Pelaku UMKM Menguasai Platform Digital agar Mampu Bersaing

Di negara berkembang, salah satunya Indonesia, memang industri UMKM adalah salah satu tulang punggung dari ekonomi negara. Nah, agar pertumbuhannya terus meningkat, maka platform digital bagi pelaku UMKM sangatlah penting untuk dikuasai.

Sudah Seharusnya Pelaku UMKM Menguasai Platform Digital

Tahukah Anda bahwa pertumbuhan UMKM sudah semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan pertumbuhannya yang terus didorong oleh berbagai pihak, tidak hanya pemerintah saja tetapi juga lembaga swasta yang seringkali melakukan pembinaan serta pendampingan usaha.

Walaupun begitu, ternyata dalam perkembangannya tentu saja tak lepas dari masalah. Nah, permasalahan yang umum ditemui adalah banyak dari pelaku usaha yang masih enggan untuk mengenal teknologi internet dalam upaya untuk mengembangkan usahanya. Padahal, seandainya mereka dapat memanfaatkan jaringan internet, maka akan semakin mudah untuk menjangkau konsumennya.

Perlu diketahui bahwa masyarakat Indonesia sendiri memiliki kreativitas yang beragam. Hal ini tentunya sangat berpotensi untuk membangun UMKM yang mempunyai daya saing tinggi. Namun, yang menjadi permasalahannya adalah sebagian orang masih tidak tahu bagaimana cara membangun suatu produk agar mudah dikenal dan memiliki potensi pasar yang luas.


Lagi-lagi, penggunaan platform digital menjadi salah satu kunci agar UMKM ini bisa semakin bersaing. Sebagai contoh, ketika Anda sebagai pelaku usaha mempunyai produk kerajinan tangan yang unik dan menarik, lalu Anda memasarkannya melalui platform digital, maka Anda akan lebih mudah dalam menjaring lebih banyak konsumen.

Selain itu, Anda sebagai pelaku usaha tidak harus mengerti bahasa pemrograman dalam membuat sebuah website penjualan. Hal ini dikarenakan ada banyak startup lokal yang memang menyediakan layanan untuk pembuatan website dengan harga variatif.

Dengan begitu, Anda cukup fokus saja pada produksinya, terlebih lagi teknologi sangatlah penting saat ini. Bahkan, sebagian masyarakat selama ini lebih memilih untuk berbelanja secara online daripada offline disebabkan berbagai kemudahan yang ditawarkannya.

Efek Platform Digital untuk Kemajuan UMKM

Sebagai pelaku usaha, tentunya Anda perlu mengikuti perkembangan informasi saat ini. Anda harus peka terhadap tren dan perkembangan teknologi yang ada. Pastinya, ini sangat berpengaruh terhadap inovasi dari sebuah produk yang akan membuat perusahaan semakin cepat dikenal oleh banyak orang.


Maka dari itu, setiap UMKM harus menerapkan platform digital sesegera mungkin untuk bisnisnya. Efeknya adalah setiap pelaku usaha dapat dengan mudah untuk memperoleh informasi terbaru agar bisnisnya bisa semakin maju. Penerapan platform digital dalam aktivitas pemasaran juga bisa memberikan dampak yang semakin efektif, lho! Nah, dalam hal ini, perusahaan bisa memaksimalkan campaign agar memperoleh exposure, branding hingga survey.

Sejauh ini, sudah banyak tersedia tools yang dapat Anda manfaatkan guna mendukung pemasaran. Tentunya, pemasaran modern tidak hanya bergantung pada media sosial saja, namun juga content marketing. Supaya dapat memenangkan persaingan, maka setiap perusahaan dituntut agar bisa membuat konten yang original dan menarik agar bisa dengan mudah menarik banyak orang.

Selain itu, adanya platform digital bagi Pelaku UMKM pastinya akan memudahkan aktivitas operasional perusahaan seperti dapat memangkas dana operasional, mengurangi beban perusahaan hingga mempercepat proses kerja. Dengan demikian, pembagian waktu dan kerjaan dapat berjalan dengan efisien dan lebih efektif. Nah, dapat dikatakan bahwa Anda sebagai pelaku bisnis UMKM memang sangat membutuhkan platform digital ini karena banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan.


Penutup

Demikianlah pembahasan kita hari ini mengenai pentingnya pelaku UMKM menguasai platform digital agar mampu bersaing. Kedepannya, hal ini menjadi tantangan terbesar bagi seluruh pelaku usaha UMKM dalam melakukan inovasi demi meningkatkan belanja konsumen. Adapun gebrakan inovasi yang perlu dilakukan adalah melalui digitalisasi UMKM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel