Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Ketidakpastian dalam Pencarian Kerja Selama Pandemi Covid-19

Tips Mengatasi Ketidakpastian dalam Pencarian Kerja Selama Pandemi Covid-19

Situsekonomi.com - Karena ketidakpastian dalam pencarian kerja terjadi selama pandemi Covid-19 ini, tentunya lowongan kerja yang ada di Indonesia saat ini telah mengalami penurunan secara drastis. Untuk mengatasi hal ini, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

Bersabarlah Jika Responnya Lama

Tahukah Anda bahwa ada sebagian perusahaan yang menerapkan kebijakan untuk bekerja dari rumah saja, sehingga kemungkinan proses lamaran akan sedikit lebih lama. Anda tidak perlu khawatir, jangan putus harapan dan tetaplah bersabar jika responnya lama.

Perlu diketahui bahwa Anda tidak sendirian, hal ini dikarenakan ada jutaan orang yang juga mengalami hal tersebut. Tidak ada salahnya untuk menelepon atau mengirim surel agar bisa menanyakan perkembangan proses rekrutmen. Hal ini akan menunjukkan jika Anda benar-benar tertarik dan serius untuk bekerja di perusahaan tersebut dengan cara mengikuti perkembangan proses lamaran.

Kembangkan Diri dengan Cara Mengikuti Online Course

Sambil Anda mencari lowongan kerja hingga menunggu untuk dipanggil wawancara, maka tidak ada salahnya untuk mengembangkan diri Anda agar dapat meningkatkan skill. Hal ini dilakukan supaya nantinya Anda benar-benar siap dalam meraih peluang baru. Namun, bagaimana caranya? Tentunya Anda bisa mencoba untuk mengikuti pelatihan online, misalnya saja yang telah diberikan oleh pemerintah seperti Kartu Prakerja.

Jangan Mudah Menyerah

Rasanya cari kerja di tengah mewabahnya Covid-19 sudah seperti Anda menjadi profesi full-time. Nah, semakin keras Anda “bekerja”, maka akan semakin bagus kesempatan Anda dalam mendapatkan pekerjaan.

Untuk itu, jangan mudah menyerah, namun cobalah untuk melakukan beberapa metode, salah satunya adalah dengan update CV hingga membuat surat lamaran kerja yang lebih baik daripada sebelumnya. Saat mengubah CV, Anda bisa menulis poin-poin penting dengan sebaik mungkin, dan perlihatkan skill dan pencapaian yang telah Anda lakukan, dan yang paling penting adalah buanglah hal-hal yang dianggap tidak penting.

Mencari Lowongan Pekerjaan yang Bersifat Kontrak

Untuk Anda yang mengalami PHK di kantor atau di suatu perusahaan, dan sangat membutuhkan pekerjaan di tengah mewabahnya pandemi Covid-19 ini, maka cobalah untuk melamar pekerjaan yang bersifat kontrak. Jika kinerja yang Anda miliki bagus dan disukai oleh mereka, tentunya perusahaan akan memberikan kesempatan untuk Anda, bahkan bisa jadi akan menawarkan pekerjaan tetap.

Realistis

Cobalah mencari tahu atau mencarinya di internet apakah di kondisi mewabahnya Covid-19 saat ini perusahaan dapat memenuhi permintaan gaji Anda. Tentunya, perekonomian yang saat ini sedang lesu dikarenakan mewabahnya Covid-19 telah membuat sebagian besar perusahaan yang ternyata tidak mampu dalam memenuhi expected salary Anda, terlebih lagi untuk posisi yang seharusnya bisa mendapatkan gaji yang tinggi, tentunya akan diturunkan sedikit.

Nah, bagaimanapun juga Anda tidak dilarang mencoba bernegosiasi mengenai gaji, namun buktikan kepada perusahaan jika Anda memang layak digaji sekian. Bagaimana jika perusahaan tidak sanggup memenuhi permintaan gaji tersebut? Jika sudah seperti ini, maka cobalah untuk menurunkan sedikit ego dengan cara menurunkan permintaan gaji Anda, lalu buktikan jika Anda memang layak digaji sesuai expected salary Anda sebelum nantinya meminta kenaikan gaji di saat keuangan perusahaan sudah semakin membaik.

BACA JUGA:

Bagaimana, sudah tahu kan beberapa tips mengatasi ketidakpastian dalam pencarian kerja selama pandemi Covid-19! Jangan lupa untuk selalu bekerja keras dan percayalah bahwa kerja keras yang Anda lakukan akan berbuah manis nantinya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tips Mengatasi Ketidakpastian dalam Pencarian Kerja Selama Pandemi Covid-19"