Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Virtual Meeting Berjalan Lancar dengan Menggunakan Aplikasi Zoom

Virtual Meeting Berjalan Lancar dengan Menggunakan Aplikasi Zoom

Situsekonomi.com - Selama masa pandemi Covid-19, aplikasi Zoom Meeting telah menjadi aplikasi video conference yang populer digunakan. Hal tersebut dikarenakan aplikasi ini sangat mendukung untuk melakukan Work From Home (WFH) dari rumah masing-masing di tengah pandemi yang sedang terjadi dan memaksa setiap orang harus melakukan stay at home. Dengan demikian, keberadaan aplikasi ini menjadi sangat dibutuhkan, terutama bagi para pekerja kantoran yang perlu untuk menyelenggarakan meeting secara rutin dalam rangka mengevaluasi pekerjaan yang dikerjakan di rumah masing-masing.

Tidak hanya bagi para pekerja, aplikasi Zoom Meeting pun menjadi media yang sangat diandalkan untuk tetap bisa menjalin silaturahmi dengan keluarga dan teman yang untuk sementara waktu ini belum bisa saling bertemu. Jadi, silaturahmi secara virtual melalui Zoom Meeting adalah alternatif yang terbaik.

Apa Itu Aplikasi Zoom?

Aplikasi yang telah ada sejak tahun 2013 semakin mendapatkan kepopulerannya ketika pandemi Covid-19 muncul untuk mendukung pertemuan dari rumah masing-masing secara virtual. Anda bisa mengakses aplikasi ini, baik melalui Windows, OS Mac, iOS, Android, maupun Linux. Dan sebelum Anda menggunakannya, pastikan jika Anda telah mendaftarkan diri terlebih dahulu di aplikasi Zoom ini.

Untuk mendaftarnya, Anda bisa melakukan secara gratis melalui android maupun website dengan mengunjungi situs zoom.us dan meng-klik tombol “Sign Up”. Setelah itu Anda bisa mengisikan email Anda yang aktif dan segera mengeceknya di kotak masuk email Anda. Klik “Activate Account” dan Anda akan diarahkan ke pembuatan password Anda yang baru. Dengan begitu, akun Zoom Anda sudah aktif dan sudah bisa digunakan dengan “Sign In” dan mengisikan email beserta password Anda.

Dengan menggunakan aplikasi Zoom, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan yang di antaranya bisa diikuti oleh 100 peserta, suara dan gambar dengan kualitas HD, bisa melakukan video conference secara gratis selama 40 menit, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Zoom?

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan aplikasi Zoom, di awal sebagian akan mengalami kebingungan. Anda bisa menggunakan aplikasi ini di smartphone maupun di laptop maupun komputer Anda. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara penggunaan dari aplikasi Zoom tersebut.
  1. Di langkah awal, pastikan Anda sudah men-download aplikasi dari Zoom tersebut.
  2. Setelah men-download, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu dengan menggunakan alamat email Anda.
  3. Pada langkah selanjutnya, Anda bisa mengisikan nama depan dan nama belakang Anda, kemudian beri tanda centang pada tulisan “I Agree To The TOS”.
  4. Setelah itu, Anda bisa meng-klik tombol “Sign Up”.
  5. Setelah melakukan activate account melalui email aktif Anda dan memasukkan password, setelah itu Anda bisa mengundang peserta di dalam rapat yang akan diselenggarakan melalui aplikasi Zoom tersebut.  Anda bisa mengundang mereka dengan memasukkan alamat email para peserta. 
  6. Jika diketahui bahwa tempat tidak mencukupi, maka Anda bisa memilih “Add Another Email” agar bisa menambahkan kembali.
  7. Setelah itu Anda bisa memasukkan kode Captcha yang telah disediakan dan klik “Invite”. 
  8. Dan setelah itu Anda bisa menyimpan url dari meeting dan pilih lah “ Start Meeting Now”.

BACA JUGA:

Dengan begitu, walaupun tidak bisa hadir di kantor dan melakukan rapat dengan bertemu secara langsung dalam sebuah ruangan, namun dengan adanya aplikasi Zoom, maka rapat Anda akan tetap berjalan secara lancar selama jaringan internet di tempat masing-masing peserta dalam kondisi yang lancar. Dengan begitu, pekerjaan pun dapat terus berjalan dan terevaluasi dan terstruktur dengan baik melalui pertemuan virtual ini.

Posting Komentar untuk "Virtual Meeting Berjalan Lancar dengan Menggunakan Aplikasi Zoom"