Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Sebaiknya Menolak Keluarga dan Teman yang Terus Meminjam Uang?

Bagaimana Sebaiknya Menolak Keluarga dan Teman yang Terus Meminjam Uang?

Situsekonomi.com - Di dalam kehidupan, pastinya ada saja hal yang tak terduga seperti orang yang akan meminjam uang. Tentunya, jika Anda punya uang pastinya Anda akan meminjamkan uang tersebut.

Akan tetapi, bila Anda tidak memiliki kondisi keuangan yang baik pasti Anda tidak bisa meminjamkannya. Banyak kasus yang membuat seseorang tidak mengerti bagaimana cara menolak orang hutang. Artikel ini akan membahas terkait dengan hal tersebut.

Cara Menolak Orang yang Akan Hutang

Tidak semua orang memiliki kondisi keuangan yang baik untuk kehidupannya. Maka banyak orang yang melakukan peminjaman uang. Baik pada bank, rentenir, bahkan kepada saudara dan juga teman. Jika Anda memiliki kondisi keuangan yang cukup baik dan ada keluarga atau teman yang akan meminjam uang pastinya akan Anda pinjamkan.

Akan tetapi, beda cerita bila kondisi keuangan yang Anda miliki sedang tidak membaik. Dan parahnya, Anda tidak terlalu enak untuk menolak orang yang akan meminjam uang terhadap Anda. Berikut ini adalah beberapa cara menolak orang hutang.
  1. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan alasan pasangan Anda jika sudah menikah. Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk menjelaskan bahwa pengeluaran keuangan di keluarga Anda sedang dalam kondisi besar dan membutuhkan banyaknya dana yang dikeluarkan. Alhasil, dana darurat yang dimiliki sudah digunakan semuanya. Pastikan juga bahwa orang yang meminjam uang tersebut tidak kenal terhadap pasangan Anda. Hal ini agar orang tersebut tidak melakukan komunikasi terhadap pasangan Anda.
  2. Anda bisa menolak dengan tidak menjelaskan alasannya. Anda hanya perlu berkata bahwa “Anda memang tidak sedang ingin meminjamkan uang”. Dengan begini, Anda tidak perlu menjelaskan kondisi keuangan Anda saat ini.
  3. Usahakan untuk tidak mengumbar kondisi keuangan yang Anda alami. Anda bisa menjaga privasi keuangan yang Anda miliki. Hal ini agar Anda tidak menjadi objek untuk langganan peminjaman uang.
  4. Anda bisa menolaknya dengan alasan untuk meminta waktu berpikir beberapa hari. Hal ini bisa Anda gunakan untuk melihat kondisi keuangan yang Anda miliki ketika seseorang akan meminjam uang kepada Anda.

Penyebab Orang Memiliki Hutang

Setiap orang pasti memiliki hutang dalam bentuk uang di kehidupannya. Baik dalam jumlah yang besar maupun dalam jumlah yang kecil. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan orang memiliki hutang.

1. Tidak Membiasakan untuk Menabung
Hal pertama yang mudah sekali dikenali penyebabnya adalah orang tersebut tidak membiasakan diri untuk menabung. Memang, kebutuhan tak terduga bisa datang kapan saja dan ketika orang tersebut tidak memiliki tabungan, maka langkah yang akan diambil adalah dengan meminjam uang.

2. Tidak Mengetahui Hal yang Penting dalam Kehidupan Anda
Uang merupakan salah satu faktor yang penting di dalam kehidupan Anda. Lalu, jika Anda tidak mengetahui faktor penting dalam kehidupan Anda, maka Anda tidak akan memiliki keuangan yang aman. Contohnya adalah ketika Anda tidak memiliki tujuan membeli rumah maka keuangan Anda tidak akan ditabung dan malah akan dibuat untuk membeli barang yang notabene tidak terlalu penting.

3. Tidak Memiliki Catatan Anggaran
Tidak memiliki catatan anggaran dalam kehidupan merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan Anda terlilit hutang. Hal ini dikarenakan Anda terlalu terbiasa mengeluarkan uang tanpa tahu catatan yang harus dikeluarkan.

BACA JUGA:

Jika Anda memang sedang dalam kondisi tidak terlalu baik untuk keuangannya, maka Anda bisa menolak orang ketika hendak hutang dengan cara menolak orang hutang yang sudah dijelaskan di atas. Selain itu, Anda juga bisa mulai untuk tidak terlalu konsumtif dalam membeli sebuah barang yang bersifat tidak terlalu penting.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Sebaiknya Menolak Keluarga dan Teman yang Terus Meminjam Uang?"