Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Peluang Kerja bagi Para Penyandang Disabilitas

Beberapa Peluang Kerja bagi Para Penyandang Disabilitas

Situsekonomi.com - Penyandang disabilitas sudah semestinya diperlakukan setara dengan manusia lainnya. Mereka berhak untuk memperoleh pendidikan yang baik dan juga mendapatkan lapangan pekerjaan agar dirinya dapat tetap produktif seperti manusia normal lain walaupun dirinya memiliki kekurangan.

Namun dengan adanya keterbatasan tersebut, peluang kerja untuk disabilitas bukanlah hal yang mustahil. Karena nanti mereka juga akan hidup dengan mandiri dan mencari uang untuk memenuhi setiap kebutuhannya sehari-hari.

Oleh karena itu, agar para penyandang disabilitas bisa mendapatkan pekerjaan, hal ini menuntut adanya kepedulian dari banyak orang, baik dari keluarga, teman, maupun orang-orang di sekitarnya. Dengan demikian, mereka dapat bekerja bukan hanya karena belas kasihan, tetapi karena mereka mempunyai kemampuan untuk bekerja di bidang tersebut.

Peluang Kerja Untuk Penyandang Disabilitas

Berikut adalah beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan tidak hanya oleh manusia yang normal saja, tetapi para penyandang disabilitas juga mampu untuk mengerjakannya.

1. Guru
Profesi menjadi guru mungkin sebagian besar orang melihat jarang sekali yang dilakukan oleh penyandang disabilitas. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi para penyandang disabilitas untuk turut mengajar juga.

Anda bisa mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB), di mana sekolah ini juga merupakan sekolah khusus untuk penyandang disabilitas. Dengan Anda mengajar di SLB, maka Anda tidak hanya menjadi guru, bahkan Anda bisa menjadi sumber motivasi bagi para murid untuk bisa meraih cita-cita dengan keterbatasan yang mereka miliki.

2. Berbisnis
Sudah banyak para penyandang disabilitas yang sukses menjalankan sebuah bisnisnya sendiri. Jadi, Anda tidak perlu minder untuk mencoba merintis bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

Misalnya saja dengan membuka laundry, membuat cinderamata, membuka jasa penjahit, atau membuka kafe. Semua bisnis tersebut sangat mungkin untuk dijalankan oleh para penyandang disabilitas dan tentunya dengan diberi dukungan orang sekitar agar semangatnya tidak mudah padam.

3. Menjadi Penulis
Dengan menulis Anda juga bisa menghasilkan uang. Selain itu, dengan menulis Anda juga bisa meninggalkan karya yang abadi dan bisa dibaca oleh siapa saja. Profesi ini juga banyak dilakukan oleh para penyandang disabilitas.

Peluang kerja untuk disabilitas dengan menjadi penulis turut memberikan inspirasi bagi banyak orang. Anda bisa menulis artikel yang kemudian diterbitkan di koran, majalah, maupun media online. Anda juga bisa menulis cerpen maupun novel yang kemudian dibukukan untuk bisa dinikmati oleh banyak orang. Bahkan, jika novel yang Anda tulis sangatlah menarik, tidak menutup kemungkinan akan diangkat menjadi sebuah film yang nantinya membuat orang lain semakin bangga terhadap usaha keras Anda.

4. Pegawai Pemerintahan
Disabilitas juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa bekerja di lembaga pemerintahan. Hal ini adalah bentuk keadilan dari pemerintah bahwa penyandang disabilitas juga memiliki tempat untuk turut serta di dalam lembaga pemerintahan. Anda bisa bekerja di BUMN dan lembaga pemerintahan lainnya. Dengan begitu tidak ada diskriminasi bahwa penyandang disabilitas tidak diperbolehkan untuk bekerja di lembaga pemerintahan.

5. Membuat Website
Di era digital ini keberadaan website semakin diperlukan. Apalagi bagi mereka yang akan membangun bisnis online. Para penyandang disabilitas bisa memanfaatkan peluang ini untuk bisa menjadi jasa pembuatan website. Anda hanya perlu menghabiskan banyak waktu di depan laptop atau komputer untuk mengerjakan proyek-proyek Anda.

BACA JUGA:

Jadi, peluang kerja untuk disabilitas sangatlah terbuka lebar. Anda tidak perlu khawatir karena takut tidak diterima oleh perusahaan. Manfaatkan kemampuan dan potensi Anda untuk bisa menjadi bagian penting di beberapa perusahaan atau lembaga.

Posting Komentar untuk "5 Peluang Kerja bagi Para Penyandang Disabilitas"