Bergesernya Kebiasaan Masyarakat, Begini Cara Ubah Ponsel Android Jadi Webcam!

Bergesernya Kebiasaan Masyarakat, Begini Cara Ubah Ponsel Android Jadi Webcam!

Situsekonomi.com - Di tengah majunya era digital ini setiap orang bisa melakukan komunikasi semakin mudah, salah satunya dengan memanfaatkan android untuk webcam. Karena selama ini sebagian besar orang mengetahui android hanya untuk berkomunikasi, mengakses media sosial, atau sebagai sumber hiburan di tengah aktivitas Anda.

Namun, di luar itu semua android juga bisa Anda ubah menjadi webcam dengan memberikan kualitas gambar yang tidak kalah baik jika dibandingkan ketika Anda menggunakan webcam pada laptop maupun PC. Karena pada dasarnya sebuah laptop sudah dipasang dengan webcam berukuran kecil yang terdapat di bagian atas tengah layar laptop Anda, di mana keberadaan webcam tersebut akan memudahkan Anda ketika sedang melakukan aktivitas video call.

Dapat diketahui bersama bahwa seiring berjalannya waktu android yang hadir di tengah masyarakat semakin canggih dengan fitur yang juga semakin lengkap. Dan hal tersebut turut mendukung untuk bisa Anda manfaatkan sebagai webcam, baik untuk keperluan video conference , video call, dan sebagainya.

Cara Mengubah Android Menjadi Webcam

Agar komunikasi Anda bisa berjalan lancar, Anda bisa menjadikan android untuk webcam dengan beberapa cara. Bisa menggunakan WiFi atau dengan menggunakan Bluetooth. Jadi, sesuaikan dengan keinginan Anda saja.


Namun, sebelum menjalankan cara ini, pastikan jika Anda sudah men-download aplikasi yang menunjang untuk bisa menggunakan webcam dengan android Anda. Aplikasi yang bisa Anda gunakan seperti DroidCam, EpocCam, maupun IP Webcam.


1. Mengubah Android Menjadi Webcam Menggunakan WiFi
  • Sebagai langkah awal, Anda bisa membuka aplikasi SmartCam terlebih dahulu di laptop atau PC Anda. Pilih atau beri centang opsi TCP/IP (WiFi) dengan port yang dibiarkan saja. Biasanya, port tersebut terdiri dari 4 digit.
  • Setelah itu, Anda bisa mengklik “OK”.
  • Kemudian Anda bisa membuka aplikasi SmartCam yang telah Anda download sebelumnya di android Anda.
  • Setelah itu, pilihlah menu “Setting” kemudian memilih jenis koneksi yang menggunakan WiFi.
  • Lalu, Anda bisa memasukkan nomor port serta alamat IP. Untuk alamat IP-nya, Anda bisa mendapatkan dengan melihatnya di laptop atau PC Anda dan membuka “Run" pada laptop. Kemudian, ketikkan “cmd” untuk menemukan “Command Promp”. Dan ketikkan lagi perintah berupa “ipconfig/all” dan Anda akan melihat beberapa kata. Anda perlu untuk mencari kata yang bertuliskan “Ipv4 Address” dan alamat IP sudah bisa Anda temukan. Lalu masukkanlah alamat IP tersebut di bagian settingan SmartCam yang ada di Android Anda.
  • Setelah itu, kembali ke layar aplikasi SmartCam lalu klik tombol “Connect WiFi”. Dan android Anda pun sudah terkoneksi dengan laptop atau PC Anda sebagai webcam.

2. Mengubah Android Menjadi Webcam Menggunakan Bluetooth
  • Sebagai langkah awal adalah untuk mengecek apakah laptop atau PC Anda memiliki fitur bluetooth atau tidak. Selain itu, pastikan juga jika fitur Bluetooth yang ada di laptop atau PC sudah berpasangan dengan Bluetooth yang ada di android Anda.
  • Setelah itu Anda bisa membuka aplikasi  SmartCam di android Anda.
  • Kemudian pilihlah menu “Setting” lalu pilih koneksi dengan bluetooth.
  • Pilihlah bluetooth server dan kemudian koneksikanlah dengan bluetooth yang ada di laptop atau PC Anda.
  • Kemudian kembali ke layar aplikasi SmartCam dan klik tombol “Connect Bluetooth”. Maka android Anda pun sudah dapat terkoneksi dengan laptop atau PC Anda yang digunakan sebagai webcam.


Dengan menggunakan android untuk webcam, maka Anda sudah memaksimalkan fungsi dari android Anda tersebut dan menjadikan sebagai webcam yang bisa melancarkan aktivitas komunikasi Anda secara tatap muka. Demikianlah yang bisa kami bagikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua!

Belum ada Komentar untuk "Bergesernya Kebiasaan Masyarakat, Begini Cara Ubah Ponsel Android Jadi Webcam!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel