Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Skala Prioritas dalam Pekerjaan dengan Mudah

Cara Mengatur Skala Prioritas dalam Pekerjaan dengan Mudah

Bekerja adalah suatu kegiatan rutin yang pasti dilakukan oleh semua orang. Pekerjaan yang banyak dan menumpuk terkadang sering dirasakan oleh para pekerja. Karyawan yang dapat bekerja dengan baik adalah mereka yang tahu bagaimana cara mengelola waktu yang tepat agar semua pekerjaan dapat selesai dengan baik dan tepat waktu.

Menyelesaikan pekerjaan yang diberikan kepada Anda adalah suatu keharusan. Oleh karenanya, untuk mempermudah menyelesaikan tugas yang menumpuk, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara memilih pekerjaan yang dilakukan terlebih dahulu dan mana pekerjaan yang dapat dilakukan nanti.

Hal ini tentunya akan berdampak pada efisiensi kerja dan dapat pula meningkatkan produktivitas. Pengaturan skala prioritas dalam pekerjaan memang ada tips dan triknya. Berikut beberapa hal yang dapat dijadikan tips untuk mengatur skala prioritas dalam pekerjaan dengan mudah.


Membuat Daftar yang Rinci dari Setiap Pekerjaan yang Harus Diselesaikan

Daftar pekerjaan yang rinci dan detail akan membuat Anda dapat dengan mudah menelaah kira-kira pekerjaan mana yang butuh untuk dilakukan terlebih dahulu. Lebih baik pekerjaan yang dimasukkan dalam list dipilah berdasarkan jangka waktunya, panjang atau pendek. Daftar ini dapat dijadikan pengingat untuk memilih mana yang merupakan prioritas dan mana yang dapat dikerjakan nanti.

Meletakkan Daftar Pekerjaan pada Tempat yang Mudah Dilihat

Detail pekerjaan yang dibuat daftarnya tadi haruslah diletakkan pada tempat atau posisi yang mudah Anda lihat. Hal ini bertujuan agar Anda selalu mengingatnya dan dapat dengan cepat mengetahui pekerjaan mana yang harus dilakukan sekarang.

Cara yang biasanya dilakukan adalah dengan meletakkan rincian daftar pekerjaan pada notes di smartphone atau layar komputer sehingga dapat dengan mudah dilihat. Menempelkan sticky note pada meja kerja juga dapat membantu Anda untuk mengingat apa saja yang harus diprioritaskan untuk dilakukan terlebih dahulu.


Mempertimbangkan Pekerjaan yang Dikerjakan dari Kepentingan dan Waktunya

Setiap pekerjaan memiliki bobot, tingkat kesulitan, resiko, kendala, dan tenggang waktu yang berbeda-beda. Ketika ingin menentukan pekerjaan mana yang diprioritaskan, maka Anda juga harus mempertimbangkan segalanya dari segi urgensi dan kepentingan. Jika satu pekerjaan tidak harus dikerjakan dan tidak berdampak fatal jika tidak dikerjakan, maka kerjakan pekerjaan tersebut nanti-nanti saja.

Melakukan Pekerjaan secara Realistis

Pekerjaan yang sudah terdaftar dan dirinci harus direalisasikan sesuai dengan prioritas yang telah direncanakan. Namun, perlu diketahui bahwa dalam memenuhi pekerjaan yang dijadikan prioritas kadang tidak berjalan mulus.

Oleh karenanya, Anda harus mengetahui batasan diri dan juga menerima kemungkinan yang akan muncul dalam pekerjaan. Untuk itu, tanamkan sikap realistis dalam melakukan suatu pekerjaan, sehingga Anda dapat menerima apabila terjadi perubahan prioritas.

Melakukan Pekerjaan Seefektif dan Seefisien Mungkin

Untuk mendukung skala prioritas dalam pekerjaan agar berjalan mulus, maka diperlukan etos kerja yang efektif dan efisien. Hal ini harus dilakukan karena masih banyak lagi pekerjaan lain yang menanti setelah pekerjaan yang diprioritaskan selesai.

Penutup

Itulah beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan untuk mengatur skala prioritas dalam pekerjaan. Tips di atas adalah tips yang mudah untuk diikuti, sehingga setiap orang pasti bisa melakukannya. Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja Anda.