Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Finansial Jadi Lebih Sehat? Yuk, Coba Detoks Keuangan

Ingin Finansial Jadi Lebih Sehat? Yuk, Coba Detoks Keuangan

Situsekonomi.com - Kondisi keuangan yang sehat di dalam kehidupan merupakan suatu impian bagi semua orang. Akan tetapi tak banyak yang bisa mewujudkan kondisi keuangan yang tetap dalam kondisi sehat.

Selain itu, banyak faktor yang mempengaruhi menurunnya kondisi keuangan yang Anda miliki. Anda tidak perlu khawatir lagi terkait dengan kondisi keuangan yang sedang tidak sehat tersebut, hal ini dikarenakan Anda bisa melakukan suatu terapi keuangan seperti detoks keuangan.

Cara Melakukan Detoks Keuangan

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kata detoks. Detoks biasanya memang dilakukan untuk kesehatan tubuh yang kurang membaik. Konsep yang dilakukan memang sama untuk keuangan, yaitu untuk membuat keuangan yang Anda miliki bila kondisinya sedang tidak membaik akan menjadi lebih baik dengan berbagai cara atau langkah yang ada di dalam detoks keuangan. Berikut ini merupakan cara yang bisa dilakukan ketika Anda hendak menggunakan detoks keuangan.

1. Mendiagnosa Kondisi Keuangan
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan sebuah diagnosa terkait dengan kondisi keuangan Anda saat ini. Anda bisa memulainya dengan menghitung jumlah pemasukan dan juga semua pengeluaran dalam satu bulan.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan rincian hutang yang Anda miliki. Jika hal itu sudah dilakukan maka Anda bisa mulai menghitung jumlah tabungan. Dengan semua hal itu tadi maka Anda bisa mendapatkan sebuah perhitungan bersih kekayaan atau aset yang Anda miliki.

2. Rencana Pembayaran Hutang
Hal kedua setelah Anda mulai bisa melakukan pendiagnosaan kondisi keuangan yang Anda miliki adalah melakukan sebuah perencanaan untuk membayar semua hutang yang Anda miliki. Tentunya, Anda harus menghitung berapa jumlah besaran hutang dan juga besaran bunga yang harus dibayarkan.

3. Pembatasan Pengeluaran Pribadi
Hal ketika ini bisa untuk mendukung rencana pembayaran hutang. Anda harus bisa melakukan pembatasan pengeluaran pribadi. Anda juga harus mengerti bahwa adanya sebuah tanggungan hutang dan bunga hutang yang harus dibayarkan.

Selain itu, Anda juga harus bisa untuk mulai membiasakan diri ketika ingin membeli beberapa barang yang notabenya tidak sedang diperlukan. Sebagai contohnya berbelanja barang online yang sedang promo dan notabenya barang tersebut tidak terlalu diperlukan untuk saat ini.

4. Adanya Sebuah Perencanaan Tujuan
Hal terakhir adalah adanya sebuah perencanaan tujuan untuk beberapa pengeluaran yang akan terjadi di masa depan. Contohnya adalah Anda harus bisa merencanakan suatu pengeluaran yang akan Anda lakukan seperti membeli sepeda motor atau membeli sebuah rumah.

Penyebab Keuangan Anda Kurang Sehat

Jika Anda sudah mengetahui terkait dengan bagaimana cara untuk membuat keuangan Anda dalam kondisi sehat. Maka hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah penyebab keuangan Anda menurun.

1. Tidak Bisa Memisahkan Keinginan dan Juga Kebutuhan
Yang pertama adalah Anda tidak bisa memisahkan keinginan dan juga kebutuhan. Anda terlalu terbiasa untuk membeli barang atau membuat pengeluaran sesuai dengan keinginan bukan sesuai dengan kebutuhan.

2. Tidak Adanya Dana Darurat
Pengeluaran yang tak terduga mungkin saja akan datang. Dan ketika hal itu terjadi yang notabene Anda tidak memiliki sebuah dana darurat, maka kondisi keuangan Anda bisa dipastikan tidak bisa sesehat kondisi sebelumnya.

3. Terlalu Tidak Enakan
Hal yang mempengaruhi kondisi kesehatan dari keuangan Anda adalah Anda tidak bisa mengatakan tidak untuk ajakan membeli suatu barang.

4. Tidak Mengetahui ke mana Pengeluaran Anda
Tidak adanya kejelasan terkait dengan dana yang keluar merupakan salah satu faktor yang bisa menghambat kondisi keuangan Anda. Tentunya, hal ini harus dihilangkan.

BACA JUGA:

Jika Anda sudah mengetahui beberapa penyebab keuangan Anda tidak terlalu sehat. Dan Anda sudah bisa melakukan tahapan detoks keuangan maka keuangan yang Anda miliki akan tetap dalam kondisi sehat.

Posting Komentar untuk "Ingin Finansial Jadi Lebih Sehat? Yuk, Coba Detoks Keuangan"