Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips agar Profilmu Mudah Dilirik Perusahaan di Saat New Normal

Tips agar Profilmu Mudah Dilirik Perusahaan di Saat New Normal

Situsekonomi.com - Kehadiran pandemi Covid-19 telah banyak memberikan kesulitan di berbagai sektor, terutama sektor ekonomi. Adanya kebijakan baru yang berupa new normal telah membuka peluang bagi Anda yang akan berburu pekerjaan di beberapa lapangan pekerjaan yang tersedia.

Tentunya, Anda juga akan bersaing dengan para pelamar kerja lainnya dengan jumlah yang tidak sedikit, sehingga membutuhkan profil terbaik saat new normal. Karena dapat diketahui bahwa selama pandemi berlangsung tidak sedikit orang yang mengalami PHK, bahkan freshgraduate pun kesulitan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan dikarenakan kondisi ekonomi yang sedang terpuruk.

Oleh karena itu, dengan masuknya new normal, maka sektor ekonomi akan kembali dibangkitkan dan beberapa perusahaan tentu memerlukan karyawan yang berkualitas dan bisa menyesuaikan dengan kondisi kerja baru ala new normal.

Tips Membuat Profil agar Dilirik Perusahaan

Saat memasuki new normal dan sebagian besar orang sudah diizinkan kembali untuk menjalani pekerjaannya di luar rumah, maka mulai banyak orang yang mencari pekerjaan melalui internet. Dan setelah ditemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya, maka tugas Anda selanjutnya Anda membuat sebuah profil yang terbaik untuk ditujukan pada perusahaan yang akan Anda lamar. Lalu, bagaimana tips agar profil Anda cepat dilirik oleh perusahaan di era new normal ini?

1. Cantumkan Foto Diri yang Profesional
Foto adalah hal yang paling utama untuk dilihat pertama kalinya. Biasanya foto ini terletak di bagian atas, baik di samping kiri maupun di tengah. Karena akan menjadi pusat perhatian yang pertama kalinya, oleh karena itu gunakanlah foto Anda yang profesional.

Bisa dengan menggunakan jas maupun baju lainnya asalkan terlihat rapi dan meyakinkan. Apalagi saat new normal ini setiap perusahaan tentu menginginkan agar karyawan yang direkrut benar-benar berkualitas. Jadi, foto yang profesional harus Anda perhatikan dengan baik.

2. Buatlah Ringkasan Diri Anda yang Meyakinkan
Ketika membuat sebuah profil, maka Anda juga akan mencantumkan ringkasan dari diri Anda. Hal ini menjadi salah satu aspek penting dari profil terbaik saat new normal. Anda bisa membuatnya seringkas mungkin, namun dapat menjelaskan diri Anda secara jelas. Jelaskan mengenai keterampilan Anda, motivasi Anda untuk bekerja di perusahaan yang dituju, tujuan Anda, dan bisa juga turut dimasukkan kesukaan Anda.

Karena bisa saja jika Anda orang yang aktif dan pantang menyerah, Anda akan memiliki aktivitas yang bermanfaat di masa pandemi. Dan hal itu bisa menjadi bagian dari ringkasan diri Anda. Ringkasan ini nantinya akan memberikan pandangan pertama mengenai Anda. Jadi, buatlah ringkasan diri yang bisa membuat terkesan di mata HRD.

3. Cantumkan Pengalaman dan Posisi Anda
Pengalaman menjadi hal yang penting untuk dicantumkan saat membuat sebuah profil. Karena dari pengalaman Andalah, maka pihak perusahaan bisa melihat seberapa jauh sepak terjang Anda. Dan selain mencantumkan beberapa pengalaman, penting juga untuk turut mencantumkan posisi Anda di setiap pengalaman tersebut. Jika Anda berada pada posisi yang penting, maka hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi pihak perusahaan setelah melihat tanggung jawab yang pernah Anda emban sebelumnya.

BACA JUGA:

4. Jauhkan Hal Negatif di Media Sosial
Ketika membuat sebuah profil biasanya Anda juga akan turut mencantumkan alamat dari media sosial Anda. Dan setelah pihak perusahaan membacanya, agar lebih meyakinkan lagi, maka mereka akan mengecek alamat media sosial Anda tersebut. Jadi, agar profil Anda tidak tersingkir hanya karena konten media sosial, pastikan jika Anda sudah membersihkan media sosial dari postingan-postingan yang negatif.

Dengan demikian, untuk membuat profil terbaik saat new normal perhatikan beberapa tips tersebut. Karena akan besar kemungkinan setiap perusahaan akan merekrut calon karyawannya dengan lebih ketat karena semakin membludaknya orang yang melamar pekerjaan.

Posting Komentar untuk "Tips agar Profilmu Mudah Dilirik Perusahaan di Saat New Normal"