5 Keterampilan yang Dibutuhkan oleh Perusahaan Pasca Pandemi

5 Keterampilan yang Dibutuhkan oleh Perusahaan Pasca Pandemi

Situsekonomi.com - Saat pandemi seperti ini membuat segala aspek menjadi berubah termasuk keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menarik hati perusahaan, maka harus menguasai beberapa keterampilan di bawah ini agar bisa diterima langsung atau setidaknya turut dipertimbangkan.

1. Tech Savvy

Pengetahuan akan teknologi ketika masa pandemi seperti ini tentu merupakan hal yang cukup menguntungkan. Anda akan menjadi sosok yang bisa diandalkan apabila bisa menguasai berbagai tools. Karyawan dipaksa untuk menjaga jarak satu sama lain namun bisnis harus tetap berjalan lancar, ini tentu tidak mudah bagi sebagian perusahaan.

Apabila sebuah perusahaan memiliki karyawan yang memahami teknologi, maka tidak perlu khawatir. Anda bisa diberikan tugas untuk mengelola beberapa tools seperti video conference, tools yang digunakan untuk mengelola pekerjaan dan tools yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan.


Penguasaan teknologi tersebut telah diberlakukan secara luas, di mana orang-orang dipaksa untuk mampu menjalankan tools dengan baik dan benar. Perusahaan yang mampu mengembangkannya akan ditunjuk sebagai perusahaan terbaik mengingat pengoperasian teknologi tersebut tidak mudah. Jika Anda termasuk orang yang mampu menguasai teknologi tersebut dengan baik maka bukan hal yang tidak mungkin Anda akan dijadikan sebagai sosok yang turut diperhitungkan karena kemampuan yang potensial.

2. Literasi Data

Kita berada di zaman revolusi industri 4.0 di mana segala sesuatu sudah dialihkan menjadi data yang mudah di-input ke dalam sistem canggih. Data yang di-input dalam sebuah sistem biasanya sangat akurat sehingga dapat membantu perusahaan untuk memeriksa gangguan dan dampak dari gangguan bisnis di masa depan. Proses input data ini tidak mudah apalagi jika perusahaan tidak memiliki orang yang paham akan kegunaan dan cara menganalisis data.

Dari sanalah muncul peluang bagi Anda yang memiliki kemampuan pada bidang tersebut untuk bekerja dengan nyaman pada sebuah perusahaan. Kemungkinan perusahaan akan menganggap Anda sebagai anak emasnya karena belum banyak karyawan yang memiliki kemampuan literasi data di masa sekarang. Tunggu apa lagi? segera daftarkan diri Anda jika ada perusahaan yang menyediakan lowongan untuk karyawan literasi data.


3. Kemampuan Media Sosial dan Digital

Kemampuan untuk mengoperasikan media sosial dan digital memang sudah banyak dicari sebelumnya. Akibat adanya pandemi internasional, kebutuhan akan karyawan yang mampu mengoperasikan media sosial dan digital meningkat drastis.

Bukan tanpa alasan, hampir seluruh penduduk dunia kini melakukan aktifitas di dalam rumah untuk menghindari paparan virus Covid-19. Oleh karena itu, segala sesuatu kebanyakan dilakukan melalui jaringan internet bahkan berbelanja sekalipun.

Nah, kebutuhan akan karyawan yang memiliki keterampilan dalam bidang ini tentu meningkat. Mereka dituntut agar mampu menarik hati konsumen dengan promosi melalui media sosial dan digital. Skill yang dibutuhkan adalah ahli di bidang Search Engine Optimization dan seluruh bidang pemasaran digital. Hal ini juga meningkat karena banyak perusahaan yang mengalihkan kegiatan kampanye dalam bentuk digital.


4. Coding

Coding atau kemampuan dalam pengembangan web juga banyak dicari ketika masa pandemi. Perusahaan cenderung membutuhkan karyawan dengan skill coding dan pengembangan web. Apalagi ada banyak layanan bisnis yang kini beralih menggunakan teknologi melalui aplikasi dan situs sehingga keberadaan ahli di bidang pemrograman sangat dibutuhkan. Apabila semakin bertambahnya perusahaan di bidang teknologi maka semakin tingginya permintaan skill di bidang tersebut.

5. Mau Belajar

Jika Anda tidak memenuhi kemampuan yang sedang banyak dibutuhkan, maka tidak perlu risau. Cukup tingkatkan rasa ingin tahu serta gigih belajar agar perusahaan bisa turut mempertimbangkan untuk menerima Anda. Tahukah Anda? Mereka yang ingin belajar mengenai hal baru bisa berubah menjadi seorang ahli dalam segala bidang karena rasa ingin tahunya.

Bayangkan apabila Anda mampu mengerjakan berbagai pekerjaan di bidang yang berbeda, perusahaan tentu bisa menerima Anda. Hanya saja ketika Anda bisa mengerjakan semuanya, fokuslah pada satu titik di mana Anda benar-benar bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk kepentingan perusahaan.
Sekian penjelasan mengenai keterampilan yang dibutuhkan perusahaan pasca pandemi. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda dalam meningkatkan skill.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel