5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Peroleh dari Mengonsumsi Alpukat

5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Peroleh dari Mengonsumsi Alpukat

Situsekonomi.com - Siapa yang tidak kenal dengan alpukat? Buah yang sebenarnya tidak ada rasanya ini sangat digemari oleh banyak masyarakat karena memiliki rasa yang creamy sehingga cocok dikonsumsi langsung maupun dikreasikan dengan yang lainnya. Ada beberapa manfaat jika Anda sering mengonsumsi alpukat.

Namun, dengan catatan bahwa mengonsumsinya dalam batasan normal dan tidak berlebihan, karena semua yang berlebihan merupakan hal yang tidak baik. Dari pada penasaran, berikut akan dijelaskan 5 manfaat dalam mengonsumsi buah alpukat:

1. Meningkatkan HDL atau Kolesterol Baik

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang merupakan salah satu jenis lemak baik dan dapat menaikkan kadar kolesterol baik atau HDL Anda. Dengan seperti itu, maka kadar LDL atau kolesterol jahat akan berkurang. Oleh karena itu, kolesterol di dalam tubuh akan lebih stabil dan Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol.

Alpukat memiliki banyak sekali sterol tumbuhan yang merupakan senyawa dengan kemampuan menurunkan kolesterol yang cara kerjanya adalah menghambat penyerapan ke dalam darah. Manfaat ini dapat diperolah dari berbagai vitamin dan mineral di dalamnya. Ada vitamin E, vitamin C, asam folat, magnesium, potasium, seng, dan lainnya.

2. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Bagi Anda yang saat ini memiliki riwayat diabetes, mengonsumsi alpukat juga sangat baik bagi kesehatan Anda. Mengapa demikian? Alpukat merupakan buah yang sangat rendah karbohidrat sehingga tidak menimbulkan penumpukan gula di dalam darah akibat terlalu berlebihan. Hal ini dapat dirasakan jika alpukat tersebut dikonsumsi secara langsung tanpa menggunakan bahan tambahan yang lain.

Jika Anda mengonsumsi alpukat dengan tambahan gula seperti susu kental manis, cokelat manis, dan lainnya maka akan sama saja malah bahkan bisa meningkatkan kadar gula darah. Jika tidak suka dengan rasanya yang hambar, maka Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkannya ke dalam salad atau di beberapa makanan sehat lainnya.

3. Menjaga Kesehatan Rambut

Alpukat juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut Anda. Alpukat tidak hanya dimakan saja akan tetapi dapat digunakan sebagai masker rambut sehingga nutrisinya dapat terserap di rambut dan kulit kepala. Masker rambut alpukat ini dapat melembapkan, mendorong pertumbuhan rambut karena mengandung vitamin B dan E, membuat rambut terlihat mengkilap, melindungi dari kerusakan karena kekeringan, dan juga memperbaiki kondisi rambut Anda.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda bisa menghaluskan alpukat dan bisa juga ditambahkan jojoba oil untuk hasil maksimal. Kemudian, oles pada rambut Anda yang sudah bersih dan sudah dicuci dengan keadaan setengah basah. Tutup dengan shower cap sekitar 15 sampai 30 menit dan bilas setelahnya.

Baca Juga: Benarkah Tidur Saat Rambut Basah Menyebabkan Pilek?

4. Mendukung dalam Penurunan Berat Badan

Bagi Anda yang saat ini sedang melakukan program penurunan berat badan, maka alpukat bisa jadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Alpukat memiliki kandungan serat yang cukup banyak sehingga membuat Anda menjadi kenyang lebih lama. Dengan begitu, rasa lapar akan lebih terkontrol dan makan pun dapat dikurangi.

Selain mengurangi makan, alpukat juga dapat menurunkan kadar kalori secara alami dan memudahkan Anda untuk tetap sehat walaupun sedang menurunkan berat badan. Kandungan lemaknya pun juga bukan lemak berbahaya yang dapat membuat berat badan Anda naik secara drastis. Anda bisa makan secara langsung atau mengombinasikan dengan buah atau sayur lainnya.

5. Menjaga Jantung dan Mencegah Penyakit Jantung

Dengan kandungan lemak baiknya, membuat konsumsi lemak pada alpukat ini sangat aman, bahkan dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga kolesterol Anda akan lebih terkontrol. Hal ini dapat menjaga jantung tetap sehat serta mengurangi risiko penyakit jantung, khususnya jantung koroner yang paling banyak disebabkan oleh penumpukan lemak di dalam arteri koroner.

Jantung Anda akan tetap sehat apalagi jika dibarengi dengan pola hidup sehat pula, diimbangi dengan olah raga, makan teratur, perbanyak makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak minum minuman keras, tidur teratur, dan lain sebagainya.  Dengan rutin mengonsumsi alpukat dan melakukan pola hidup sehat maka jantung Anda akan terasa lebih sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel