Capai Kesuksesan Karier dengan Meningkatkan Transferable Skills

Capai Kesuksesan Karier dengan Meningkatkan Transferable Skills

Situsekonomi.com - Bagi suatu perusahaan yang sedang mencari karyawan tentunya akan melakukan penyeleksian dari setiap pelamar. Dari sebuah lowongan pekerjaan biasanya ada beberapa kriteria atau persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelamar pekerjaan. Hal tersebut berupa transferable skills, yang mana meliputi keahlian-keahlian tertentu, seperti komunikasi, kreatif, berpikir kritis, bisa bekerja secara teamwork, dan sebagainya.

Pentingnya Transferable Skills untuk Keberhasilan Karir

Transferable skills ini sangatlah penting untuk diperhatikan ketika Anda hendak melamar pekerjaan, di mana hal ini berguna untuk memosisikan pengalaman yang sudah lalu saat melamar pekerjaan baru ketika industrinya berbeda. Dengan adanya transferable skills ini akan membuat Anda menjadi orang yang dihargai di dalam dunia pekerjaan.

Karena hal ini bisa menunjukkan bahwa Anda nantinya akan bisa memberikan kontribusi pada perusahaan dengan beragam cara. Walaupun saat perusahaan sedang terjadi perubahan sekalipun. Bahkan, kemampuan ini akan membuat daya jual Anda semakin tinggi dan akan selalu dipertimbangkan dengan baik.

Hal ini juga akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Dan tentu saja dengan semakin mengasah transferable skills Anda, hal ini akan memberikan pengaruh yang baik untuk karir Anda di masa depan.

Transferable Skills dan Penjelasannya

Berikut adalah beberapa transferable skills beserta dengan penjelasannya:

1. Technical Skills

Hal ini berkaitan dengan pemahaman teknologi atau melek teknologi. Bisa dibuktikan dengan adanya sertifikat resmi yang berhubungan dengan IT. Biasanya, Anda perlu untuk menguasai beberapa software yang sering digunakan atau penggunaan aplikasi yang populer.

2. Communication Skills

Keahlian dalam komunikasi ketika Anda sudah terjun di lapangan pekerjaan sangatlah beragam. Tidak sekedar berbicara atau mendengarkan saja. Tetapi mencakup listening skills, verbal skills, writing skills, dan technological communication skill.

3. Critical Thinking Skills

Skill ini adalah keahlian akan berpikir kritis, di mana Anda mampu untuk mendefinisikan masalah, menemukan solusinya, menerapkan solusi tersebut, dan melakukan pengujian apakah bisa memberi hasil atau tidak. Mengenai hal ini, Anda harus melewati beberapa tahapan, yakni berupa perencanaan, penentuan waktu dan memanfaatkan sumber daya yang ada.

4. Multitasking Skills

Multitasking adalah seseorang yang bisa melakukan banyak hal. Dan skill inilah yang saat ini sangat dibutuhkan di hampir semua lapangan pekerjaan. Skill ini berupa kemampuan Anda untuk bisa mengelola waktu dengan baik serta hidup berorganisasi.

5. Teamwork Skills

Dalam menghadapi suatu masalah, maka akan lebih baik jika dilakukan secara bersama-sama. Oleh karena itu, teamwork skills sangatlah penting untuk bisa saling bersinergi di dalam menyelesaikan suatu masalah tanpa mempermasalahkan adanya perbedaan di dalam teamwork tersebut.

6. Creativity Skills

Kreatif di dalam pekerjaan Anda bukan hanya bisa memberikan dalam bentuk ide saja, tetapi juga bisa mengaplikasikannya. Untuk bisa merealisasikan ide tersebut, Anda perlu untuk mengombinasikan antara beberapa skill di dalam transferable skills.

7. Leadership Skills

Berjiwa leadership saat ini banyak dijadikan sebagai kriteria di dalam menyeleksi karyawan. Karena jika Anda mampu memberikan inspirasi pada orang lain agar bisa melakukan yang lebih, mengerjakan banyak hal dengan baik, maka jiwa pemimpin tersebut sudah Anda miliki.

Menjelaskan Secara Detail Transferable Skills Anda dalam Sebuah CV

Dalam melamar pekerjaan di masa sekarang ini akan lebih baik jika Anda menunjukkan bukti nyata dari kemampuan yang Anda miliki tersebut. Dengan demikian, Anda tidak hanya sekedar menyebutkan apa saja keterampilan yang terkandung dalam CV yang Anda buat tersebut, tetapi juga mendeskripsikannya dari apa yang pernah Anda alami atau Anda kerjakan sebelumnya.

Hal ini akan memberikan bukti konkret akan performa yang melibatkan transferable skills Anda. Bahkan, jika Anda harus menjelaskannya secara singkat saja, maka sudah cukup mengilustrasikan bahwa kemampuan Anda patut untuk dipertimbangkan menjadi kandidat terpilih. Oleh karena itu, yang perlu digarisbawahi di sini adalah memahami dengan baik dan mengembangkan transferable skills merupakan aspek terpenting di saat Anda mencari pekerjaan yang akan membuat karier Anda semakin cerah di masa depan.

Dengan begitu, meningkatkan transferable skills perlu untuk dilakukan. Sebab, hal ini akan sangat membantu Anda untuk bisa menjadi salah satu orang yang diperhitungkan dan menjadi langkah Anda untuk menapaki karier yang lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "Capai Kesuksesan Karier dengan Meningkatkan Transferable Skills"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel