Cara Mendapatkan Uang Melalui Blog

Cara Mendapatkan Uang Melalui Blog

Keberadaan teknologi semakin mempermudah siapa pun untuk bisa mendapatkan uang secara praktis. Umumnya, blog ini digunakan untuk menyalurkan hobi ataupun karya tulis. Namun, semakin kemari orang-orang menjadikannya sebagai ladang rezeki. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa mengeksplor hobi, tetapi juga mampu menjadi sebuah pekerjaan yang cukup menjanjikan.

Apalagi saat ini hampir setiap orang telah memiliki android maupun PC yang bisa dijadikan sebagai media untuk mengelola blog tersebut. Selain itu, jaringan internet pun juga semakin mudah untuk didapatkan. Dengan begitu, untuk menjalankan aktivitas online di masa sekarang ini bukanlah hal yang sulit untuk bisa Anda lakukan kapan saja.

Banyak Blogger yang Berhasil

Blog merupakan salah satu alternatif untuk menyalurkan setiap ide yang dimiliki. Bagi Anda yang senang menulis, baik fiksi maupun nonfiksi, maka tuangkanlah tulisan-tulisan tersebut ke dalam blog yang telah Anda ciptakan.

Lalu, bagi Anda yang senang memasak, maka tulislah tentang resep masakan tersebut ke dalam blog. Selain resep masakan, bagi Anda yang suka menggambar juga bisa lho mem-posting hasil karya tersebut di blog dengan penjelasan yang jelas dan menarik.


Anda tidak perlu ragu untuk memulainya karena saat ini sudah banyak blogger yang mampu meraup keuntungan hingga puluhan juta, bahkan ratusan juta hanya dengan menjadi seorang blogger. Apalagi Anda hanya perlu komputer atau PC dan jaringan internet, lalu bisa mengerjakannya di mana saja yang menurut Anda nyaman. Setelah itu, Anda tinggal menunggu hasil karya Anda dinikmati oleh banyak orang dan bersiaplah untuk mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut.

Membuat Konten Blog Sesuai Kesukaan Anda

Ketika hendak membuat blog, lebih baik pertimbangkan terlebih dahulu konten-konten seperti apa yang nantinya akan dibuat. Hal tersebut dinamakan dengan niche, apakah niche-nya bisnis, pariwisata, teknologi, atau sebagainya. Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk membuat konten-konten yang Anda sukai. Jika Anda menyukainya, maka proses untuk mencari ide dan mengerjakannya pun akan lebih mudah dilakukan.

Setelah itu, Anda bisa mem-branding diri dengan keunikan dari blog tersebut. Sebab, konten yang baik saja tidak cukup. Oleh sebab itu, Anda perlu mengimbanginya dengan kekhasan yang membuat orang lain selalu tertarik dan penasaran dengan karya-karya berikutnya.


Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Untuk memperoleh uang dari blog, terlebih dahulu perhatikan beberapa hal yang perlu Anda lakukan terhadap blog yang Anda miliki tersebut. Berikut ini penjelasannya:

1. Memilih Platform

Anda perlu untuk memilih platform yang tepat untuk mengunggah konten blog. Anda bisa menggunakan Blogspot, Wordpress, dan sebagainya. Dari sekian banyak platform yang ada, alangkah baiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurang dari masing-masing platform tersebut agar Anda tidak menyesal nantinya.

2. Membuat Nama Domain

Selanjutnya, Anda juga harus menentukan nama domain. Pastikan domain blog disesuaikan dengan niche blog. Dalam pemilihan nama domain ini, Anda dianjurkan untuk menggunakan nama domain yang kreatif dan brandable. Tujuannya adalah supaya blog Anda mudah diingat oleh pengunjung.

3. Membuat Blog agar Menarik

Setelah dikonfigurasi, Anda bisa mengkreasikan desain blog agar terlihat lebih menarik. Pastikan jika desain yang Anda pilih sesuai dengan konten blog. Lalu, Anda juga bisa memilih tema dari beragam tema yang disediakan, baik yang gratis maupun berbayar.

4. Konten yang Bermanfaat dan Menarik

Selain itu, Anda perlu menciptakan konten-konten yang bisa memberi manfaat dan juga menarik. Dengan begitu, konten Anda bisa menginspirasi, menghibur, dan menjadi solusi dari masalah banyak orang.

Untuk menciptakan konten seperti itu, Anda tentu memerlukan sumber inspirasi, bukan? Oleh karenanya, Anda dapat menggunakan Quora dan Yahoo! Answers, yang mana kedua situs tersebut memuat banyak pertanyaan dari berbagai bidang, sehingga bisa membantu Anda untuk mencari ide konten.

5. Menargetkan Pembaca

Selain memberikan desain yang menarik dan urusan teknis lainnya, Anda juga perlu untuk menargetkan pembaca. Dalam hal ini, Anda jangan pelit untuk mengeluarkan budget iklan. Sebab, target audiens Anda tidak akan tahu mengenai keberadaan blog tersebut, mengingat persaingan di search engine sangatlah ketat akhir-akhir ini. Dengan cara seperti ini, maka diyakini bahwa blog Anda akan kedatangan banyak traffic.

6. Menciptakan Kedekatan dengan Pembaca

Berinteraksi dengan pembaca blog sangatlah penting. Anda bisa memberikan respons pada komentar-komentar yang diberikan oleh pembaca di postingan. Hal ini akan menciptakan sebuah kedekatan yang baik antara pembaca dan blogger. Bahkan, pembaca juga akan merasa dihargai.

Penutup

Jadi, untuk bisa mendatangkan keuntungan dari blog, pastikan tidak hanya mengurusi teknisnya saja tetapi juga menargetkan pembaca. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk monetisasi blog, di antaranya melalui program Google Adsense, Affiliate Marketing, dan lain-lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel